Home » » Peringati Hari Ulos Nasional, Kain Ulos Siap Bersaing Di Industri Fashion Dunia

Peringati Hari Ulos Nasional, Kain Ulos Siap Bersaing Di Industri Fashion Dunia

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Minggu, 17 Oktober 2021 | Oktober 17, 2021

Kain Ulos siap bersaing di Indutri Fashion Dunia.

Jambi, MH  - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan beragam kebudayaan di dalamnya. Dengan beragam banyak suku yang ada di Indonesia membuat bermacam warisan budaya hadir di Indonesia.

Mulai dari karya seni hingga busana khas setiap sukunya. Salah satu busana khas suku budaya di Indonesia yang terkenal adalah kain Ulos. Sebagai informasi, kain Ulos merupakan busana khas suku Batak, Sumatera Utara, yang telah dikembangkan secara turun temurun.

Dengan berkembangnya zaman, penggunaan kain Ulos saat ini kian beragam. Misalnya kain Ulos dapat dijadikan sebagai merchandiseproduk rumah tangga, hingga koleksi ready to wear.

Menjadi salah satu warisan budaya Indonesia, kain Ulos tidak kalah tenar dengan warisan budaya Indonesia lainnya, seperti kain batik. Pasalnya, sama seperti kain Batik, kain Ulos pun memiliki hari peringatan Hari Ulos Nasional setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 17 Oktober.

Pada tahun ini, perayaan Hari Ulos Nasional memiliki tema “Bangga Bertenun Bangga Berbudaya”. Bagi Kerri Na Basaria, Founder dan CEO PT Toba Tenun Sejahtra, tema yang diangkat pada Hari Ulos Nasional tahun ini bertujuan untuk membuat masyarakat sadar untuk pentingnya melestarikan kain Ulos. 

Dengan keunikan dan desain yang khas pada setiap kain Ulos, Kerri menegaskan dan meyakinkan bahwa kain Ulos dapat bersaing pada Industri Fashion Dunia.

Tak hanya bicara dalam upaya mewujudkan hadirnya kain Ulos di pasar dunia, Kerri dan rekan UMKM kain Ulos berupaya melakukan revitalisasi Ulos dengan melakukan berbagai macam program.

Selain bertujuan untuk mewujudkan ketenaran kain Ulos di pasar dunia, beberapa program tersebut dilakukan Kerri dan UMKM pengrajin kain Ulos dengan harapan dapat memperkuat kain Ulos dan para pengrajinnya di Indonesia. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong