Home » » Pdt Marjabat Panjaitan, S.Th Lantik Ephorus HKBP Terpilih Pdt Dr Robinson Butarbutar

Pdt Marjabat Panjaitan, S.Th Lantik Ephorus HKBP Terpilih Pdt Dr Robinson Butarbutar

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 13 Desember 2020 | Desember 13, 2020

Pdt Marjabat Panjaitan, S.Th saat melantik Ephorus terpilih Pdt Dr Robinson Butarbutar.


Jambi, MH -
 Pelaksanaan Sinode Godang yang ke 65 Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang dilaksanakan dari tanggal 9-13 Desember 2020 di Seminarium Sipohon, Kabupaten Tapnuli Utara (Taput) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah selesai dilaksanakan dengan lancar, aman dan tertib dengan selalu mengedepankan Protokol Kesehatan.

Pdt Dr Robinson Butarbutar terpilih menjadi Ephorus dalam Sinode Godang Jum'at 11 Desember 2020. Pada pemilihan tersebut terdapat dua calon yakni Pdt Dr Robinson Butarbutar dengan meraih 734 suara sementara Pdt Dr Martongo Sitinjak meraih 277 suara dan 1 suara tidak sah.

Pelantikan Lima Pimpinan yaitu Ephorus, Sekretaris Jenderal (Sekjen), Kepala Departemen Koinonia, Kepala Departemen Marturia, Kepala Departemen Diakonia  dan 32 Praeses terpilih dilaksanakan di Gereja HKBP Pearaja Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Minggu, (13/12/2020), pukul 10.00 Wib.

Acara pelantikan didahului prosesi dari halaman rumah Ephorus menuju Gereja HKBP Pearaja yang dikuti oleh Pendeta tertua, Ephorus lama, lima pimpinan HKBP terpilih dan 32 praeses terpilih serta tamu undangan.

Dilanjutkan dengan acara kebaktian yang dipimpin oleh Liturgis Pdt Dr Viktor Tinambunan MST selaku Sekjen terpilih dan sebagai pengkhotbah Pdt Dr Robinson Butarbutar, Ephorus terpilih.

Setelah kebaktian dilanjutkan dengan pelantikan Pucuk Pimpinan HKBP periode tahun 2020 - 2024 Pdt Dr Robinson Butarbutar yang dilantik oleh Pendeta Tertua Pdt Marjabat Panjaitan S.Th.

Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Sekjen Pdt Dr Viktor Tinambunan MST, Kepala Departemen Koinonia Pdt Dr Deonal Sinaga, Kepala Departemen Marturia Pdt Kardi Simanjuntak STh, M.Min dan Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Purada Sinaga, MTh yang dilantik oleh Ephorus HKBP terpilih.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama Praeses terpilih dan dilantik oleh Pucuk Pimpinan HKBP Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar.

Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dalam sambutan pelantikannya mengajak semua pimpinan yang terlantik dan seluruh Praeses agar berkerja sama mengemban tugas yang diembankan oleh Sinode Godang.

Kepada Fungsionaris yang sudah mengakhiri tugas pengabdiannya, Ephorus Pdt Dr Robinson Butarbutar mengucapkan terima kasih serta berharap secara khusus kepada seniornya Pdt Dr Darwin Lumbantobing (mantan Ephorus) memberikan petuah yang berarti bagi kelanjutan berbagai program demi kemajuan HKBP.

Ephorus Robinson juga mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Kabupaten Tapanuli Utara atas peran sertanya mendukung terselenggaranya Sinode Godang HKBP hingga berjalan dengan lancar dan sukses.

Pdt Robinson Butarbutar yang beristrikan Srimiaty Rayani Simatupang, SSi, M.Hum ini Visinya menjalankan kepemimpinan dan menginginkan transformasi di HKBP.

Misinya mewujudkan Visi HKBP menjadi berkat bagi dunia dan mottonya "Melayani dengan kerendahan hati atau Serep Marhobas".

Strateginya ke depan sebagai pemimpin HKBP adalah melaksanakan Renstra HKBP 2020 - 2024 sesuai hasil Sinode Godang 2020 secara konsisten dan bergairah.

Kemudian, merapikan pelaksanaan sistem kepersonaliaan HKBP yang tangguh, adil transparan, kompeten, dan akuntabel dalam rekruitmen, penempatan pemberdayaan lanjut, kesejahteraan ketika aktif, dan pensiun maupun sakit.

Lalu meningkatkan usaha pemuridan Kristus di tengah-tengah HKBP, mengadakan pelatihan pemimpin gerejawi dan nilai-nilai di berbagai bidang secara maraton, untuk pelayanan penuh dan paruh waktu maupun warga untuk melaksanakan tugas-tugas gereja menuju Indonesia maju.

Lalu memampukan pelaksanaan ketiga tugas gereja secara bersemangat, termasuk secara urgent menjadi mitra konstruktif dan kritis pemerintah dalam menjadikan Danau Toba sebagai pusat destinasi pariwisata nasional.

Sebelumnya Ephorus lama Pdt Dr Darwin Lumbantobing menyampaikan selamat kepada pimpinan HKBP yang akan mengabdi memajukan HKBP empat tahun ke depan.

Sementara Ketua PGI Pdt Gomar Gultom, M.Th yang turut menghadiri pelantikan mengatakan, HKBP telah menunjukkan suatu kepeloporan dalam menunjukkan bahwa gereja bisa disiplin dalam mematuhi Protokol Kesehatan.

Ketua PGI juga berharap agar Pimpinan HKBP yang baru dilantik dapat merangkul semua keperbagaian yang merupakan kekayaan HKBP, sepenuhnya bagi upaya mencerdaskan dan menyejahterakan warga HKBP agar menjadi berkah bagi masyarakat dan kemuliaan bagi Tuhan. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong