Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Hari Kebangkitan Nasional, Presiden RI H Ir Joko Widodo Luncurkan Rapid Test Buatan Dalam Negeri

Illustrasi Rapid Test.
Jakarta, MH - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Rabu, 20 Mei 2020. 
Sebanyak 55 produk yang diluncurkan ini merupakan hasil riset dan pengembangan anak-anak bangsa dari berbagai lembaga penelitian dan perguruan tinggi. Di antaranya Rapid Test Covid-19.
Jokowi mengatakan produk-produk itu sudah siap diproduksi secara massal. “Ada Rapid Test yang waktu saya tanya bisa diproduksi berapa, sudah kira-kira seratus ribu unit [diproduksi]. 
PCR Test Kit juga sudah dapat diproduksi di atas seratus ribu,” ujar Jokowi saat membuka acara peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan, Penanganan Covid-19 yang disiarkan melalaui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 20 Mei 2020.
Selain PCR Test Kit dan Rapid Test IgG/IgM, produk-produk inovasi lainnya yang diluncurkan yakni; Emergency Ventilator, Imunomodulator Herbal Asli Indonesia, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2, Sistem AI untuk deteksi Covid-19, Medical Assistant Robot Raisa, dan Powered Air Purifying Respirator.
Jokowi mengaku bangga dengan karya tangan-tangan anak bangsa ini. “Kalau dulu kita hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri produksi sendiri.” (TEMPO.CO).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar