Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kota Wisata Parapat Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara Diterjang Banjir Bandang

Suasana banjir.

Jambi, MH Banjir bandang melanda Kota Wisata Parapat, sementara longsor juga terjadi di Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Kamis (13/5/2021). Banjir dan longsor mengakibatkan arus lalu lintas di Kota Wisata itu lumpuh total.

Menurut keterangan warga, banjir mulai terjadi sejak pukul 15.30 WIB, setelah hujan deras melanda daerah tersebut. Curah hujan yang deras membuat air bah yang datang dari arah bukit bangun tidak mampu ditampung aliran sungai. Akibatnya, air naik ke badan jalan dan masuk ke rumah warga.

Banjir tersebut berasal dari Bukit Bangun Dolok Parapat. Air pun melewati jembatan dan membanjiri Jalan Sisingamangaraja dan jalan Anggarajim Parapat.

Kasat Lantas Polres Simalungun, AKP Hendrik Fernandes Aritonang mengatakan, material longsor yang menimbun badan jalan di Dusun Sualan Desa Sibaganding sempat mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh total.

“Kami sudah bekerjasama dengan pihak terkait untuk membersihkan material longsor,” kata AKP Hendrik Fernandes Aritonang Kasat Lantas Polres Simalungun. 

Kasat Lantas menghimbau masyarakat pengendara untuk lewat dari jalur alternatif. “Masyarakat yang akan melintas dari Pematangsiantar menuju Parapat, kami alihkan dari Simpang Palang. 

Sebaliknya dari Parapat menuju arah Pematangsiantar masih bisa dilalui (jalur) untuk satu kendaraan. Akan tetapi kami berlakukan sistem buka tutup, karena kami sambil melakukan pembersihan material longsor,” ujarnya. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar