Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kepala Daerah Terpilih Wafat Sebelum Dilantik RE Nainggolan Ini Pukulan Bagi Sumut

Tokoh masyarakat Provinsi Sumatera Utara Dr RE Nainggolan, MM.

Jambi, MH -  Untuk ke tiga kalinya dunia politik dan pemerintahan Sumatera Utara kembali berduka. Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi, meninggal dunia Selasa malam setelah terkena Pandemi Covid- 19 dan sempat di rawat di RS Bunda Thamrin, Medan.

Sebelumnya, dua kali berturut - turut Wali Kota terpilih Pematang Siantar juga wafat sebelum sempat mulai menjabat. (Hulman Sitorus dan Asner Silalahi).

“Ini jelas duka yang memukul tidak saja warga di kota tersebut, dalam hal ini Binjai dan Pematang Siantar, tetapi juga Sumatera Utara bahkan Indonesia secara keseluruhan. 

Beliau - beliau itu terpilih tentu karena menjadi tumpuan harapan masyarakat. Dipercayai pemilih,” kata Tokoh Masyarakat Provinsi Sumatera Utara, Dr RE Nainggolan, MM,  saat ditanyakan pendapatnya tentang fenomena itu, Rabu 10/2/2021.

Diingatkannya, semua kepala daerah terpilih adalah hasil dari sebuah proses yang sangat mahal sekaligus terhormat.

“Ongkos demokrasi langsung itu sangat besar. Baik dari segi biaya, maupun waktu dan perhatian. Secara khusus kita bahkan menempuh risiko di tengah Pandemi Covid- 19, ujarnya prihatin. 

Mengapa kita lakukan? Karena itu cara yang paling rasional untuk tetap menjunjung tinggi kedaulatan rakyat sekaligus memastikan keberlanjutan pemerintahan yang legitimate. Dalam demokrasi, rakyat yang memilih pemimpinnya,” kata suami Linda Mariyani Sihombing ini.

Dalam kaitan itu, Sekdaprovsu 2008 - 2010 yang juga pernah menjadi Bupati Tapanuli Utara itu mengatakan kepergian mendadak seperti itu terasa memukul dan mengguncang.

“Yang sangat kehilangan bukan saja keluarga, tetapi pendukung dan masyarakat yang memilih dan menaruh harapan padanya termasuk masyarakat secara umum,” ungkapnya.

Pada bagian lain, Nainggolan menyampaikan harapan agar Wakil Wali Kota terpilih baik di Binjai maupun di Pematang Siantar mampu melanjutkan kepemimpinan, tetap berpegang teguh pada Visi dan Misi mereka sebagai pasangan dulunya.

“Mereka kini mengemban tanggung jawab yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. Harus memastikan semua bisa bersatu padu, segenap komponen masyarakat di sana tetap kompak dan sinergis, bertekad mendengar dan menindaklanjuti aspirasi dan sekuat tenaga memenuhi harapan para pemilih dan seluruh warga kota,” ujar pria kelahiran Pematangsiantar ini.

Tokoh masyarakat yang masih aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakatan itu mengaku optimis para Wakil Wali Kota terpilih yang pada saatnya nanti akan dilantik menjadi Wali Kota. 

Diharapkan akan mampu memposisikan dirinya sebagai pemimpin bagi semua, berlaku adil dan dapat menempatkan kepentingan warga kota yang dipimpinnya di atas kepentingan pribadi, keluarga dan  golongan, ungkapnya. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar). 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar