Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Rapat Sosialisasi Panitia Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi Tahun 2021

Kiri : St J Manurung, S.Pd Ketua Panitia Pesta Gotilon HKBP Jambi, St RHS Siregar, SH Ketua II dan St J Munthe, S.Pd Sekretaris Panitia, Partukkoan HKBP Sabtu, 3 September 2021. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).
 
Jambi, MH - Pesta Gotilon (Pesta Panen Raya) merupakan ungkapan rasa syukur atas berkat penyertaan Tuhan di semua lini kehidupan warga jemaat. 

Selanjutnya pada Pesta Gotilon inilah warga jemaat mempersembahkan yang terbaik yang dimiliki sebagai ucapan syukur kepada Tuhan.

Pesta Gotilon ini sudah merupakan tahun kalender bagi gereja HKBP, bahwa setiap tahunnya selalu dirayakan. Perayaan Pesta Gotilon dilakukan di HKBP bukanlah semata - mata bagi jemaat yang tinggal di daerah pertanian.

Namun tujuan Pesta Gotilon adalah mensyukuri berkat Tuhan atas segala hasil pekerjaan warga jemaat itu sendiri. Dengan kata lain bahwa Pesta Gotilon itu wujud nyata "Manghamauliatehon parbue na ni ula ruas ni Huria i".

Sekaligus sebagai kesaksian iman bahwa segala sesuatu di peroleh dari Tuhan, oleh Tuhan dan untuk kemuliaan nama Tuhan.

Untuk menindaklanjuti Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi yang dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Oktober 2021 yang akan datang Panitia mengadakan rapat sosialisasi Sabtu, 3 September 2021 di Partukkoan HKBP Jambi, sebelum rapat di mulai terlebih dahulu di buka dengan doa yang dipanjatkan oleh Gr M Simangunsong.

Hadir dalam rapat tersebut Pdt Edward Aritonang, S.Th sebagai Pimpinan Jemaat HKBP Jambi, Pdt Renti S Naibaho, S.Th, Guru Huria Gr M Simangunsong, Bvr T br Nadapdap dan Diak D br Sianturi. Rapat dipimpin St J Manurung, S.Pd sebagai Ketua, St RHS Siregar, SH sebagai Ketua I dan St J Munthe, S.Pd sebagai Sekretaris.

Dalam suasana di tengah - tengah Pandemi Covid- 19 yang melanda dunia termasuk Negara Republik Indonesia terlebih gereja dan jemaatnya. Untuk itu kita patut bersyukur atas pertolongan dan kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalani kehidupan kita sehari - hari.

Di dalam rapat disepakati bahwa jadwal Ibadah Kebaktian Pesta Gotilon pada Minggu, 10 Oktober 2021 adalah sebagai berikut : 1. Pukul 7.00 WIB Wijk Paal Merah Lama dan Pargodungan, 2. Pukul 9.00 WIB Wijk Talang Bakung Tangkit I, Talang Bakung Tangkit II, Thehok dan Pasir Putih, 3. Pukul 11.00 WIB Wijk K3, Villa Makasda dan Perumnas Kota Baru.

Selanjutnya 4. Pukul 14.00 WIB Wijk Mayang - Sungai Sawang, Sipin - STM dan Gotong Royong, 5. Pukul 16.00 WIB Wijk  Telanaipura, Simpang Kawat dan Judika Parserahan ibadah dilaksanakan di dalam gereja, namun pada Pukul 18.00 WIB Remaja dan Naposo di gereja dan Sopo Godang.

Pemberian persembahan IA dan IB diberikan sebelum Kotbah dan langsung di antar ke depan altar gereja, sementara persembahan syukur kepada Tuhan untuk Pesta Gotilon di dalam amplop diberikan setelah kotbah Ibadah Kebaktian di antar langsung ke depan altar gereja di tempat yang telah disediakan dan dipandu oleh Panitia maupun para pelayan gereja, mereka disambut oleh panitia yang telah ditunjuk dengan tetap memakai ulos. 

Menurut koordinator seksi ibadah Pdt Renti S Naibaho, S.Th bahwa ibadah Pesta Gotilon HKBP Jambi pada Minggu, 10 Oktober 2021 menggunakan bahasa Batak dan disepakati musik pengiring bernuansa Tradisional Batak (gondang).

Selanjutnya Pdt Renti S Naibaho, S.Th menyatakan bahwa dibarisan prosesi ibu - ibu membawa tandok pakaian kebaya lengkap dengan memakai ulos, hal ini diserahkan kepada ibu - ibu seksi koordinator wijk, sementara panitia kaum bapa memakai jas dan juga ulos.

Ketika barisan prosesi berjalan menuju altar gereja diiringi dengan lagu Arbab lengkap dengan musik tradisional Batak. Panitia sepakat untuk memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid- 19, maka acara dilaksanakan sesuai dengan anjuran pemerintah Protokol Kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan mengukur suhu badan.

Menurut St J Munthe, S.Pd sekretaris Panitia Pesta Gotilon amplop telah didistribusikan kepada seksi koordinator wijk sebanyak 2.348 lembar, dan pada saat yang sama dibagikan juga kepada Ketua Naposo sebanyak 400 lembar amplop.

Adapun susunan Panitia Pesta Gotilon HKB Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi tahun 2021 adalah sebagai berikut : Penanggungjawab Pdt Edward Aritonang, S.Th, Penasehat Pdt Renti S Naibaho, S.Th, Gr M Simangunsong, Prof Dr Dompak Napitupulu, M.Sc dan Liphan Pasaribu, SH.

Ketua St J Manurung, S.Pd, Ketua I St Dr AO Purba, Ketua II St RHS Siregar, SH, Sekretaris St J Munthe, S.Pd, Bendahara St BG Aritonang, ST, seksi - seksi lainnya dan Naposo HKBP Jambi.

Sementara konsumsi Panitia Pesta Gotilon HKBP Jambi pada hari Minggu 10 Oktober 2021 ditanggung oleh seorang hambah Tuhan yang tidak mau disebut namanya dengan perincian sarapan pagi 75 kotak, makan siang 100 kotak dan untuk malam 75 kotak.

Merekapun makan bersama doa disampaikan oleh Pdt Renti S Naibaho, S.Th dan doa penutup oleh Pdt Edward Aritonang, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Jambi. 

Namun sebelum doa disampaikan, Pdt Edward Aritonang, S.Th terlebih dahulu mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Pdt Renti S Naibaho, S.Th dengan spontan semua peserta turut juga mengucapkan ungkapan  yang sama Selamat Ulang Tahun. 

Kiranya Pesta Gotilon HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi di tengah - tengah Pandemi Covid- 19 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Oktober 2021 dapat berjalan dengan sukses dan menjadi kemuliaan bagi nama Tuhan. (MH - Fendi Sinabutar).













Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar