Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Menanti Sentuhan Tangan Dingin Drs Martua Sitanggang MM Membangun Infrastruktur Kabupaten Samosir

Pengalaman Sebagai Birokrasi, Mumpuni Membangun Infrastruktur
Menanti Sentuhan Tangan Dingin Drs Martua Sitanggang MM Membangun Infrastruktur Kabupaten Samosir. (Dok Rosenman Manihuruk)

Samosir, MH-Pembangunan infrastruktur dalam memajukan suatu daerah merupakan keharusan. Dukungan sarana infrastruktur kini menjadi dambaan masyarakat guna meretas akses perekonomian yang selama ini masih jadi kendala. Prioritas pembangunan infrastruktur inilah yang akan diwujudkan di Kabupaten Samosir oleh Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Samosir Nomor Urut 2  Vandiko Timoteus Gultom - Martua Sitanggang.

Rekam jejak Drs Martua Sitanggang MM soal pembangunan infrastruktur tak diragukan lagi. Pengalamannya saat menjabat Kepala Dinas PU Kota Jambi, sudah menjadi jejak buah tangan  Martua Sitanggang di Kota Jambi.

Setidaknya ada tiga program pembangunan di Kota Jambi yang menjadi fenomenal dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Jambi hingga saat ini saat Martua Sitanggang menjabat kadis PU Kota Jambi. 

Pertama soal keberhasilan Program Kementerian Sosial Bidang Pengentasan Permukiman Kumuh di Kota Jambi dengan pemanfaatan dana hibah dari Asian Development Bank (ADB). Juga berhasil dalam program perbaikan jalan lingkungan dengan program proyek NUSSP (Neighborhood Upgrading And Shelter Sector Projeck) Kota Jambi yang didanai Asian Development Bank (ADB).

Martua Sitanggang juga memiliki jaringan hubungan baik di Kementerian PUPR, DPR RI, dan para investor. Pria kelahiran Samosir, 1 Februari 1954 itu menjabat Kadis PU Kota Jambi tahun 2006-2009. Banyak terebosan yang berhasil dibuat ayah dari dua putra ini.
Rumah Sakit Umum Daerah H Abdul Manap Kota Jambi.(Dok Rosenman Manihuruk)

Kemudian terobosan lain yakni mewujudkan impian masyarakat Jambi dalam bidang pelayanan kesehatan. Masyarakat Kota Jambi hingga kini sudah mendapat pelayanan kesehatan oleh pemerintah daerah secara maksimal dengan hadirnya Rumah Sakit Umum Daerah H Abdul Manap Kota Jambi.

Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Manap Kota Jambi menjawab impian masyarakat yang mendambakan pelayanan kesehatan yang prima dan terjangkau. Pembangunan serta diresmikannya RSUD H Abdul Manap Kota Jambi tidak terlepas dari sentuhan tangan dingin Martua Sitanggang.

Peresmian RSUD H Abdul Manap Kota Jambi juga merupakan hadiah dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi saat dikepalai Drs M Sitanggang MM. Menurutnya, pembangunan RSUD H Abdul Manap Kota Jambi itu diawali dengan study kelayakan pada tahun 2005. Dari hasinya study kelayakan itu, masyarakat Kota Jambi rata-rata 100 orang per hari berobat jalan ke setiap Puskesmas/Puskesmas Pembantu.

Sentuhan tangan dingin Drs Martua Sitanggang MM juga dikenang pada pembangunan sukses membangun Jembatan Makalam Kota Jambi yang menjadi ikon Kota Jambi saat ini.

“Jembatan Makalam Jambi itu hasil karya ku masa jabatan Kabag Pembangunan Daerah Kota Jambi. Jembatan itu manfaatnya mengatasi kemacetan arus lalulintas dalam kawasan kota karena keluar masuk dalam kawasan kota hanya satu jalan, sehingga perlu jalan alternatif itulah Jembatan Makalam  dan menjadi  ikon Kota Jambi dan saat ini menjadi tempat kumpul-kumpul anak-anak muda,” kata Martua Sitanggang.

Jembatan Makalam memiliki panjang kurang lebih 500 meter dan lebar 10 meter. Karena jembatan ini cukup panjang dan lebar sering banget dijadikan tempat nongkrong kanti-kanti di Jambi dan tempat pameran UMKM PKota Jambi. Berbagai komunitas juga menjadikanJembatan makalam sebagai titik kumpul saat malam hari tiba.
Jembatan Makalam Kota Jambi pada malam hari Pasar UMKM dan Icon Kota Jambi.

“Saya ingin membangun dengan berbagai sumbangsih pemikiran untuk Samosir. Saya merasa bertanggungjawab untuk memajukan Samosir. Dukungan yang datang dari berbagai pihak membuat saya iklas dan berbuat untuk Samosir kedepan,”ujar Martua Sitanggang kepada Penulis baru-baru ini.

Martua Sitanggang akan mengembangan infrastruktur pendukung parawisata di Kabupaten Samosir dan akses ekonomi ke sentra-sentra pertanian di Kabupaten Samosir. 

10 Program Unggulan Majukan Samosir
Disebutkan, paslon Bupati dan Wakil Bupati Samosir Nomor Urut 2 yakni Vandiko Timoteus Gultom ST dan Drs Martua Sitanggang MM mengusung 10 program unggulan dalam memajukan Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Seperti diketahui Paslon VANTAS ini diusung koalisi Parpol Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat dan Hanura dan akan menanti mandate rakyat Samosir pada Pilkada Samosir, Rabu 9 Desember 2020 mendatang.

Sepuluh Program Unggulan paslon Vandiko Timoteus Gultom ST dan Drs Martua Sitanggang MM yakni Penyediaan iuran BPJS Kesehatan Gratis. Penyediaan tenaga medis asal Samosir. Pemerataan jalan dan jembatan hingga ke desa-desa pelosok. Membangun Kampus Politeknik di Samosir.

Kemudian Program Unggulan lainnya yakni Menjamin ketersediaan bibit dan pupuk bersubsidi untuk petani di Samosir. Membangun jaringan telekomunikasi dan internet 4G di seluruh Samosir. Menghadirkan UMKM 6 produk X 134 desa masuk dalam E-Commerce.

Selanjutnya  program unggulan paslon Vandiko Timoteus Gultom ST dan Drs Martua Sitanggang MM memajukan Kabupaten Samosir adalah menjalin kerjasama dengan investor dalam teknologi air Danau Toba menjadi air minum bersih dan energy terbarukan lainnya. 

Kemudian menjamin pembangunan infrastruktur jalan desa, irigasi, sawah, air bersih, pengelolaan sampah, memudahkan investasi di Samosir. Juga memudahkan fasilitas maintenance alat berat 1 flat per satu desa untuk buka jalan baru atau ruas jalan sampai pengaspalan.
 
Sentuhan tangan dingin Martua Sitanggang sebagai mantan birokrasi berpengalaman akan menunjukkan kapasitasnya dibidang pembangunan di Kabupaten Samosir seperti yang ditorehkannya di Kota Jambi saat menjabat kadis PU Kota Jambi.

Bersama Vandiko Timoteus Gultom ST, Martua Sitanggang telah berniat tulus untuk membangun di tanah kelahiran Kabupaten Samosir. Hal itu ditunjukkannya dengan sudah 3 kali maju pada Pilkada Kabupaten Samosir. Pilkada Samosir Rabu 9 Desember 2020, akan menjadi hari bersejarah bagi Martua Sitanggang untuk mewujudkan mimpinya mengabdi untuk tanah leluhur Samosir.
Semoga pada Pilkada Samosir Rabu 9 Desember 2020, pasangan No urut 2 Vandiko Timoteus Gultom ST- Martua Sitanggang mendapat kepercayaan penuh dari masyarakat Kabupaten Samosir.

Seperti diketahui Paslon VANTAS ini diusung koalisi Parpol Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat dan Hanura akan bersaing dengan paslon Patahanan  Drs Rapidin Simbolon MM - Ir Juang Sinaga yang diusung PDI-Perjuangan dan Paslon Nomor Urut 1 dari Jalur Independen Marhuale Simbolon - Guntur Sinaga di Pilkada Samosir, Rabu 9 Desember 2020. (Rosenman Manihuruk)
Drs M Sitanggang (tengah) serta Walikota Jambi Drs H Arifien Manap MM (paling kanan) saat meninjau salah satu ruangan medis RSUD H Abdul Manap usai diresmikan Walikota Jambi, Jumat (31/10/2007) silam. Pengguntingan pita dilakukan oleh istri Walikota Jambi, Ny Maisite Arifien. (Foto Dok Rosenman Manihuruk).

Biodata Singkat :
Nama   : Drs Martuah Sitanggang MM
Tempat/Tgl Lahir  : Samosir, 1 Februari 1954
Istri   : HR br Situmorang
Anak   : -Mahardi Sitanggang 
     -Frans Edward Sitanggang 
Organisasi  :Ketua KNPI (1978)
     -Pembina IPK Provinsi Jambi
     -Ketua Harian Federasi Eurosport Indonesia (FASIDA) Jambi
   -Ketua Kumpulan Marga Sitanggang Kota Jambi
   - Ketua Paporata Provinsi Jambi
Birokrasi  -Staf Bappeda Provinsi Jambi 11 tahun
   -Staf Perindag Provinsi Jambi 3 tahun
   -Kepala Bagian Pembangunan Daerah Kota Jambi (2000)
   -Kadis PU Kota Jambi (2000-2009)
   - Staf Ahli Walikota Jambi Bidang Pembangunan.
-Pengusaha

Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Samosir Nomor Urut 2  Vandiko Timoteus Gultom - Martua Sitanggang.


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar