Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

IAKN Bersiap Jadi Universitas Kristen Negeri Pertama Di Indonesia

Menag, Yaqut Cholil Qoumas dan Rektor IAKN, Lince Sihombing. Foto: Kemenag/Humas

Jambi, MH -  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan dan  audiensi Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara Lince Sihombing.  

Pertemuan tersebut membahas transformasi Institut Agama Kristen Negeri pertama nantinya di Indonesia yg akan menjadi Universitas.

Rektor IAKN Tarutung, Lince Sihombing menyampaikan pertemuan ini menjadi spirit bagi IAKN Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara untuk terus berupaya melengkapi persyaratan kelengkapan administrasi menuju Universitas. 

"Konsultasi dan juga serta konsolidasi ke berbagai pihak terkait telah kami lakukan untuk transformasi ini, seperti penambahan program studi dan juga serta persyaratan lainnya," ungkap Lince, di Jakarta, Rabu, 10 Februari 2021.
 
Lince Sihombing menyampaikan, bahwa komunikasi terkait transformasi IAKN Tarutung menuju Universitas ini serta terus dilakukan kepada Pemda dan juga serta Menpan-RB di pusat. “Kami serta terus meminta arahan kepada Sekjen Kemenag dan juga serta Dirjen

Lince menambahkan, IAKN Tarutung hadir untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi hamba Tuhan yang setia, memiliki kedewasaan dan ketangguhan iman, berwawasan Oikumenis, mampu menguasai ilmu sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari dan program studi yang diikuti dan ilmu pengetahuan lainnya yang terkait.
 
"Dalam kesempatan ini, kami menyerahkan proposal transformasi IAKN Tarutung menjadi Universitas dan juga serta kami mohon dukungan Bapak Menteri Agama. Bila ini terwujud, maka IAKN Tarutung akan menjadi Universitas Kristen Negeri pertama di Indonesia. 

Dikatakan Lince kami akan menampung anak - anak kampung di tujuh Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara untuk menempuh pendidikan lebih tinggi di UKN Tarutung nantinya.
 
Di IAKN Tarutung, saat ini  terdapat puluhan mahasiswa yang berasal dari daerah Papua yg mendapat beasiswa dan juga  IAKN menggratiskan asrama kepada mahasiswa tersebut.
 
Menag menyatakan, Kementerian Agama siap mendukung transformasi IAKN Tarutung menjadi Universitas, tentunya dengan melengkapi berbagai syarat yg telah ditetapkan.
 
“Kristen mesti memiliki Universitas Negeri. Saya akan membantu dan juga  mendorong maksud bagus Bu Rektor menjadikan IAKN menjadi Universitas. Saya komitmen untuk membantu mewujudkannya,” ungkap Menag. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar