Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Pulihkan Ekonomi, Luhut Ingatkan Pentingnya Kolaborasi

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) bersama Menko Bidang Polhukam Mahfud MD (tengah) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hadir pada rapat bersama Badan Anggaran DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 22 Juni 2020. (Foto: Beritasatu Photo / Ruht Semiono).
Jambi, MH - Untuk mendorong perekonomian Indonesia agar cepat pulih setelah dihantam pandemi Covid-19, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menekankan pentingnya kolaborasi yang padu antara pemerintah dan masyarakat.

Hal tersebut, kata Luhut telah dicontohkan oleh beberapa Negara seperti Jerman, Rusia, dan Taiwan yang mampu memulihkan perekonomiannya di tengah pandemi Covid- 19.

"Saya membaca sedikit ada analisa bahwa Negara Jerman yang paling cepat menangani Covid- 19 ini dengan alasan bahwa mereka melakukan sinergisitas yang sangat padu. 
Jadi akibat terpadu demikian, maka kita lihat Jerman, Taiwan, Rusia dikatagorikan sebagai negara yang begitu cepat bisa recovery dari keadaan ini,” kata Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya secara virtual di acara MoU penempatan dana pemerintah di Bank Pembangunan Daerah (BPD), Senin (27/7/2020).
Luhut berharap agar Indonesia juga bisa kompak seperti ke tiga Negara tersebut dalam menangani Covid- 19. Dalam kondisi sekarang ini, ia juga menekankan tidak boleh ada pihak yang saling menyalahkan.
"Saya juga berharap kita semua kompak agar kita padu terintegrasi menyelesaikan masalah ini. Tidak boleh ada salah-menyalahkan. Kalau ada kekurangan dari satu tempat, satu teman, kita saling memperbaiki," tuturnya.
Luhut juga menegaskan dalam situasi menghadapi pandemi Covid- 19, tidak boleh ada pihak yang merasa paling hebat. "Tidak dalam suasana untuk merasa paling baik dalam konteks ini. Oleh karena itu sekali lagi kita tiru Jerman itu. Kita juga melihat Taiwan yang menjadi model menurut hemat saya, bagaimana mereka kompak mengatasi masalah ini," ujar Luhut.
Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Luhut berharap ini dapat membuat Indonesia lebih baik dan bisa keluar dari tekanan ekonomi akibat pandemi Covid- 19. "Dengan program ini harapannya akan bisa membuat Indonesia lebih bagus dan kita tidak terperosok lebih jauh daripada keadaan sekarang ini,” kata Luhut.
Sumber: BeritaSatu.com.

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar