Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

KMP Porapora Rute Balige Kabupaten Toba - Onan Runggu Kabupaten Samosir Diluncurkan

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat meluncurkan KMP Porapora di Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. (tumbur tumanggor).
Jambi, MH - Kapal Motor Penumpang (KMP) Porapora yang dibangun di Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Sumatra Utara kini siap beroperasi melayani penumpang dari Pelabuhan Balige (Kabupaten Toba) - Onan Runggu (Kabupaten Samosir).
"KMP Porapora saat ini sudah siap beroperasi, hari ini akan dilakukan uji coba menyeberangi Danau Toba dari Pelabuhan Balige - Onan Runggu," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto, Kamis (16/7/2020) di Pelabuhan Balige.

Pandu Yunianto mengatakan bahwa berbagai fasilitas menghubungkan wilayah - wilayah di Kawasan Danau Toba melalui pengadaan kapal motor adalah atas instruksi Presiden Jokowi untuk dunia.

"Di sinilah perlu kita pahami di mana janji Presiden kepada masyarakat di kawasan Danau Toba seluruhnya digenapi demi kemajuan perekonomian masyarakat sekitar," sebutnya.


Kata Pandu Yunianto, perhatian Presiden Jokowi tidak sampai KMP Porapora, namun juga diperhatikan fasilitas pendukung, termasuk 4 pelabuhan kini sedang diperbaiki dengan besaran anggaran tidak sedikit.

"Pelabuhan Ajibata, Onan Runggu, Muara dan Pelabuhan Balige kini sedang dibangun, tujuannya juga bagaimana sarana kapal motor yang dibangun tidak terkendala melayani masyarakat maupun wisatawan," terangnya.

Ditambahkannya, ke depan lintasan kapal di Danau Toba akan semakin nyaman karena berbagai fasilitas akan diupayakan, seperti pengadaan mercu suar dan kapal bus air.

"Tidak ada tujuan yang lain selain dari pemerintah berusaha menghidupkan suasana ekonomi masyarakat supaya lebih meningkat atas keberadaan Danau Toba," jelasnya berharap nanti KMP Porapora sesudah beroperasi hendaknya dijaga dan dipelihara.

Ketua DPRD Kabupaten Toba Effendy P Napitupulu mengakui dalam benaknya tidak pernah membayangkan atas berbagai kemajuan yang sudah dibuat oleh pemerintah dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo untuk masyarakat di kawasan Danau Toba.

"Bersyukurlah kita masyarakat di mana kemajuan itu sudah di hadapan kita dan marilah kita jaga bersama - sama dan kita pergunakan untuk kemakmuran kita," katanya.

Kepada Pemerintah Kabupaten Toba Effendy P Napitupulu siap untuk mendukung apabila ada penganggaran dari APBD untuk kebutuhan fasilitas maupun untuk Danau Toba. "Kami dari Forkopimda akan buka diri mari kita bahas dan kita dukung supaya kelangsungan seluruh pariwisata bisa berlanjut," ucapnya.

Bupati Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara Darwin Siagian dalam arahannya tetap bangga atas kepedulian APBN mendukung kemajuan Danau Toba, termasuk pengadaan berbagai kapal motor dan pelabuhan di Kawasan Danau Toba yang wujudnya memajukan masyarakat. "Mari kita ikuti dan jalankan apa yang sudah disampaikan Dirjen supaya wisata di Danau Toba bisa sukses dan nyaman," ucapnya. (Medanbisnisdaily.com).

Posting Komentar

0 Komentar