Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Presiden Joko Widodo Lantik Al Haris dan Abdullah Sani Jadi Gubernur & Wakil Gubernur Provinsi Jambi

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden KH Maruf Amin melantik Al Haris dan Abdullah Sani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jambi.


Jambi, MH 
- Presiden Joko Widodo  secara resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Al Haris dan Abdullah Sani untuk masa jabatan 2021 - 2024 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Rabu, 7/7/2021.

Pelantikan dua pejabat tersebut berdasarkan pada surat Keputusan Presiden (Keppres) 93P/2021 tentang Pemberhentian Pejabat Gubernur Jambi, Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2021 - 2024.

Pelantikan digelar dengan Protokol Kesehatan yang ketat. Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkannya lagu "Indonesia Raya" dan pembacaan Keputusan Presiden.

Acara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan keppres oleh kepala negara kepada Al Haris dan Abdullah Sani di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Proses kirab kemudian dilakukan Presiden Jokowi yang didampingi Wakil Presiden KH Maruf Amin dan dua pejabat dengan berjalan kaki menuju Istana Negara. Mereka terlihat menjaga jarak satu dengan yang lainnya

Jokowi lantas menanyakan kesediaan kedua pejabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi sebelum diambil sumpah jabatan.

"Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?," kata Jokowi.

"Bersedia," jawab kedua pejabat tersebut. Presiden Jokowi kemudian meminta kepada ke dua pejabat tersebut untuk mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan di depan para tamu undangan.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya, seadil - adilnya, memegang teguh Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang - undang dan peraturannya dengan selurus - lurusnya serta berbakti kepada masyarakat Nusa dan Bangsa," kata Jokowi yang diikuti kedua pejabat.

Setelah dilantik, Al Haris dan Abdullah Sani mendapat ucapan selamat dari Jokowi, KH Maruf Amin dan disusul kemudian oleh tamu yang hadir.

Al Haris menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah melantik dirinya sebagai Gubernur Jambi. Al Haris lantas mengungkap dua hal yang menjadi fokus tugasnya.

"Tentunya tugas kami yang pertama adalah bagaimana menekan angka Covid- 19 di Jambi. Yang kedua tentu sekaligus kami juga akan memulihkan ekonomi Jambi tentunya yang merupakan juga tujuan Nasional kita yaitu memulihkan ekonomi Nasional," pungkasnya. (MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar