Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Perayaan Natal Diakonia Sosial HKBP Distrik XXV Jambi Bersama Komunitas Pemulung Kota Jambi

Poto bersama dengan Panitia, gedung Sopo Godang Jubileum HKBP Jambi Senin, 13 Desember 2021. (Poto, MH - Fendi Sinabutar). 
  
Jambi, MH –
 Perayaan Natal merupakan agenda setiap tahun, bagi umat Kristiani di seluruh penjuru dunia. Peristiwa istimewa ini mengingatkan kita akan kelahiran juru selamat manusia Tuhan Yesus Kristus. Natal adalah sebuah empati Allah yang teramat dalam yang tidak dapat dituliskan dengan kata.

Natal merupakan solidaritas Allah kepada dunia dan umat manusia, melalui Yesus Kristus yang lahir, sekaligus menunjukkan kepada orang yang percaya, bahwa Dia sang penebus dosa, lahir di kandang domba yang sederhana.

Kelahirannya sering dikatakan di tempat yang hina, namun dalam perjalanan umat Kristen pada saat sekarang, telah memaknai lahirnya sang penebus dosa juru selamat manusia Tuhan Yesus Kristus, di dalam hati bagi orang yang percaya kepadaNya.

Perayaan Natal Diakonia Sosial HKBP Distrik XXV Jambi Bersama Komunitas Pemulung Kota Jambi dilaksanakan di gedung Sopo Godang Jubileum HKBP Jambi Senin, 13 Desember 2021 dengan Tema : "Gabe Parasiroha Ma Hamu, Songaon Amamuna Parasi Roha i". (Lukas 6, 36). Sub Tema : "HKBP Distrik XXV Jambi Hobas Masiurupan".

Acara diawali dengan barisan prosesi para Pendeta, Bibelvro, Diakonis dan Panitia memasuki ruangan. Selanjutnya Ibadah Perayaan Natal yang dipimpin Pdt Hardy Lumbantobing, S.Th, Praeses HKBP XXV Jambi, liturgis disampaikan Pdt Edward Aritonang, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Jambi Ressort Jambi dan Pdt Tumpal Simamora, M.Th Pimpinan Jemaat HKBP Syalom Jambi Ressort Alam Barajo.

Pdt Hardy Lumbantobing, S.Th mengambil Naats dari Lukas 3, 36 yaitu Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. Dalam kotbahnya Pendeta menjabarkan ada 4 ciri orang yang bermurah hati yaitu: 1. Galau melihat situasi yang ada, 2. Bermurah hati, dari hati kita timbul rasa peduli, 3. Bergeraklah untuk membantu dengan tulus iklas dan 4. Sudah terbebas yang artinya tidak membedakan antara yang satu dengan yang lain.

Dikatakan Pendeta bahwa orang yang bermurah hati adalah orang yang peduli terhadap penderitaan  orang lain. Untuk Pdt Hardy Lumbantobing, S.Th mengapresiasi Panitia yang dapat membuat acara Perayaan Natal ini dengan berbagi kepada Bapa/Ibu Komunitas Pemulung Kota Jambi, memberikan bingkisan Natal berbentuk sembako.

Selanjutnya Pdt Hardy Lumbantobing, S.Th memberikan semangat dan motivasi kepada mereka yang kehidupannya dari hasil jerih payah mengais rejeki memulung barang bekas, apapun pekerjaan yang kita lakukan senantiasa mengucap syukur dalam segala hal.

Pdt Hardy Lumbantobing, S.Th menyatakan kepada panitia bahwa tahun depan kita akan mengadakan Perayaan Natal di Rumah Tahanan (Rutan), karena Gereja harus hadir di setiap komunitas, ungkapnya.

Ketua Panitia Perayaan Natal Diakonia Sosial HKBP Distrik XXV Jambi Bersama Komunitas Pemulung Kota Jambi Ir Daulat Sitorus mengucapkan terima kasih kepada Amang/Inang Pendeta, Inang Biblevro dan Inang Diakonis atas kedatangannya dalam acara Perayaan Natal ini, sekaligus memimpin Ibadah.

Ir Daulat Sitorus mengucapkan selamat datang kepada Bapa/Ibu komunitas pemulung Kota Jambi, sebanarnya kami dari Panitia merasa risih untuk mengucapkan pekerjaan sebagai pemulung. Namun kami yakin bahwa pekerjaan yang Bapak/Ibu lakukan adalah Halal dan baik meskipun harus berurusan dengan sampah.

Dikatannya bahwa apabila dipandang secara cermat, pemulung sebenarnya berkontribusi positif terhadap lingkungan sebab Bapa/Ibu adalah pihak yang turut mendukung program pengolahan sampah atau barang bekas menjadi barang layak pakai.

Selanjutnya Ir Daulat Sitorus mengajak Bapa/Ibu untuk diskusi bersama tentang beberapa hal antara lain bagaimana Bapak/Ibu ikut di dalam bantuan program pemerintah antara lain Progrm Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan lain sebagainya.

Dituturkannya kami panitia menyerahkan bantuan sosial berbentuk sembako sebagai bingkisan Natal kami dan uang tunai sebagai pengganti beli bensin sebesar Rp 50.000,- kepada Bapak/Ibu, harapan kami kiranya Bapa/Ibu senang menerimanya. 

Ketika makan bersama mereka dihibur penyanyi artis Batak Jambi Tony Siahaan, Masta br Simarmata dan Nagabe Voice, mereka menyanyikan lagu - lagu pujian dan lagu - lagu hits Batak, suasana meriah dan dapat mengantarkan mereka untuk menikmati makanan yang telah disediakan. Hadir juga Robinson Hutapea, S.Pd Ketua DPD  Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Provinsi Jambi dan Kepala SMA Negeri 6 Kota Jambi.

Dalam acara ini Panitia menyediakan bingkisan Natal sebanyak 120 paket adapun mereka yang dapat dari warga jemaat HKBP yang ada di Ressort Kota Jambi. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada mereka yang mewakili. 

Hal ini dilakukan Pdt Hardy Lumbantobing, S.Th, Pdt Edward Aritonang, S.Th, Ir Jokas Siburian, Pengurus Training Distrik Center Liphan Pasaribu, SH, Pengurus Sopo Diakonia Roida Pane diwakilkan, PPD Ny St O Sirait boru Simbolon dan Ketua Panitia Ir Daulat Sitorus yang juga Ketua Diakonia Kemasyarakatan.

Acarapun berakhir dengan penuh suka cita dan tak lupa mereka poto bersama, biarlah Tuhan senantiasa menyertai di dalam setiap kehidupan mereka pribadi lepas pribadi. (MH - Fendi Sinabutar).





































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar