Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kementerian PUPR Tender Water Front City Pangururan Rp 105 M, Menara Pandang Tele Rp 28 M

Gambar rencana pembangunan Water Front City Pangururan senilai Rp 105 miliar. (istimewa).
Jambi, MH Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bulan ini melelang pekerjaam pembangunan Water Front City (daerah objek wisata tepi pantai) Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara senilai Rp105 miliar dan penataan objek wisata Menara Pandang Tele Rp 28 miliar. 

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samosir, Rudi AP Siahaan, kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/7/2020).

"Pembangunan Water Front City Pangururan, sebagai bagian dari Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, akan dimulai September 2020 ini. Saat ini PUPR mempersiapkan lelang, dimana objek ini dibangun dengan arsitektur Batak dengan tema "Aek Natio" (air dan kehidupan). 

Ada beberapa lokus yang menjadi pengembangan destinasi wisata Water Front City serta Kawasan Wisata Panorama Tele, penataan kawasan permukiman, penataan Pantai Indah Situngkir sampai ke Kampung Ulos," ujar Rudi.

Kata Rudi lagi, terkait Pengembangan Kawasan Wisata Panorama Tele senilai Rp 28 miliar, konsepnya dijadikan sebagai titik awal peziarahan “Tu Bona ni Pinasa” (asal muasal Batak). Di lokasi itu pengunjung melihat langsung pemandangan Gunung Pusuk Buhit, Danau Toba serta vegetasi hutan sebagai awal dari sejarah Batak.

"Adapun beberapa revitalisasi dan pembangunan yang dilakukan untuk mendukung konsep pengembangan ini adalah taman parkir, jembatan pedestrian dan jaringan pedestrian skybridge, membangun panorama kuliner baru serta rerivitalisasi Menara Pandang Tele sebagai Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba dan membangun Plaza Tarombo Batak sebagai asal usul suku Batak," katanya. (Medanbisnisdaily.com).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar