Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Wapres RI Ma'ruf Amin Kunker Ke Sumatera Utara Mampir Ngopi Di Pinggir Danau Toba

Saat Wapres RI Prof DR (HC) KH Ma'ruf Amin menikmati Kopi di Kedai BKaro Jalan Haranggaol No: 4 Kelurahan Tiga Raja Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara dipinggiran Dana Toba.

Jambi, MH -  Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bertolak ke Sumatera Utara (Sumut) untuk kunjungan kerja (kunker). Di sela - sela rangkaian kunjungan kerja, Ma'ruf Amin mampir ke kedai kopi BKaro di pinggir Danau Toba.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/2021), kedai kopi yang didatangi Ma'ruf Amin terletak di Jalan Haranggaol No: 14 Kelurahan Tiga Raja Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun. Ma'ruf pun berbincang dengan warga dan awak media yang ikut dalam rombongan.

Wapres Ma'ruf Amin  mengenang aktivitasnya yang dahulu sering ia lakukan yaitu meminum kopi. Dikatakan mantan Ketua MUI ini bahwa dia suka semua jenis kopi.

"Peminum kopi, kalau sudah minum kopinya bisa satu mug besar. Setelah itu saya berhenti tahun 1993. Pokoknya semua jenis kopi suka. Arabica, robusta," kenang Ma'ruf Amin.

Pada kesempatan ini pemilik kedai kopi Bkaro generasi ketiga, Numput Ginting, turut menceritakan karakteristik kopi yang ditawarkan di kedainya. Tak lupa ia juga menunjukkan foto ayahnya yang terpajang di dinding kedai.

"Di sini nggak ada kopi modern. Kopi susu, kopi pahit tanpa gula, kopi manis dan es," kata Ginting. Lebih lanjut dikatakan Ginting bahwa sebelum Pandemi Covid- 19, banyak wisatawan manca negara mampir ke kedai kopinya. Namun setelah Pandemi Covid- 19, keadaan berubah.

Karenanya, ia berharap keadaan dapat membaik, sehingga kondisi perdagangan dan pariwisata di kawasan Danau Toba dapat pulih kembali. "Semoga situasi cepat membaik biar semua normal," harap Numput Ginting.

Menanggapi hal tersebut, Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk mengendalikan Pandemi Covid- 19 beserta dampaknya di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Ma'ruf menyebut, kerja sama seluruh pihak dan masyarakat pun sangat diharapkan.

"Kita memang lagi mengembalikan suasana supaya lebih baik lagi. Membangun komunitas supaya bisa normal kembali," jelas Ma'ruf Amin.

Dalam perbincangan itu, Ma'ruf juga memberikan kiat - kiat dalam menjalankan hidup sehat. Selain menjaga makan, ungkap Ma'ruf, berolahraga juga penting untuk menjaga stamina tubuh.

"Makan yang dijaga sama olahraga, tambah puasa," ungkap Ma'ruf memberikan kiatnya. "Tiap hari saya olahraga, sepeda statis, olahraga hidro. Dan juga jalan, jogging," pungkasnya.

Usai menikmati kopi di kedai tersebut, sebelum memasuki kendaraan rangkaian, Ma'ruf menyapa masyarakat yang telah menanti di depan kedai. "Sehat - sehat semua ya," sapa Ma'ruf Amin.

Sebagai informasi, BKaro merupakan singkatan dari Batak Karo yang menandakan jati diri dari pendiri kedai, Jerjak Ginting. Saat ini, kedai dikelola oleh generasi ketiga dari keluarga Ginting, bernama Numput Ginting.

Kedai ini merupakan kedai kopi tertua yang ada di Kelurahan Girsang Sipangan Bolon. Bangunan kedai merupakan bangunan asli sejak didirikan pada tahun 1937 dan tidak mengalami perubahan sesuai autentikasinya. 

Salah satu menu andalan yang ditawarkan di kedai ini adalah Kopi Robusta disamping menu minuman dan makanan lainnya yang juga diminati oleh pelanggan(Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar