Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Sabas Musik Tagading Gondang Batak Dimainkan Risna Uli Boru Sihaloho

Sabas Musik kiri Hendra Sihaloho (seruling) dan Risna Uli boru Sihaloho (Tagading Gondang). Sopo Godang Jubileum HKBP Kota Baru Jambi. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

Jambi, MH - Akibat wabah virus corona yang melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020 yang lalu segala kegiatan pesta - pesta ditiadakan, karena kegiatan ini mengundang keramaian. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Namum beberapa bulan terakhir ini di wilayah Kota Jambi bersama Tim Gugus Tugas pemerintah Kota Jambi dengan pengelola gedung telah sepakat untuk dapat melaksanakan pesta pernikahan dengan menyepakati beberapa hal. 

Adapaun kesepakatan tersebut adalah tetap mengikuti Protokol Kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan mengukur suhu tubuh, disamping hal tersebut membatasi jumlah undangan dengan tetap menjaga jarak.

Hampir semua kegiatan pesta masyarakat Batak dihibur dengan musik tradisional "Tagading Gondang Batak," yang biasanya diperankan oleh kaum pria, namum belakangan ini perempuna juga telah lihai memainkanya.

Pantauan Majalah Holong Online pada Pesta Pernikahan Lasman Sigiro dengan Boru Nainggolan Sabtu, 26/6/2021 di Sopo Godang Jubileum HKBP di Kota baru Jambi, pesta ini dihibur Sabas Musik dengan lihainya Risna Uli boru Sihaloho dapat memainkan Tagading Gondang Batak.

Dengan penampilannya menabuh Tagading Gondang Batak tersebut para undangan dapat menikmatinya dengan senang bercampur bahagia mereka manortor bersama mengikuti irama  Sabas Musik tersebut. 

Hentakan tangan Siswi kelas III SMA Negeri 8 Kota Jambi memainkan Tagading Gondang Batak ini membuat suasana semakin meriah dan mengingatkan mereka ke Bona Pasogit.

Adapun personil Sabas Musik adalah Seruling oleh Hendra Sihaloho, Organ Lewi Simamora dan pemain Tagading Gondang Risna Uli boru Sihaloho, sementara penyanyi Trio Sabas Musik 1. Risna Sihaloho, 2. Henny Sihaloho dan 3. Nensy Panggabean. (MH - Fendi Sinabutar).






Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar