Home » » Irjen Pol (Purn) Drs Martuani Sormin, M.Si Jabat Komisaris Holding BUMN Tambang

Irjen Pol (Purn) Drs Martuani Sormin, M.Si Jabat Komisaris Holding BUMN Tambang

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021

Irjen Pol (Purn) Drs Martuani Sormin, M.Si.

Jambi, MH - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Inspektur Jenderal Polisi Purnawirawan Drs Martuani Sormin, M.Si sebagai Komisaris Holding BUMN Tambang, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID.  

Pengangkatan dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) MIND ID pada Jumat (29/10/2021). Pemegang saham juga mengangkat Hendi Prio Santoso sebagai Direktur Utama MIND ID. Hendi menggantikan Orias Petrus Moedak.

Dari sejumlah sumber yang dirangkum, Martuani Sormin diketahui pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut) sejak Desember 2019. Saat itu, Kapolri Jenderal Idham Azis menunjuknya mengisi posisi Kapolda, menggantikan Irjen Pol Agus Andrianto. 

Kariernya kepolisiannya sudah dimulai sejak 1987. Saat itu, Martuani Sormin menjabat sebagai Pamapta Kepolisian Resort Aceh Tenggara. Setahun kemudian, dia menjabat sebagai Kepala Satuan Sabhara Resort Aceh Tenggara, Kepolisian Daerah Aceh.

Pada 1996, dia menjabat sebagai Kepala Pusat Komando Pengendalian Operasi Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Sektor Metro Gambir Resor Metro Jakarta Pusat pada 1998.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 2002, Martuani Sormin menduduki sejumlah posisi strategis. Misalnya, menjabat Kepala Bagian Pengamanan Satuan Direktorat Intelijen dan Pengamanan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan. 

Setahun kemudian, dia menjabat Kepala Kepolisian Resort Musi Banyuasin. Pada 2014, dia menjabat sebagai Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kepala Biro Operasi Kepolisian Daerah Metro Jaya 2015, dan Widyaiswara Madya Sespim Lemdikpol pada 2016. 

Di tahun yang sama, dia menjadi Kepala Biro Pengamanan Internal Divisi Profesi & Pengamanan Polri dan Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat. Pada 2017-2019, Martuani Sormin tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi & Pengamanan Polri (Kadiv Propam), Kepala Kepolisian Daerah Papua, hingga Asisten Operasi Kapolri. 

Pada Jumat 29/10/2021, Kementerian BUMN selaku pemegang saham MIND ID mempercayakan Martuani Sormin untuk mengisi posisi sebagai Komisaris. Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, pergantian dewan direksi dan Komisaris MIND ID merupakan bagian akselerasi transformasi industri pertambangan yang berkelanjutan (sustainable). 

"Dan environmental friendly practices dengan mengoptimasi program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0," katanya. Selain itu, pergantian juga untuk mendorong pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrasi metal dan mineral secara keseluruhan di industri hulu (upstream). 

Tujuannya, memaksimumkan nilai yang bisa diperoleh sehingga mampu memperkuat industri pertambangan dalam negeri.  "Comprehensive upstream dan downstream processing untuk memaksimalkan value yang bisa diperoleh di dalam negeri sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat," ujarnya. 

Alasan lainnya, MIND ID harus menjadi motor penggerak dan inisiatif pengembangan industri electric mobility nasional yang bertujuan untuk mengurangi defisit negara akibat net import energi hingga pengurangan emisi karbon di sektor transportasi darat. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong