Home » , , » Raja Sitindaon Gelar Acara Partangiangan Bolon Dalam Memberangkatkan Vandiko Gultom

Raja Sitindaon Gelar Acara Partangiangan Bolon Dalam Memberangkatkan Vandiko Gultom

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Senin, 13 Juli 2020 | Juli 13, 2020

Foto bersama Vandiko Gultom, dengan Sekjen DPP PPRN Richard Naibaho, (kedua dari kanan), Sasnaik Naibaho (kanan) Ketua Umum Persada Alboinsah Gultom (kedua dari kiri), Ober Gultom (kiri).
Jambi, MH - Raja Sitindaon bersama bapana (ayah-red) Raja Naibaho, menggelar acara ritual habatahon dan partangiangan bolon dalam memberangkatkan Vandiko Timotius Gultom pada perhelatan pemilihan Bupati yang akan digelar pada Desember mendatang, Minggu (12/07).

Hadir pada acara, balon Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, Ketua umum Persada M. Alboinsah Gultom, Ober Gultom (Ayah dari Vandiko), ketua Umum Raja Sitindaon Charles Sitindaon, Sekjen PPRN Richard Naibaho, Josmar Naibaho, Pemilik Perusahaan Raja Napogos Helderson Sihombing, selaku dongan Samudar dari Raja Naibaho, tokoh adat Naibaho, Sasnaik Naibaho, Binsar Naibaho, serta mencapai ribuan warga.

Adapun sesi acara yang diawali dari situs Namboru Sinaitang, yang kemudian dilanjutkan ke Tugu Raja Naibaho di Tajur, yang dipimpin langsung oleh Sekjen DPP Raja Naibaho, Richard Naibaho, serta menjelaskan Tarombo ataupun silsilah Raja Naibaho.

"Selamat datang bere kami Vandiko Gultom ke Tugu Raja Naibaho, inilah silsilah Raja Naibaho sampai kepada anak kami Raja Sitindaon yang merupakan tulang dari Si Raja Sonang," ujar Richard Naibaho.

Usai dari Tugu Raja Naibaho, sebagaimana adat istiadat masyarakat Batak, Raja Sitindaon memberikan ulos (mangulosi-red) serta memberikan ihan batak dan itak gurgur kepada Vandiko Timotius Gultom sebagai bentuk borhat borhat.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPP Raja Sitindaon, Charles Sitindaon menyampaikan bahwa acara partangiangan bolon atau borhat borhat kepada Vandiko dilakukan, sebagaimana Vandiko merupakan keturunan Siraja Sonang yang merupakan bere/pahoppu dari Raja Sitindaon.

"Ini merupakan acara adat batak (ruhut ni Dalihan Natolu-red). Dimana Marga Raja Sonang merupakan bere dari Sitindaon," ungkapnya.

Dilanjutkannya, Semoga melalui acara ini, kiranya apa yang dicita - citakan bere/pahompu kami, Vandiko Gultom yakni menjadi Parhobas di Samosir, kiranya terkabulkan, harap Charles Sitindaon.

Sementara itu big bos angkutan umum Raja Napogos, Helderson Sihombing dari Dairi selaku dongan samudar Naibaho turut menyampaikan dukungan agar Vandiko berhasil menjadi Bupati di Samosir. “Anak saya sudah menjadi wakil bupati di Dairi, dan kiranya Vandiko juga berhasil pada pilkada Samosir mendatang”, ujar Pemilik Raja Napogos yang membanggakan kaum muda yang maju sebagai pemimpin. (Metrokampung.com).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong