Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Besok Presiden RI Joko Widodo Resmikan Pelabuhan Penyeberangan Di Kawasan Danau Toba

Salah satu pelabuhan penyeberangan yang akan diresmikan.

JAMBI, MH  -
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan pelabuhan penyeberangan di kawasan pariwisata Danau Toba Provinsi Sumatera Utara. Rencananya, peresmian infrastruktur strategis tersebut akan diresmikan besok (Rabu, 2/2/2022). "Saya mengecek kondisi pelabuhan penyeberangan untuk memastikan pelabuhan ini telah siap untuk melayani konektivitas di wilayah Danau Toba dan sekitarnya, ujar Menhub. 

Dikatakan lebih lanjut ini, harus dipastikan bisa melayani dengan baik untuk mendukung kawasan strategis pariwisata Nasional yang tengah dikembangkan pemerintah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangan resmi, di Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Dalam rangka mendukung Kawasan Strategis Pariwisara Nasional (KSPN) Danau Toba, Kemenhub membangun sebanyak 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di 7 (tujuh) Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yaitu : 

Kabupaten Toba (4 Pelabuhan), Kab. Samosir (4 Pelabuhan), Kab. Simalungun (1 Pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 Pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 Pelabuhan), Kab. Karo (1 Pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 Pelabuhan).

Sementara sebanyak 7 (tujuh) pelabuhan penyeberangan sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan, tambah Menteri Perhubungan. 

Adapun pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Simanindo di Kab. Samosir, Pelabuhan Tigaras di Kab. Simalungun, Pelabuhan Muara di Kab. Tapanuli Utara, Pelabuhan Baktiraja di Kab. Humbang Hasundutan dan Pelabuhan Tongging di Kab. Karo.

"Sedangkan, pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Silalahi di Kab. Dairi, Pelabuhan  Ambarita, Pelabuhan Onan Runggu dan Pelabuhan Sipinggan di Kab. Samosir, Pelabuhan Sigapiton dan Porsea di Kab. Toba," urainya.

Menhub menjelaskan, pelabuhan - pelabuhan penyeberangan tersebut dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba. "Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya," ungkap Budi.

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan. 

Sebanyak empat kapal akan diresmikan yaitu dua unit bus air yaitu Asa - Asa dan Jurung - Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yaitu Kaldera Toba dan Pora - Pora. "Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan yaitu KMP Ihan Batak," tutur Budi. 

Selanjutnya Menhub meninjau tiga pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan Presiden Joko Widodo yakni: Ajibata, Simanindo dan Tigaras. Serta satu pelabuhan yang masih dalam pembangunan yakni Ambarita.

"Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya," pungkasnya. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar