Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

New Normal HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi Adakan Peneguhan Sidi

Poto Bersama Kiri - Kenan : Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min, Pdt Tampak Hutagaol, M.Th, Pdt Renti br Naibaho dan  Diak D br Siburian, Gereja HKBP Jambi, Resort Jambi Distrik XXV Jambi Minggu 12 Juli 2020. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).
JAMBI, MH -  Ya Tuhan, Bapa kami yang Maha Pengasih kami ucapkan terima  kasih kehadiratMu karena Tuhan  telah memanggil anak-anakMu ke dalam pengharapan yang kekal. Di hadapanMu dan dihadapan jemaat, anak-anakMu ini akan mengaku iman percaya mereka. Tuhan,,,,,,,,,jagailah   anak-anakMu ini, agar mereka mampu menghadapi segala tantangan zaman dan tidak menyimpang dari iman mereka.

Dan kuatkanlah iman mereka agar menjadi anak-anak yang terang dan dapat membedakan perbuatan yang baik dan yang  jahat dalam setiap langkah hidup mereka. Kami percayakan seluruh kehidupan mereka dalam tuntunan kasihMu, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus,,, Amin!!!. Untaian doa yang dipanjatkan ini, agar mereka yang menerima “Peneguhan Sidi” dapat dikuatkan dan mereka laksanakan sebagai pedoman di dalam menjalani  hidup dan kehidupan mereka. 

Peneguhan sidi di New Normal ibadah kebaktian Minggu, 12 Juli 2020, pukul 11.00 Wib HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi berjalan dengan suasana hikmat. Peneguhan Sidi angkatan Juni 2019 ini diikuti sebanyak 66 orang.

Pelaksanaan Peneguhan Sidi ini sesuai dengan Protokol Kesehatan semua jemaat diwajibkan memakai masker, sebelum masuk ke dalam gereja terlebih dahulu mereka mencuci tangan dengan air yang mengalir yang disediakan di gereja, disemprot  dengan disinfektan, mengukur suhu dengan Thormogun oleh petugas tim Gugus Tugas HKBP Jambi.

Pantauan Majalah Holong Online di dalam ruangan gereja jemaat duduk dengan menjaga jarak dan duduk sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan oleh Tim Gugus Tugas HKBP Jambi. Peneguhan Sidi di masa Pandemi Covid- 19 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan prosesi ditiadakan.

Sebelum acara Peneguhan Sidi terlebih dahulu diadakan Ibadah Kebaktian yang dipimpin langsung oleh Pdt Tampak Hutagaol, M.Th selaku Pimpinan Jemaat HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi mengambil Naats dari Lukas 6: 39 - 42. Liturgis disampaikan St R br Simarmata, S.Pd. Selama Ibadah Kebaktian berlangsung lagu-lagu pujian mereka nyanyikan bersama.

Setelah selesai acara seremoni kebaktian  dilanjutkan dengan acara Peneguhan Sidi (Malua sian Pangkhukungan) yang diikuti sebanyak 66 orang pelajar sidi. Mereka mengikuti pengajaran selama hampir 7 bulan  terhitung mulai awal bulan Juni 2019 sampai  akhir bulan Maret 2020, karena pada bulan Maret 2020 terjadi wabah Covid- 19 melanda dunia segala aktivitas di Gereja ditiadakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid- 19, namum pelajar sidi tetap belajar dari rumah dengan diberikan tugas-tugas.

Pelajar Sidi tersebut diajar dan dibimbing oleh Pdt. Tampak Hutagaol, M.Th, Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min, Pdt. Renti br Naibaho, S.Th, Guru Huria R. Manurung, Bvr AM br Sitorus dan Diak D br Sianturi. 

Selama pengajaran sidi atau yang dikenal dengan Marguru Malua di gereja HKBP, mereka diajarkan  tentang apa makna Sidi yang akan diterima, mempelajari apa arti dan makna dari sakramen-sakramen yang ada di agama Kristen Protestan, sekaligus mereka  didik dan dibimbing untuk lebih dewasa dan diubah pola pikir mereka menjadi lebih dewasa untuk menjalani kehidupan setelah naik sidi agar tidak salah dalam menetukan segala sesuatu.

Mereka juga diberikan untuk memahami akan arti kematian Yesus Kristus di kayu salib dan juga memahami akan kehidupan yang diberikan Allah.

Selanjutnya pembacaan peneguhan sidi disampaikan Pdt Renti br Naibaho, S.Th, secara berturut- berturut mereka menerima Peneguhan Sidi dari para Pendeta, terlebih dahulu Pendeta membacakan ayat Firman Tuhan lepas sidinya, lalu mereka didoakan Pendeta. Setelah acara ini pembacaan pelajar sidi yang terbaik I, II, III dan yang baik I dan II oleh Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min, dan mereka mendapat hadiah yang langsung diberikan oleh Pdt Tampak Hutagaol, M.Th.

Seketika itu kepada pelajar sidi terbaik I Christin O br Harianja oleh Pdt Samsir Deli Sinaga, D.Min didaulat untuk mengucapkan sepata kata. Christin O br Harianja menyatakan terima kasih kami ucapkan kepada Amang  dan Inang Pendeta maupun Amang Guru Huria, Inang Bibelvro  dan Inang  Diakonis atas bimbingannya selama ini, kiranya semua yang kami pelajari menjadi bekal di dalam hidup kami dan akan semakin dapat kami mendewasakan diri di dalam iman. 

Lebih lanjut dikatakan untuk orangtua dan keluarga yang kami kasihi, terima kasih banyak kami ucapkan kiranya Tuhan memberikan kesehatan, umur panjang dan Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat yang berkelimpahan kepada kita semua,,,, Amin!!!.

Karena suasana Pandemi Covid- 19 ini mereka bersama orangtua dan keluarga mengadakan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sesederhana mungkin, namun tetap dibalut dengan adat istiadat Batak.

Tapi semuanya acara syukuran yang dilakukan membawa makna tersendiri bagi keluarga tersebut. Akhirnya orangtua, kerabat dan keluarga mengucapkan selamat atas peneguhan sidi, kiranya anak-anak kita yang menerima Peneguhan Sidi semakin  mandiri di dalam iman. (MH- Fendi Sinabutar).


Gereja HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi Jl Kapten Sujono No : 31 Kecamatan Kotabaru - Kota Jambi Provinsi Jambi, gereja terbesar di Asia Tenggara, Minggu 12 Juli 2020. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

















































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar