Home » » Olly Dondokambey Buka Konas Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak PGI Di Tapanuli Utara

Olly Dondokambey Buka Konas Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak PGI Di Tapanuli Utara

Written By MAJALAH HOLONG ONLINE on Selasa, 02 November 2021 | November 02, 2021

Ketua FK-PKB PGI Olly Dondokambey yang juga Gubernur Provinsi Sulawesi Utara saat memberikan kata sambutan.

Jambi, MH - Konsultasi Nasional (Konas) Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa (FK-PKB) Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) dibuka Ketua FK-PKB PGI Olly Dondokambey, di Kompleks Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumut, Selasa (2/11/2021), kegiatan ini berlangsung 2-4 November 2021. 

Pada kesempatan itu, sosok Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini bersyukur dapat menyelenggarakan Konsultasi Nasional (KONAS) ke-14.

“Kita bersyukur, masih dalam kondisi Pandemi Covid- 19, boleh menyatu dalam pelaksanaan agenda strategis FK PKB PGI yang dipusatkan di Tarutung, yang bertujuan memperkuat peran kaum bapak PGI dan menyelaraskan langkah kedepan, termasuk dalam menyikapi dinamika yang terjadi,” kata Olly.

Olly Dondokambey juga mengapresiasi tekad dan komitmen semua peserta yang tidak surut dalam kondisi apapun.

“Mampu menunjukan persatuan dan hadir dalam KONAS tersebut, meskipun sebagian harus lewat daring,” tuturnya.

Pandemi covid- 19 kata Olly, sudah mengakibatkan begitu banyak perubahan dalam seluruh aspek kehidupan dan dipaksa untuk memasuki era baru, dengan kebiasaan - kebiasaan yang baru.

“Kita dituntut dapat menyesuaikan diri dengan cepat. Sebagai kaum bapak, kita harus siap menghadapi perubahan - perubahan yang sudah dan akan terjadi. Peran kita harus selalu nampak, utamanya peran bapak sebagai imam yang memimpin anggota keluarganya ke dalam kehidupan yang penuh dengan cinta kasih seperti yang sudah Yesus teladani,” tuturnya.

Menurut Olly Dondokambey, konsultasi Nasional itu sangatlah penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Karena korelasinya, jika keluarga kuat, Negara pasti kuat,” sebut Olly.

Olly mengatakan, dalam mengimplementasikan program dalam upaya responsif dan adaptif di era sekarang ini dan untuk eksistensi peran kaum bapak. Mengharuskan senantiasa hadir persatuan satu sama lain sekalipun berlatar belakang perbedaan.

Olly mengutip Pepatah Tanah Batak "IKKON SADA DO SONGON DAI NI AEK UNANG MARDUA SONGON DAI NI TUAK". Artinya, setiap orang harus mempunyai rasa persatuan yang tinggi, meskipun hidup di dalam berbagai perbedaan pandangan dengan orang lain, ujarnya.

Olly mengajak peserta Konas bersatu dalam menjalankan Visi Misi PKB PGI dan bersatu dalam memberi dukungan terhadap pembangunan bangsa, serta pensolusian terhadap permasalahan yang sedang terjadi.

“Kita memang berasal dari daerah yang berbeda, pendidikan berbeda, tapi harus bersatu. Kemudian, bersatu dalam menjalankan Visi Misi PKB PGI,” ujarnya.

Para peserta Konas juga diajak bersama - sama pemerintah dan gereja bersinergi dalam upaya pembangunan bangsa.

“Mengakhiri pandemi yang dilaksanakan melalui kegiatan vaksinasi. Disamping itu, berjuang membangkitkan sektor ekonomi dan pembangunan yang sempat terdampak Pandemi Cociv-19,” pinta Olly.

Olly berujar, sekarang perekonomian di daerah - daerah Indonesia sudah semakin membaik. Hal ini dikatakannya karena adanya persatuan.

Olly mencontohkan Provinsi Sulawesi Utara yang dia pimpin. Ya, pada triwulan II Tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara sebesar 8,49%. Dari yang biasanya hanya 4 persen.

“Kondisi semakin membaik itu adalah karena persatuan. Sehingga kedepan merupakan harga mati dan tidak bisa ditawar - tawar lagi, persatuan harus tetap terjaga,” tukasnya.

Olly juga berterima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan selaku Ketua Panitia Konas bersama tim yang sudah bekerja keras dan memberi dukungan penuh.

“Apresiasi setinggi - tingginya kepada pengurus Sinode HKBP yang sudah menjadi tuan rumah. Semoga kegiatan ini melahirkan semangat "si tou timou tu mou tou", yang artinya semangat saling memanusiakan sesama manusia. 

Bagi kita semua, dapat membekali kita hingga semakin survive dan bijak dalam beradaptasi dalam perubahan - perubahan di tengah kehidupan bermasyarakat,” tandasnya.

Konas sendiri menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya, Menkumham RI Yasonna Laoly dan Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, melalui virtual.

Sementara Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dan Ketua PGI Pdt Gomar Gultom, M.Th menyampaikan langsung pada forum Konas.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Tapanuli Utara Nikson Nababan mengaku bangga pihaknya bisa dipercayakan sebagai tuan rumah Konsultasi Nasional Forum Komunikasi Pria Kaum Bapa Persatuan Gereja - gereja Indonesia.

“Terima kasih dan suatu kehormatan bagi kami. Kiranya Konas FK PKB PGI menjadi tempat sharing dan refleksi iman kaum bapak. Forum ini dapat juga dijadikan sebagai wadah mendiskusikan bagaimana teknik pendekatan agar pelayanan gereja dapat mengajak kaum bapak sungguh - sungguh aktif bergereja,” kata Nikson Nababan.

Menurutnya, kaum bapak juga harus mampu mengarahkan generasi muda gereja untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. “Artinya dapat membawa Indonesia menjadi Negara maju,” pungkasnya.

Turut hadir Ketua Sinode GMIM Pdt. Dr. Hein Arina, Bupati Minahasa Roy Octavian Roring , Wali Kota Bitung Maurits Mantiri serta Bupati Sangihe Jabes Gaghana. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Majalah Holong | | Copyright © 2018. Majalah Holong -Media Komunitas Majalah Holong