Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) : Hindari Politik Identitas

Robinson Hutapea, S.Pd Ketua Dewan Pimpinan Daerah  Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (DPD PIKI) Provinsi Jambi.

Jambi, MH - Politik Identitas adalah sebuah alat politik suatu kelompok seperti etnis,  suku,  budaya,  agama atau yang lainnya untuk tujuan tertentu,  misalnya sebagai bentuk perlawanan atau sebagai alat untuk menunjukkan jati diri suatu kelompok. 

Berkaca dari berbagai Pemilihan kepala daerah (Pilkada) bangsa Indonesia belum pernah lepas dari politik identitas,  penyebaran hoaks,  ujaran kebencian dan kampanye hitam. Atribut-atribut itu sesunguhnya tidak berhubungan dengan kualitas calon pemimpin. 

Namun begitu mudahnya dipakai untuk mengaburkan pemilih dari objektifitas, cenderung diwarnai polarisasi berbasis irrasional. Dampak paling ekstrim dari politik identitas ialah terjadinya perpecahan dimasyarakat hingga menimbulkan konflik-konflik sosial. 

Karena harus diakui politik identitas menjadi tren ancaman riil pertarungan politik tanah air dewasa ini. Oleh karenanya politik identitas dan SARA harus dicegah dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 karena dapat membahayakan persatuan kesatuan bangsa. 

Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (DPD PIKI) Prov. Jambi bafian integral dari bangsa ini mengajak para calon, Tim Sukses dan Parpol pendukung agar dalam setiap tahapan pilkada semua pihak menghindari politik identitas dan politik SARA. 

Aparat penegak hukum agar menindak tegas jangan membiarkan penggunaan narasi,  simbol-simbol yang dapat memecah persatuan dan kesatuan dimasyarakat. Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada telah dengan tegas menyatakan larangan atas praktik politik identitas.  

Kita ingin dalam situasi menghadapi pandemi Covid-19  harus mengedepankan narasi-narasi yang mampu membangun semangat kebersamaan, menyampaikan gagasan atau adu program serta mendorong pada penguatan implementasi nilai-nilai 

Pancasila serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga  berharap dan meminta para aparat, tokoh agama,  tokoh adat dan juga tokoh masyarakat serta pemuda  mendukung dan mengawasi penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020. ( Oleh : Robinson Hutapea, S.Pd Ketua DPD PIKI Provinsi Jambi).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar