Home » » Bupati Kabupaten Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu Resmikan Bumdes Martabe Desa Bunturaja Suplai Air Minum

Bupati Kabupaten Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu Resmikan Bumdes Martabe Desa Bunturaja Suplai Air Minum

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Rabu, 13 Oktober 2021 | Oktober 13, 2021

Bupati Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, Dr Eddy Berutu meresmikan Bundes di Desa Buntu Raja.

Jambi, MH - Bupati Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengapresiasi Kepala Desa Buntubraja, Robinson Silaban atas berdirinya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang diinovasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bumdes tersebut bergerak di bidang air minum atau depot penyuplai air minum.

“Jika ingin mengembangkan sebuah usaha agar mencari sesuatu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat.Saya akan bantu menghubungkan dengan Direktur PDAM Tirta Nciho bila ada masalah air yang menjadi produk unggulan Bumdes Martabe ini," ujar Bupati Eddy saat meresmikan Bumdes Martabe di Desa Buntu Raja, Senin (11/10/2021).

Eddy Berutu menyampaikan bahwa pembangunan harus dimulai dari desa. Hal itu sudah disampaikan Presiden Joko Widodo dengan mengucurkan dana ke seluruh desa yang ada di Indonesia.

"Di era Presiden Jokowi, beliau ingin melihat dana desa yang sudah dikucurkan apakah dimanfaatkan dengan baik oleh desa. Itu tanggung jawab yang besar saat ini bagi kami," sebut Eddy Berutu.

Bupati mengungkapkan bahwa sekarang ini pemerintah pusat memberikan dukungan dana untuk pembangunan dermaga di Silalahi. Sebentar lagi Dairi juga akan memiliki gedung perpustakaan tiga lantai yang akan dibangun di Taman Rekreasi (Tamrek) Sidikalang.

"Selain itu dana yang dikucurkan pemerintah pusat untuk pelebaran jalan dari Simpang Tiga Sitinjo menuju Kota Sidikalang," terang Eddy Berutu.

Ditambahkannya, dalam ketentuan Undang-undang Cipta Karya yang baru, Bumdes didorong untuk lebih efektif dan inovatif.

"Harapan saya Bumdes ini akan lebih efektif, sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Saya akan dukung penuh Bumdes ini, mari tetap terus berkarya," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Buntu Raja Robinson Silaban mengatakan, Bundes yang didirikan sudah berjalan 3 tahun, namun karena adanya pandemi Covid-19, sehingga baru hari ini bisa diresmikan.

"Bumdes ini bergerak salah satunya di bidang air minum dan menyuplai air minum bagi warga di Desa Buntu Raja dengan pelanggan air sebanyak 142 KK," kata Robinson.

Direktur Bumdes Martabe, Hariyanto Lumban Gaol mengatakan, ke depan mereka akan melakukan pengembangan Bumdes lainnya, seperti pengadaan pupuk dan gas elpiji.

"Kami barharap ada saran dan masukan dari Bupati Dairi, agar kiranya Bumdes kami ini bisa berkembang dan berjalan dengan baik. Bumdes ini sudah menyerap PAD antara 2%-3,5%," sebut Hariyanto.

Camat Siempat Nempu Landong Napitu menyebutkan, dari segi kinerja, Kepala Desa Buntu Raja memiliki program yang inovatif.

"Desa ini desa terbaik, saya harus akui itu. Desa ini mendapatkan dana atas kinerja baik tersebut yang sudah dimasukkan ke dalam APBDes," ucapnya. (Medanbisnisdaily.com).

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong