Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Komisi III DPR Setujui Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si Jadi Kapolri

Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Jambi, MH - Komisi III DPR secara aklamasi menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis.

Persetujuan itu ditetapkan seusai Sigit panggilan akrabnya menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang digelar Komisi III.

"Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," ungkap Ketua Komisi III Herman Hery, Rabu (20/1/2021).

Herman melanjutkan atas persetujuan ini, Komisi III akan segera bersurat kepada pimpinan DPR untuk mengagendakan rapat paripurna pengesahan Kapolri terpilih. "Selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sigit hari ini Rabu, 21/1/2021 berlangsung sekitar empat jam. Sigit memaparkan Visi dan Misinya sebagai calon Kapolri. Keputusan diambil setelah Komisi III mendalami paparan Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan melakukan rapat pleno.

Adapun, Komjen Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si  saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Dia telah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal Kapolri.

Adapun Kapolri saat ini, Jenderal Pol Idham Azis pada akhir Januari 2021 tersebut sudah memasuki masa pensiun. Idham menjabat sebagai Kapolri mulai 1 November 2019. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar