Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Pdt Willem TP Simarmata: Erupsi Sinabung Layak Ditetapkan Sebagai Bencana Nasional

Pdt Willem TP Simarmata Anggota DPD/MPR RI.

Jambi, MH - Anggota DPD/MPR RI Pdt Willem TP Simarmata mengatakan bencana erupsi gunung Sinabung sudah layak ditetapkan sebagai bencana nasional. Erupsi terjadi sejak 27 Agustus 2010 dan kemarin kembali memindahkan lahar ke udara setinggi 5.000 meter. Bencana ini sudah menimbulkan kerugian yang cukup besar baik secara ekonomi maupun sosial budaya.

Hal itu dikatakan Anggota Komite III DPD RI itu untuk mendorong pemerintah menganalisis kondisi saat ini menjadi perhatian serius. "Sudah cukup lama, erupsi terjadi terus menerus sehingga mengganggu kehidupan masyarakat sekitar, ujar mantan Ephorus HKBP ini.

Sudah sepantasnya erupsi gunung Sinabung ditetapkan sebagai bencana Nasional," kata Pdt Willem ketika diminta tanggapannya terkait erupsi gunung Sinabung yang terjadi lagi kemarin, Rabu 3/3/2021.

Menurutnya, erupsi Sinabung yang telah berlangsung bertahun - tahun sudah memprihatinkan. "Rakyat sudah sangat menderita. Lahan pertanian tidak produktif lagi karena tertutup debu erupsi," ungkap senator kelahiran Kabupaten Samosir ini.

Selain itu, sejumlah luas lahan pertanian kini tidak bisa dimanfaatkan warga lagi karena masuk zona merah erupsi. Jadi kondisinya sangat membutuhkan perhatian serius dan penanganan komprehensif sangat dibutuhkan. 

Pdt Willem juga melihat posisi saat ini, bahwa warga semakin terancam ketika erupsi kembali terjadi sehingga mengganggu kesehatan warga. "Anak-anak tentu sangat terganggu dengan kondisi ini. Kesehatan mereka sangat terganggu. Bisa kita bayangkan, anak-anak pada usia sekolah tidak lagi memikirkan pendidikan mereka," ujarnya.

Di lain sisi, Pdt Willem berharap warga terdampak erupsi agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan diri dan keluarga. "Dengan tetap mengawasi dan saling menjaga anggota keluarga masing - masing, maka dampak bencana akan bisa diminimalisir," ujarnya.

Kepada pemerintah Kabupaten Karo, juga dihimbau agar terus melakukan penanganan yang terukur untuk warga terdampak erupsi Sinabung yang terjadi. 

"Pemkab jangan sampai lengah, tetap berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat agar kendala dalam penanganan warga terdampak bencana bisa ditangani dengan benar," ujarnya. (utamanews.com).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar