Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

HKBP Distrik XXV Jambi Adakan Doa Bersama Dampak Pandemi Covid- 19


Poto Bersama di Gereja HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa Distrik XXV Jambi, 5 April 2020. (Poto MH - Fendi Sinabutar).
Jambi, MH – Setelah terbentuknya Posko Peduli Kemanusiaan Dampak Pandemi Covid- 19 HKBP Distrik XXV Jambi dan telah disalurkan tahap pertama sebanyak 20 paket kepada jemaat (20 KK) yang membutuhkan  di HKBP yang tersebar di Kota Jambi pada tanggal 31 Maret 2020.

Dan Minggu 5 Mei 2020 HKBP Distrik XXV Jambi mengadakan “Doa Bersama” Dampak Pandemi Covid- 19 di Gereja HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa pada pukul 14.00 WiB, yang dipimpin langsung oleh Praeses HKBP Distrik XXV  Jambi Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM. Hal ini dilakukan setelah Ibadah Keluarga di rumah masing-masing jemaat.

Hadir dalam Doa Bersama ini adalah Koordinator Tim Posko Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min HKBP Jambi Resort Jambi, Pdt Renti Naibaho, S.Th Bendahara Tim Posko HKBP Jambi Resort Jambi, Guru Ramses Manurung Distributor Tim Posko HKBP Jambi Resort Jambi, Bvr AM br Sitorus HKBP Jambi Resort Jambi, Diak D br Sibarani HKBP Jambi Resort Jambi dan Pdt Pesta br Silaen, S.Th HKBP Jambi Resort Jambi.

Pdt Maju RE Manik, S.Th Distributor Tim Posko Pimpinan Jemaat HKBP Agave Mendalo Darat Resort Kebun Kelapa, Pdt Daniel Budiman Aritonang, S.Th HKBP Anugerah Resort Terpadu sebagai Pendeta Resort, CPdt Hendrik Silitonga, S.Th HKBP Anugerah Resort Terpadu, Diak Y br Harahap HKBP Syalom Resort Alam Barajo.

Pdt Marudut Nababan, S.Th HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa sebagai Pendeta Resort, Pdt Donal L Situmorang, S.Th HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa, Pdt Jaya Frans Siahaan, S.Th HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa, CPdt Jimmy Simanjuntak, S.Th HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa.

Adapun tujuan Doa Bersama ini adalah untuk mendoakan Pemerintah, Para Medis (Dokter dan Perawat), Gereja (Pelayan dan Jemaat), Warga Masyarakat, Keluarga Korban Covid- 19 dan bagi masyarakat yang sedang dalam perawatan maupun dalam pengawasan penyebaran penularan Covid- 19, agar mereka diberikan kekuatan dan kesehatan.

Selanjutnya diadakan seremoni ibadah singkat yang dipimpin Pdt Renti Naibaho, S.Th liturgis  oleh Pdt Donal  L Situmorang, S.Th dan Doa Syafaat disampaikan oleh Pdt Marudut Nababan, S.Th. Pdt Renti Naibaho, S.Th mengambil Naats dari Alkitab Job 5, 8 “Alai tung sura ahu ho, tu Debata do ahu mengalualu, tu Debata do pasahatonku tangiangki”.

Dalam Kotbahnya Pdt Renti Naibaho, S.Th menyatakan mari kita sama-sama melawan pandemi Covid- 19 ini dengan mengandalkan kekuasaan Tuhan melalui doa. Kita serahkan semuanya penyebaran penularan Pandemi Covid- 19 ini kepada Tuhan agar cepat berlalu, ungkapnya dengan penuh harap.

Dikatakan agar kita tetap melaksanakan anjuran ataupun himbauan Pemerintah dengan menjaga jarak antar sesama, menjaga kesehatan, menghindari kerumunan, selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Dan kita apresiasi Praeses HKBP Distrik XXV Jambi Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM yang begitu tanggap dan perhatian penuh terhadap jemaat HKBP Distrik XXV Jambi maupun kepada Pemerintah Kota, Kabupaten, masyarakat Provinsi Jambi terlebih kepada tim dokter dan perawat maupun terhadap masyarakat yang dalam pengawasan dan perawatan akibat penyebaran penularan pandemi Covid- 19 ini  untuk mengajak kita para pelayan gereja (Full Timer) berdoa bersama di dalam gereja ini, ujarnya.

Di akhir kotbahnya Pdt Renti Naibaho, S.Th ini memimpin doa dengan penuh khusuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Pandemi Covid- 19 ini cepat berlalu sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktifitas – aktifitasnya sehari-hari sebagaimana mestinya.

Hal senada juga di mohon di dalam doa syafaat yang dipanjatkan Pdt Marudut Nababan, S.Th yang juga sebagai Pimpinan Jemaat HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa, kiranya Tuhan mengabulkan segala permohonan yang kami sampaikan.

Terlebih kepada para tim medis kesehatan (dokter dan perawat), aparat keamanan maupun pemerintah yang tidak mengenal lelah, agar Tuhan memberikan kekuatan dan kesehatan kepada mereka supaya dapat berbuat dan melakukan yang terbaik bagi masyarakat.

Sementara arahan dari Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM menyampaikan agar para pelayan gereja hendaknya tetap tegar dan semangat, mari kita sama-sama menguatkan para jemaat kita agar mereka tidak diselimuti ketakutan akan tetapi tetap waspada menghadapi penyebaran penularan virus Covid- 19 ini.

Lebih lanjut dikatakan sebagai pelayan gereja agar kita tetap siaga di tempat pelayanan masing-masing serta selalu memberikan pelayanan dan mengajak umat tetap tenang dan tidak panik disamping selalu menjaga kebersihan, hal inipun disampaikan Praeses  sesuai dengan Surat Edaran 334/L 18/ III/2020 Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt Dr Darwin Lumbantobing.

Praeses juga menyampaikan kepada pelayan gereja apabila ada jemaat yang ingin berdoa di gereja tetap dilayani setelah melalui prosedur kesehatan seperti yang ditetapkan oleh Pemerintah, antara lain membersihkan tangan, menjaga jarak, pemeriksaan suhu tubuh, mengenakan masker dan sebagainya, ungkapnya.

Diharapkannya agar hamba Tuhan tenang dan jangan galau agar warga jemaat juga dapat tenang dan kiranya para pelayan gereja bisa semakin dimampukan untuk memberikan keteguhan kepada jemaat. Atas Doa Bersama yang kita laksanakan hari ini (5/4/2020) adalah sebagai peran serta pelayan gereja di dalam menguatkan masyarakat baik Pemerintah maupun para dokter dan perawat, ujarnya.

Suasana Doa Bersama di gereja HKBP Jambi 1 Resort Kebun Kelapa yang dipimpin langsung Praeses HKBP Distrik XXV Jambi Pdt Hantus Hutapea, S.Th, MM tenang dan khusuk yang walapun Kota Jambi dihiasi cuaca mendung dan hujan turun dengan derasnya membasahi Kota Jambi. 

Semoga dengan turunnya hujan tersebut membawa berkat terhadap masyarakat  Jambi dan dapat memutus mata rantai penyebaran penularan Covid- 19. (MH – Fendi Sinabutar).

























Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar