Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Menteri Investasi RI Kunjungi Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei di Simalungun

Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga sambut Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia.

Jambi, MH - Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menyambut baik kedatangan Menteri Investasi RI, Bahlil Lahadalia di bumi “Habonaron do bona” Kabupaten Simalungun, terkhusus di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Jumat (30/04/2021).

“Saya bersama Wakil Bupati, sudah memberikan perhatian terhadap pertumbuhan KEK Sei Mangkei yang luas arealnya mencapai 2.000 hektar. Sebelum dilantik, kita sudah intens berdialog dengan administrator KEK Sei Mangkei, terkait bagaimana mendatangkan investor,” kata Radiapoh Hasiholan Sinaga yang didampingi Wakil Bupati, H Zonny Waldi, Jumat (30/04/2021).

Diungkapkan Radiapoh Sinaga, bahwa kunjungan Menteri Investasi ke Simalungun, merupakan harapan bersama, karena hal inilah yang sangat diperlukan dalam memotivasi Pemerintah Kabupaten dan seluruh stakeholder untuk dapat membangun Kabupaten Simalungun lebih maju, lebih baik dan rakyatnya sejahtera.

“Saya juga menyampaikan terimakasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian ke KEK Sei Mangkei. Dengan kehadiran Menteri Investasi, tentu harapan besar akan dapat kita wujudkan. Untuk itulah, saya akan ajak seluruh stakeholder agar duduk bersama membicarakan langkah ke depan dalam upaya mendatangkan investor,” kata Bupati.

Duduk bersama tersebut, dijelaskan Radiapoh Sinaga, untuk menyamakan persepsi dalam pemberian pelayanan yang aman, nyaman dan mudah bagi para investor agar tertarik menanamkan modalnya di Kabupaten Simalungun.

“Mari kita berikan kemudahan-kemudahan dan jangan kita buat aturan-aturan yang justru menghambat masuknya investasi,” kata Radiapoh Sinaga.

Menurut Radiapoh Sinaga, dengan bertumbuhnya investasi di KEK Sei Mangkei, akan berdampak pada bursa tenaga kerja putra-putri Kabupaten Simalungun.

“Ke depan, dengan sudah terbukanya wacana mengembangkan KEK Sei Mangkei, Pemkab Simalungun juga akan mempersiapkan tenaga kerja yang mimiliki kompetensi daya saing dengan tenaga kerja lainnya,” kata Bupati.

Bahlil Lahadalia menyampaikan, bahwa tugas pertama yang diberikan Presiden Jokowi kepadanya sebagai Menteri Investasi, adalah melakukan peninjauan ke sejumlah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta tempat-tempat yang memungkinkan untuk pengembangan kawasan ekonomi yang ada di Indonesia.

“Meninjau KEK Sei Mangkei, adalah agenda pertama saya setelah dilantik menjadi Menteri Investasi,” kata Bahlil Lahadalia saat berada di KEK Sei Mangkei, Jumat (30/04/2021).

Kehadiran Menteri Investasi, didampingi Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, Wakil Bupati H Zonny Waldi, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun, Timbul Jaya Sibarani.

Menteri menjelaskan, bahwa KEK Sei Mangkei dengan luasnya lebih kurang 2.000 hektar, perlu mendapatkan perhatian agar benar-benar dilirik para investor.

“Dalam pembicaraan dengan Presiden, ada wacana untuk membawa konsep Batam ke KEK Sei Mangkei. Namun, untuk mengambil kebijakan haruslah melihat secara dekat bagaimana kondisi KEK Sei Mangkei sebenarnya. Konsep apa yang pas untuk KEK Sei Mangkei,” kata Bahlil Lahadalia.

Menteri berpesan agar Pemerintah Kabupaten Simalungun, mempersiapkan proses percepatan penyelesaian kelengkapan yang dibutuhkan calon investor, agar merasa aman dan nyaman untuk berinvestasi.

Menteri mengingatkan, jangan lagi ada hambatan yang dapat memperlambat pengurusan masuknya investasi. “Saya akan bicarakan nanti dengan Bupati dan Gubernur soal investor yang masuk ke KEK Sei Mangkei,” katanya.

Rasa aman dan nyaman itu, sangat penting, kata Menteri, tapi jangan pula pengusaha yang menjadi mengatur, pengusaha harus mengikuti aturan pemerintah.

“Kita tidak akan layani investor yang melakukan potong kompas, mereka harus melalui Pemerintah Kabupaten,” kata Menteri. (Sumber : NewsCorner.Id).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar