Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Lion Air Kembali Buka Penerbangan Domestik Mulai Rabu 10 Juni 2020

Lion Air Group siap mengudara Rabu, 10/6/2020.
Jambi, MH - Setelah sempat dihentikan sementara, kini operasional penerbangan Lion Air Group akan kembali dibuka untuk jadwal domestik.

Pembukaan layanan penumpang berjadwal domestik akan dibuka untuk maskapai Lion Air, Wings Air, dan Batik Air pada Rabu besok (10/6) dengan berbagai pertimbangan. 

"Sesuai perkembangan, calon penumpang pesawat udara sudah semakin memahami serta akan dapat memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan pesawat udara yang ditetapkan selama masa waspada pandemi Covid-19," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (8/6).

Saat ini, telah diterbitkan Surat Edaran 7/2020 tentang Kriteria Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. 

Di dalamnya mengatur kembali penyederhanaan syarat yang harus dipenuhi setiap calon penumpang bila akan bepergian dengan menggunakan pesawat udara. Menurut surat edaran tersebut, calon penumpang hanya membutuhkan bukti tes kesehatan seperti PCR atau rapid test dan atau surat keterangan kesehatan. 

Ada beberapa hal yang perlu dicermati calon penumpang yang akan bepergian mulai 10 Juni 2020. Pertama, bila tes kesehatan yang digunakan rapid test, maka masa berlaku adalah 3 hari, atau jika tes kesehatan yang digunakan Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), maka masa berlaku ialah 7 hari. 

Apabila kedua metode tes tersebut tidak tersedia di daerah asal, maka calon penumpang harus mendapatkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa dari dokter rumah sakit atau Puskesmas. 

"Untuk itu calon penumpang Lion Air Group harus mencermati masa berlaku dari dokumen kesehatan yang digunakan," sambung Danang. Lion Air Group sendiri mewajibkan dan meminta calon penumpang mematuhi ketentuan penerbangan Lion Air Group, yakni tiba lebih awal di terminal keberangkatan, yakni empat jam sebelum keberangkatan. 

Penerbangan Lion Air Group domestik tetap di Terminal 2E dan internasional di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Untuk bandar udara lainnya yang beroperasi tetap di terminal yang sama. 

Calon penumpang wajib menunjukkan kartu identitas diri yang sah (KTP atau tanda pengenal lainnya). Mengenakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer).

Kemudian, mengikuti aturan jarak aman selama di terminal bandar udara. Menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat, serta mengikuti petunjuk awak pesawat. 

"Pelaksanaan penerbangan Lion Air Group tetap menjalankan protokol kesehatan, dengan harapan agar setiap operasional memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan dan dalam upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19," tutupnya. (Berbagai Sumber MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar