Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Forum Batak Intelektual (FBI) Provinsi Jambi Terbentuk Bertumbuh Berakar Dan Berbuah

Poto Bersama Pengurus Terpilih DPD FBI Provinsi Jambi, DPC Kota Jambi dan Penerima Mandat dari DPP FBI Jakarta di Legenda Park Kebun Handil Sabtu, 3/10/2020. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

Jambi, MHRapat pembentukan pengurus DPD Forum Batak Intelektual (FBI) Provinsi Jambi diadakan di Legenda Park "Setiap Kita Punya Kisah" di daerah Kebun Handil Kota Jambi, Sabtu 3 Oktober 2020, milik pengusaha muda Boy Nababan, SE Pemandu acara adalah Hendra H Ambarita, SH. 

Sebelum acara penetapan Pengurus DPD FBI Provinsi Jambi, terlebih dahulu penerima mandat DPP FBI dari Jakarta P Ritonga menyatakan Puji Tuhan karena rapat pembentukan pengurus DPD FBI Provinsi Jambi dapat terlaksana pada hari ini Sabtu, 3 Oktober 2020.

Selanjutnya P Ritonga menyatakan bahwa tujuan dan maksud Organisasi Kemasyarakatan FBI yang kita bentuk semata-mata hanya untuk kegiatan sosial dan murni tidak ada unsur Politik Pragtis, untuk itu kita usulkan Deklarasi Pelantikan Pengurus DPD FBI Provinsi Jambi ke DPP FBI Jakarta dilaksanakan setelah selesai Pilkada Serentak tahun 2020.

Dikatakan P Ritonga bahwa nanti FBI Provinsi Jambi menjadi wadah ataupun tempat penyaluran hak-hak bagi masyarakat Jambi asal Tano Batak, ketika ada masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Jambi asal Tano Batak Forum Batak Intelektual (FBI) akan hadir untuk mendampingi maupun menyelesaikannya bersama.

Dan kesepakatan kita bersama bahwa terbentuknya Forum Batak Intelektual di Provinsi Jambi ini adalah "Dari kita untuk masyarakat Jambi asal Tano Batak dan bukan sebaliknya dari kita untuk kita", ungkapnya dengan penuh semangat di sambut yang hadir dengan spontan ,,,,,, hidup FBI.

Dikatakan bahwa Visi FBI adalah "Menjadi Kuat, Tegas, Berani dan Batak Bermartabat sebagai bagian dari anak bangsa yang  selalu berkontribusi Demi Terwujudnya Keadilan Hukum dan Sumber Daya Manusiabagi Organisasi Kemasyarakatan Forum Batak Intelektual, Bnagsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Sementara Misi adalah : 1. Menjadikan Kader dan Generasi yang Berbudi luhur, Beragama, Visioner, 2. Menggalang rasa kekeluargaan sesama anak bangsa, 3. Mempersiapkan Kader yang dapat berkontribusi dalam Mewujudkan Kemerataan Keadilan Hukum dan untuk kemajuan Bangsa dan Negara, 4. Memberikan SDM bagi Masyarakat Khususnya Etnis Batak demi Terwujudnya Lapangan Kerja Forum Batak Intelektual, 5. Memberikan Pemahaman Tentang Cinta Tanah Air dan Sesama tanpa Membedakan dan 6. Menjadi Payung Hukum Bagi Forum Batak Intelektual.

Dituturkannya yang paling sangat dibutuhkan FBI Provinsi Jambi saat sekarang adalah tempat Sekretariat dan mobil Ambulance, karena bagaimanapun tanpa ada Sekretariat untuk tempat berkumpul demi membicarakan kegiatan roda organisasi takkan berjalan, sebutnya. 

Untuk itu mari kita mencari tempat yang strategis untuk Kantor Sekretariat Forum Batak Intelektual (FBI) Provinsi Jambi. Diutarakannya sebelum terpilihnya Pengurus DPD FBI Provinsi Jambi mereka telah membuka rekening dan dana operasional sudah terkumpul sebesar Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) dengan cara patungan di antara mereka.

Pantauan Majalah Holong Online dilapangan mereka telah berbuat sosial terhadap masyarakat Jambi asal Tano Batak dengan ucapan papan bunga "Turut Berdukacita" atas meninggalnya GM Aritonang dan memberikan tali kasih dalam bentuk amplop atas nama DPD Forum Batak Intelektual Provinsi Jambi.

Rombongan FBI Provinsi Jambi  ketika melayat dan mengucapkan Turur Berdukacita.

Adapun pengurus terpilih DPD Forum Batak Intelektual (FBI) Provinsi Jambi adalah Ketua Umum Djokas Siburian, SP dan Wakil Ketua dari 5 puak Batak akan menyusul, Sekretaris Umum Hendra H Ambarita, SH dan Bendahara Arjuna Joseph Simalango.

Sementara untuk Bidang Organisasi dan Keanggotaan Ketua Roida Pane, SH, Bidang Seni dan Budaya Ketua Christo Tamba, Lembaga Bantuan Hukum Direktur Vernandus Hamonangan Sitanggang, SH, MH dan struktur organisasi FBI Provinsi Jambi akan menyusul secara lengkap dan akurat.

Untuk DPC Forum Batak Intelektual Kota Jambi terpilih Fran Dolin Sinaga dan struktur organisasi DPC FBI Kota Jambi akan segera menyusul secara lengkap.

Ketua Umum DPD FBI Provinsi Jambi terpilih Djokas Siburian, SP ketika didaulat untuk mengucapkan kata sambutan, menyatakan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Namun sebelum menerima sebagai Ketua DPD FBI Provinsi Jambi Djokas Siburian, SP terlebih dahulu menyatakan apa tujuan dari organisasi ini dibentuk, ungkapnya.

Dikatakan apabila tujuannya semata-mata hanya politik pragtis, saya tidak bersedia jadi Ketua, namun kalau untuk tujuannya sosial saya siap untuk menerima amanah tersebut, ungkapnya. Karena tujuannya untuk sosial Djokas Siburian, SP siap menerima kepercayaan tersebut.

Dikatakan lebih lanjut bahwa FBI Provinsi Jambi akan mempunyai warna tersendiri dari organisasi kemasyarakatan Batak lainnya yang ada di Provinsi Jambi, kita fokus untuk menggalang kebersamaan demi kepentingan warga Batak yang ada di Provinsi Jambi dan yang utama kita bergerak di dalam aksi sosial terhadap masyarakat Batak yang bermukim di Provinsi Jambi.

Djokas Siburian, SP menyatakan bahwa FBI Provinsi Jambi sesungguhnya betul-betul menjadi wadah maupun sarana untuk melakukan tindakan yang bermamfaat bagi masyarakat khusunya warga Batak, ujarnya dengan tegas penuh wibawa. 

Disarankan bahwa di Forum Batak Intelektual ini bukanlah mencari posisi akan tetapi menjadi berfungsi terhadap kepentingan masyarakat Batak yang bermukim di daerah Provinsi Jambi, dan kita harus "Bertumbuh, Berakar dan Berbuah", ungkapnya.

Untuk itu mari kita berbuat dan bergandeng tangan bersama demi kemajuan Forum Batak Intelektual di Provinsi Jambi. Dan diakhir kata sambutannya bahwa FBI ini jangan berbicara dengan Agama ataupun Iman akan tetapi berbicaralah dengan kemajuan masyarakat Batak.

Suasana dalam pemilihan pengurus DPD FBI Provinsi Jambi maupun DPC Kota Jambi penuh dengan kekeluargaan dan persahabatan terkadang diwarnai dengan gelaktawa menandakan kebersama terjalin di antara mereka. Selamat dan sukses terbentuknya Forum Batak Intelektual (FBI) di Provinsi Jambi dan Kota Jambi dengan harapan tetap eksis dan berbuat untuk masyarakat Jambi asal Tano Batak. (Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online Fendi Sinabutar).





















Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar