Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Pangdam II Sriwijaya Pimpin Pemakaman Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa

Saat pasukan membawa jenazah Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa.

JAMBI, MH -   Jenazah Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa, personel Satgas Kodim YR 408/SBH yang menjadi korban penembakan yang dilakukan gerombolan KST di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Thehok, Kota Jambi Provinsi Jambi Sabtu, 29 Januari 2022.

Kelompok yang di duga menewaskan 3 Prajurit termasuk Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Numbuk Telenggen.

Pemakaman dilakukan dengan upacara militer, dipimpin langsung oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi. Dan secara keagamaan dipimpin langsung Pdt. Marthin Sirait, S. Si. Teol yang sehari - hari melayani di Gereja HKBP Jambi Ressort Jambi Distrik XXV Jambi.

Dalam upacara militer Pangdam II Sriwijaya Mayjen Agus Suhardi menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa saat bertugas di Papua.

"Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa merupakan prajurit terbaik yang gugur pada saat menjalankan tugas menjaga keutuhan NKRI," ungkap Agus Suhardi.

Ditambahkan Agus, almarhum selama hidup merupakan prajurit yang mendarmabhaktikan dirinya untuk Nusa dan Bangsa, sehingga dedikasinya patut untuk dihargai.

Dikatakannya lagi, pemakaman di Taman Makam Pahlawan Satria Bhakti Kota Jambi dan disertai dengan upacara militer merupakan wujud penghargaan kepada Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa dari TNI Angkatan Darat, tuturnya.

"Kami atas nama Panglima TNI, Kepala Satuan Angkatan Darat dan jajaran Kodam II Sriwijaya turut berduka cita, semoga almarhum ditempatkan di tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa," ujar Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhadi.

Upacara pemakaman Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa juga diikuti Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, Kabinda Jambi Brigjen Pol Irawan David Syah, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Dandim 0415/Batanghari Jambi Kolonel CZI Sriyanto, serta pejabat di jajaran Korem 042/Garuda Putih dan Polda Jambi.

Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa merupakan putra kelahiran Jambi pada tanggal 08 Januari 1998 di Jl TP Sriwijaya Lorong Kejaon No : 10 Kelurahan Rawasari Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi Provinsi Jambi dari pasangan Tindas Barasa merupakan anggota TNI yang masih aktip dan bertugas di Ajenrem 042/Garuda Putih dan istri boru Siagian.

Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa masuk Secata pada tahun 2017 dan gugur pada tanggal 27 Januari 2022 pukul 05.30 WITA dengan jabatan terakhir Takipan Yonif Raider 408/SBH. (MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar