Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Johanes Simarmata, SH Persunting Juliana Br Sitohang, AM. Keb

Ke dua mempelai pengantin Johanes Simarmata, SH dan Juliana br Sitohang, AM. Keb Jum'at 14 Januari 2022 di Gedung Puri Gracia Raissa Kota Baru Jambi. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

JAMBI, MH - "Ya Tuhan,………. Kalau kami boleh bertemu itu karena rencana Mu, kalau kami boleh melangkah dan tumbuh bersama itu karena pertolongan Mu, kalau kami boleh menata hati bersama, membangun kasih dalam suka dan duka itu semua karena kasih Mu, kalau kami akhirnya tiba di lembaran awal hidup baru, itu semua karena petunjuk Mu, oleh karena itu ke dalam tangan pengasihan Mu kami persembahkan niat suci ini, kiranya rumah tangga kami Engkau berkati dari sekarang sampai selama - lamanya."

Untaian doa di atas menjadi awal kebersamaan untuk merajut sebuah mahligai rumah tangga, antara Johanes Simarmata, SH yang sehari-hari bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat  dengan Juliana br Sitohang, AM. Keb.

Mereka berkeyakinan kalau membangun masa depan berdua dalam ikatan kasih yang abadi dan suci, itu terjadi semua karena Anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan penuh keyakinan dan kesepakatan bersama, mereka berdua pun membangun sebuah mahligai rumah tangga dalam ikatan pernikahan kudus dan akan menjaga kesakralan pernikahan dengan menyandarkan hidup pada ajaran Tuhan Yesus Kristus. Merekapun mengucapkan terimah kasih kepada Tuhan yang telah membuat segala sesuatu, “Indah Pada Waktunya”.

Mempelai pria Johanes Simarmata, SH  merupakan putra  dari Keluarga Op. Zepanya Felix Simarmata dan Op. Zepanya Boru br Sigiro dari Perumahan Masurai 5 Blok BB 004 Jl Swadaya Raya Kota Jambi Provinsi Jambi. 

Sedangkan mempelai wanita  Juliana br Sitohang, AM. Keb. merupakan putri dari keluarga LB. Sitohang dan R. br. Sinaga (+) / J. br. Nainggolan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.
 
Peneguhan dan Pemberkatan Perkawinan ke dua mempelai dilaksanakan di Gereja HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi pada hari Jum'at,  14 Januari 2022, yang langsung dipimpin Pdt Renti br. Naibaho, S.Th. Sementara song leader oleh J. Silalahi, Organis diperankan oleh Diny Cecilia br. Sinabutar dan Pianis oleh Iren br. Simanungkalit.

Untuk bimbingan kerohanian kepada ke dua mempelai, Pdt. Renti br. Naibaho, S.Th   mengambil Naats dari Firman Tuhan Klose 3, 14. "Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan".

Sebelumnya ke dua mempelai pengantin mengadakan Martumpol (perjanjian hendak menikah) 17 Desember 2021 di Gereja HKBP Muara Tembesi Resort Batanghari Distrik XXV Jambi yang dipimpin Pdt. Humiras Sibarani, S.Th.

Acara pemberkatan pernikahan ke dua mempelai dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan, sebelum masuk ke dalam gereja semua jemaat terlebih dahulu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengukur suhu badan dan memakai masker.  

Pdt. Renti br. Naibaho, S.Th selaku pelayan firman  dalam peneguhan dan pemberkatan perkawinan ini mengajak ke dua mempelai untuk mengucapkan janji perkawinan. Pdt Renti br. Naibaho, S.Th mengatakan  sekarang di hadapan Allah dan Jemaat-Nya saudara berdua memutuskan untuk hidup sebagai suami istri beriman, guna mewujudkan rumah tangga Kristiani dalam terang kasih karunia Yesus Kristus, maka kami mengundang saudara berdua saling mngucapkan janji setia.

Janji tersebutpun ke dua mempelai mengucapkan secara bergantian yang di pandu oleh Pdt Renti br. Naibaho, S.Th. Saling mengasihi, dalam suka dan duka ke dua mempelai tetap setia bersama.

Setelah mereka berdua mengucapkan janji pernikahan dihadapan ke dua orang tua dan  jemaat dilanjutkan dengan pemasangan cincin nikah. Pengantin pria menyematkan cincin tersebut ke jari manis  penganti wanita dan sebaliknya pengantin wanita menyematkan cincin tersebut ke jari manis pengantin pria, cincin ini  melambangkan  cinta kasih dan kesetiaan.

Setelah acara pemberkatan nikah  ke dua mempelai, menerima ucapan "Selamat Menempuh Hidup Baru, semoga tetap langgeng, hidup rukun, damai dan Tuhan memberkati" dari semua pelayan gereja HKBP Jambi, Resort Jambi Distrik XXV Jambi.

Selanjutnya ke dua mempelai bersama keluarga besar berdiri di depan, seluruh undangan yang hadir dalam pemberkatan ini mereka secara bergantian menyalami sekaligus mengucapkan "Selamat Menempuh Hidup Baru", kiranya menjadi keluarga yang hidup rukun dan damai dan Tuhan memberkati,....... Amin. Diringi dengan lagu, "Sai Tiur ma Langka mun".

Kedua mempelai Johanes Simarmata, SH dengan Juliana br Sitohang, AM. Keb, diselimuti kebahagiaan setelah mereka resmi mendapatkan Pemberkatan Pernikahan Kudus dalam membentuk keluarga baru.

Acara selanjutnya ke dua pengantin didampingi orang tua, keluarga dan undangan berangkat menuju gedung Puri Gracia Raissa Kota Baru Jambi, untuk melanjutkan acara Pesta Unjuk sesuai dengan adat Budaya Batak. 

Karena suasana masih Pandemi Covid- 19, sebelum para undangan masuk ke dalam gedung terlebih dahulu mereka mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, petugas gedung mengukur suhu badan setiap undangan dan tetap pakai masker. Hal ini dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid- 19.

Sebelum ulaon adat di mulai, pihak Hula - hula dan Tulang  ke dua belah pihak (pihak paranak dan pihak parboru) ketika memasuki ruangan mereka disambut dengan tarian tortor yang diiringi Musik JKR Pimpinan H Sibarani, SE / br Manullang.

Pihak paranak somba (hormat) marhula - hula menyampaikan "Tudu - tudu Sipanganon" dan pihak parboru dapat mengayomi pihak paranak memberikan "Dengke simudur - udur". Dilanjutkan dengan doa makan bersama oleh Op Boni Simarmata / br. Sirait.

Setelah selesai makan bersama dilanjutkan dengan pembagian “Jambar”. Dan semuanya dapat jambar sesuai dengan posisinya masing - masing dalam ulaon (pesta) ini. Konsumsi untuk makan bersama disediakan oleh "SAHATA Chatering".

Acarapun dilanjutkan dengan manjalo tumpak (sumbangan kasih) sian punguan - punguan marga maupun dongan sahuta, ale - ale dan dari Ormas PAC Pemuda Batak Bersatu se Kabupaten Tanjung Jabung Barat, DPC Pemuda Batak Bersatu Tanjung Jabung Barat dan DPD Pemuda Batak Bersatu Provinsi Jambi.

Ketika acara ini berlangsung lagu - lagu lawas Batak berkumandang yang dinyanyikan Trio JKR Musik, terlihat suasana sangat meriah mereka manortor dan berjoget sembari berjalan menuju pengantin dan keluarga untuk memberikan sumbangan kasih (tumpak).

Selanjutnya acara Adat, dalam hal inilah peranan “Parsinabung” (Raja Parhata) ke dua belah pihak, untuk mengatur jalannya acara, kelihatan dengan lihainya Raja Parhata ke dua belah pihak  memberikan kata - kata umpasa yang pada  intinya tetap bermuara kepada ajaran Tuhan Yesus Kristus. 

Parsinabung dari pihak Paranak diperankan oleh Op. Hotland Simarmata/br. Sinurat (+) dan Op. Christine Simarmata/br. Sihaloho, sementara protokol oleh Ap. Debora Simarmata/br. Sitompul. Dan pihak parboru oleh marga Sitohang. 
 
Acara selanjutnya pemberian ulos kepada pihak paranak. Diawali dengan "Ulos Pansamot" orang tua pengantin wanita menyematkan  kepada orang tua pengantin pria sebagai pertanda untuk memulai partuturon sembari untuk mempererat hubungan kekeluargaan.

Selanjutnya dilakukan prosesi penyerahan "Ulos Hela" yang berlangsung hikmat, suasana haru dan penuh bahagiapun terlihat  ketika ulos disematkan kepada ke dua mempelai, lagu "Borhat Ma Dainang"  berkumandang pertanda melepaskan Juliana br. Sitohang, AM. Keb dari keluarga Sitohang  kepada keluarga Simarmata.

Sarung (mandar) pun disematkan sebagai lambang kesiapan Johanes Simarmata, SH menjadi "Parhobas" di ulaon keluarga Sitohang. Selanjutnya pihak Parboru berturut - turut menyematkan ulos kepada pihak Paranak sebagai ulos herbang dan ulos todoan. 

Pelaksanaan Adat Dalihan Na Tolu dalam Pesta Unjuk ini berjalan secara harmonis, horong Hula-hula dan Tulang  dari ke dua belah pihak secara bergantian menyematkan ulos kepada ke dua pengantin sebagai "Ulos Holong".

Acara adat Budaya Batak berjalan dengan lancar dan teratur tidak ada sesuatu yang kurang, didukung dengan cuaca yang cerah. Acarapun berakhir ketika dibagikan olop - olop dan di tutup dengan doa.
 
Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online Mengucapkan Selamat Menempuh Hidup Baru kepada ke dua mempelai, semoga menjadi keluarga yang hidup rukun dan damai dan Tuhan memberkati,,,,,,, Amin. (MH - Fendi Sinabutar).

JAMBI, MH - "Ya Tuhan,………. Kalau kami boleh bertemu itu karena rencana Mu, kalau kami boleh melangkah dan tumbuh bersama itu karena pertolongan Mu, kalau kami boleh menata hati bersama, membangun kasih dalam suka dan duka itu semua karena kasih Mu, kalau kami akhirnya tiba di lembaran awal hidup baru, itu semua karena petunjuk Mu, oleh karena itu ke dalam tangan pengasihan Mu kami persembahkan niat suci ini, kiranya rumah tangga kami Engkau berkati dari sekarang sampai selama - lamanya."

Untaian doa di atas menjadi awal kebersamaan untuk merajut sebuah mahligai rumah tangga, antara Johanes Simarmata, SH yang juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kejaksaan Negeri Tanjung Jabung Barat dengan Juliana br Sitohang, AM. Keb.Mereka berkeyakinan kalau membangun masa depan berdua dalam ikatan kasih yang abadi dan suci, itu terjadi semua karena Anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
Dengan penuh keyakinan dan kesepakatan bersama, mereka berdua pun membangun sebuah mahligai rumah tangga dalam ikatan Pernikahan Kudus dan akan menjaga kesakralan pernikahan dengan menyandarkan hidup pada ajaran Tuhan Yesus Kristus. Merekapun mengucapkan terimah kasih kepada Tuhan yang telah membuat segala sesuatu, “Indah Pada Waktunya”.
Untaian doa di atas menjadi awal kebersamaan untuk merajut sebuah mahligai rumah tangga, antara Reki Susanto Nadapdap, SE  dengan dr. Dwi Rut Rahayuning Asih Budi br Manurung, M.Kes. 

Mereka berkeyakinan kalau membangun masa depan berdua dalam ikatan kasih yang abadi dan suci, itu terjadi semua karena Anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan penuh keyakinan dan kesepakatan bersama, mereka berdua pun membangun sebuah mahligai rumah tangga dalam ikatan pernikahan kudus dan akan menjaga kesakralan pernikahan dengan menyandarkan hidup pada ajaran Tuhan Yesus Kristus. Merekapun mengucapkan terimah kasih kepada Tuhan yang telah membuat segala sesuatu, “Indah Pada Waktunya”.

Mempelai pria Johanes Simarmata, SH  merupakan putra  dari Keluarga Op Zepanya Felix Simarmata dan Op Boru br Sigiro dari Perumahan Masurai 5 Blok BB 004 Jl Swadaya Raya Kota Jambi Provinsi Jambi. Sedangkan mempelai wanita  Juliana br Sitohang, AM. Keb. merupaakan putri dari keluarga LB Sitohang dan R. br. Sinaga (+) / J. br. Nainggolan.
 
Peneguhan dan Pemberkatan Perkawinan ke dua mempelai dilaksanakan di Gereja HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi pada hari Jum'at,  14 Januari 2022, yang langsung dipimpin Pdt Renti br. Naibaho, S.Th. Sementara song leader oleh J. Silalahi, Organis diperankan oleh Diny Cecilia br. Sinabutar dan Pionis oleh Iren br. Simanungkalit.

Untuk bimbingan kerohanian kepada ke dua mempelai, Pdt. Renti br. Naibaho, S.Th   mengambil Naats dari Firman Tuhan Klose 3, 14. "Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan".

Sebelumnya ke dua mempelai pengantin mengadakan Martumpol (perjanjian hendak menikah) 17 Desember 2021 di Gereja HKBP Muara Tembesi Resort Batanghari Distrik XXV Jambi yang dipimpin Pdt. Humiras Sibarani, S.Th.

Acara pemberkatan pernikahan ke dua mempelai dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan, sebelum masuk ke dalam gereja semua jemaat terlebih dahulu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, mengukur suhu badan dan memakai masker.    

Pdt. Renti br. Naibaho, S.Th selaku pelayan firman  dalam peneguhan dan pemberkatan perkawinan ini mengajak ke dua mempelai untuk mengucapkan janji perkawinan. Pdt Renti br. Naibaho, S.Th mengatakan  sekarang di hadapan Allah dan Jemaat-Nya saudara berdua memutuskan untuk hidup sebagai suami istri beriman, guna mewujudkan rumah tangga Kristiani dalam terang kasih karunia Yesus Kristus, maka kami mengundang saudara berdua saling mngucapkan janji setia.

Janji tersebutpun ke dua mempelai mengucapkan secara bergantian yang di pandu oleh Pdt Renti br. Naibaho, S.Th. Saling mengasihi, dalam suka dan duka ke dua mempelai tetap setia bersama.

Setelah mereka berdua mengucapkan janji pernikahan dihadapan ke dua orang tua dan  jemaat dilanjutkan dengan pemasangan cincin nikah. Pengantin pria menyematkan cincin tersebut ke jari manis  penganti wanita dan sebaliknya pengantin wanita menyematkan cincin tersebut ke jari manis pengantin pria, cincin ini  melambangkan  cinta kasih dan kesetiaan.

Setelah acara pemberkatan nikah  ke dua mempelai, menerima ucapan "Selamat Menempuh Hidup Baru, semoga tetap langgeng, hidup rukun, damai dan Tuhan memberkati" dari semua pelayan gereja HKBP Jambi, Resort Jambi Distrik XXV Jambi.

Selanjutnya ke dua mempelai bersama keluarga besar berdiri di depan, seluruh undangan yang hadir dalam pemberkatan ini mereka secara bergantian menyalami sekaligus mengucapkan "Selamat Menempuh Hidup Baru", kiranya menjadi keluarga yang hidup rukun dan damai dan Tuhan memberkati,....... Amin. Diringi dengan lagu, "Sai Tiur ma Langka muna".

Kedua mempelai Johanes Simarmata, SH dengan Juliana br Sitohang, AM. Keb, diselimuti kebahagiaan setelah mereka resmi mendapatkan Pemberkatan Pernikahan Kudus dalam membentuk keluarga baru.

Acara selanjutnya ke dua pengantin didampingi orang tua, keluarga dan undangan berangkat menuju gedung Puri Gracia Raissa Kota Baru Jambi, untuk melanjutkan acara Pesta Unjuk sesuai dengan adat Budaya Batak. 

Karena suasana masih Pandemi Covid- 19, sebelum para undangan masuk ke dalam gedung terlebih dahulu mereka mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, petugas gedung mengukur suhu badan setiap undangan dan tetap pakai masker. Hal ini dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid- 19.

Sebelum ulaon adat di mulai, pihak Hula - hula dan Tulang  ke dua belah pihak (pihak paranak dan pihak parboru) ketika memasuki ruangan mereka disambut dengan tarian tortor yang diiringi Musik JKR Pimpinan H Sibarani, SE / br Manullang.

Pihak paranak somba (hormat) marhula - hula menyampaikan "Tudu - tudu Sipanganon" dan pihak parboru dapat mengayomi pihak paranak memberikan "Dengke simudur - udur". Dilanjutkan dengan doa makan bersama oleh Op Boni Simarmata / br. Sirait.

Setelah selesai makan bersama dilanjutkan dengan pembagian “Jambar”. Dan semuanya dapat jambar sesuai dengan posisinya masing - masing dalam ulaon (pesta) ini. Konsumsi untuk makan bersama disediakan oleh "SAHATA Chatering".

Acarapun dilanjutkan dengan manjalo tumpak sian punguan - punguan marga maupun dongan sahuta, ale - ale dan dari Ormas PAC Pemuda Batak Bersatu se Kabupaten Tanjung Jabung Barat, DPC Pemuda Batak Bersatu Tanjung Jabung Barat dan DPD Pemuda Batak Bersatu Provinsi Jambi.

Ketika acara ini berlangsung lagu - lagu lawas Batak berkumandang yang dinyanyikan Trio JKR Musik, terlihat suasana sangat meriah mereka manortor dan berjoget sembari berjalan menuju pengantin dan keluarga untuk memberikan tanda kasih (tumpak).

Selanjutnya acara Adat, dalam hal inilah peranan “Parsinabung” (Raja Parhata) ke dua belah pihak, untuk mengatur jalannya acara, kelihatan dengan lihainya Raja Parhata ke dua belah pihak  memberikan kata - kata umpasa yang pada  intinya tetap bermuara kepada ajaran Tuhan Yesus Kristus. 

Parsinabung dari pihak Paranak diperankan oleh Op. Hotland Simarmata/br. Sinurat (+) dan Op. Christine Simarmata/br. Sihaloho, sementara protokol oleh Ap. Debora Simarmata/br. Sitompul. Dan pihak parboru oleh marga Sitohang. 
 
Acara selanjutnya pemberian ulos kepada pihak paranak. Diawali dengan "Ulos Pansamot" orang tua pengantin wanita menyematkan  kepada orang tua pengantin pria sebagai pertanda untuk memulai partuturon sembari untuk mempererat hubungan kekeluargaan.

Selanjutnya dilakukan prosesi penyerahan "Ulos Hela" yang berlangsung hikmat, suasana haru dan penuh bahagiapun terlihat  ketika ulos disematkan kepada ke dua mempelai, lagu "Borhat Ma Dainang"  berkumandang pertanda melepaskan Juliana br. Sitohang, AM. Keb dari keluarga Sitohang  kepada keluarga Simarmata.

Sarung (mandar) pun disematkan sebagai lambang kesiapan Johanes Simarmata, SH menjadi "Parhobas" di ulaon keluarga Sitohang. Selanjutnya pihak Parboru berturut - turut menyematkan ulos kepada pihak Paranak sebagai ulos herbang dan ulos todoan. 

Pelaksanaan Adat Dalihan Na Tolu dalam Pesta Unjuk ini berjalan secara harmonis, horong Hula-hula dan Tulang  dari ke dua belah pihak secara bergantian menyematkan ulos kepada ke dua pengantin sebagai "Ulos Holong".

Acara adat Budaya Batak berjalan dengan lancar dan teratur tidak ada sesuatu yang kurang, didukung dengan cuaca yang cerah. Acarapun berakhir ketika dibagikan olop - olop dan di tutup dengan doa.
 
Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online Mengucapkan "Selamat Menempuh Hidup Baru" kepada ke dua mempelai, semoga menjadi keluarga yang hidup rukun dan damai dan Tuhan memberkati,,,,,,, Amin. (MH - Fendi Sinabutar).

















































































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar