Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Jembatan Atas Laut Terpanjang Ke Tiga RI Di Kendari

Jembatan Teluk Kendari Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Jambi, MH Presiden RI Ir H Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara, Kamis 22/10/2020. Salah satu agenda kunjungan kerjanya untuk meresmikan Jembatan Teluk Kendari yang berada di Kota Kendari.

Dalam sambutannya, Jokowi sapaan akrabnya memastikan dengan dibangunnya jembatan ini bisa memberikan manfaat di sejumlah sektor. Salah satunya dari sektor infrastruktur yang bisa menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya. Sehingga jarak tempuh masyarakat bisa lebih mudah.

"Bagi masyarakat Kota Lama yang bepergian ke Kecamatan Poasia yang biasanya menyeberangi Teluk Kendari menggunakan Feri dan memutari teluk sejauh 20 km dengan waktu tempuh 30 sampai 40 menit sekarang hanya perlu waktu 5 menit," ujar Presiden RI ke tujuh tersebut.

Di samping itu, pembangunan jembatan ini bisa melancarkan konektivitas dan akses sehingga membuat mobilitas barang, manusia dan jasa menjadi semakin efisien. Pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar pun akan semakin meningkat.

Presiden RI Ir H Joko Widodo.

"Daya saing akan semakin meningkat sehingga Sulawesi Tenggara khususnya Kendari menjadi semakin menarik, pengembangan usaha - usaha baru," jelasnya

Bahkan hadirnya jembatan ini sekaligus menjadi landmark Kota Kendari yang jugamempercantik Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara ini.

Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2015 dan rampung pada tahun 2020 total anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 804 milliard. "Saya yakin lamanya waktu pengerjaan dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan sebanding dengan manfaat yang akan dirasakan masyarakat, ujar Jokowi.

"Menarik dari sisi arsitekturnya, mempercantik landscape Kota Kendari menjadi icon baru dan tentu saja membuat Kota Kendari lebih dikenal karena memliki landmark yang baru," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

"Saya mendapatkan laporan bahwa di kawasan ini juga akan ditata, dilengkapi dengan ruang terbuka publik seperti lapangan olahraga, area parkir dan street cinema sebagai bagian pengembangan kawasan Kota Lama," tambahnya.

Perlu diketahui, jembatan ini merupakan yang ke tiga terpanjang di Indonesia setelah Suramadu dan Pulau Balang. Total panjangnya mencapai sekitar 1,35 km dengan lebar 20 meter, ungkap Jokowi. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar