Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Perkampungan Siraja Batak Di Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir Kini Ditumbuhi Semak Belukar

Butuh Perawatan Peninggalan bersejarah Perkampungan Siraja Batak di Sagala Huta Urat Kecamatan Sianjur Mulamula tampak kurang perawatan hingga ditumbuhi semak belukar.

JAMBI, MH -
Perkampungan Siraja Batak di Desa Sianjur Mulamula Dusun Huta Urat Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara butuh perawatan yang serius.

Perkampungan Siraja Batak tersebut dipercaya dan dianggap sebagai asal muasal orang Batak atau suku Batak, terlihat saat ini tidak terawat lagi hingga ditumbuhi semak belukar di seluruh area lokasinya.

Pada hal perkampungan Siraja Batak tersebut bukan hanya tempat bersejarah, tapi menjadi ikon pariwisata dimana dulunya lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara karena memiliki nilai historis budaya tersendiri.

Beberapa warga sekitar mengatakan, tempat bersejarah itu sebelumnya ramai dikunjungi wisatawan, namun akhir - akhir ini karena Perkampungan Siraja Batak Batak itu kurang terawat sehingga para wisatawan enggan masuk.

Masyarakat sekitar juga heran dan bertanya - tanya mengapa tempat bersejarah Perkampungan Siraja Batak tersebut hingga bertahun - tahun tidak dirawat lagi. 

Namun masyarakat sekitar terlihat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir memberikan perhatian khusus dan merawat tempat bersejarah Perkampungan Siraja Batak tersebut yang dipercaya sebagai asal muasal suku Batak. 

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Samosir, Tetti Naibaho, S.Sos ketika dikonfirmasi, terkait kurangnya perawatan peninggalan bersejarah Perkampungan Siraja Batak tersebut mengatakan bahwa tempat tersebut sudah diinventarisir.

Tetti Naibaho menambahkan saat ini timnya sedang bekerja menghitung apa saja yang harus dibenahi dan diperbaiki disana, lalu kita serahkan ke tim teknis untuk menghitung berapa dana yang dibutuhkan untuk itu, ujar Tetty. 

Harapan kita  Pemerintah Kabupaten Samosir yang dikomandoi Vandiko T Gultom dan Martua Sitanggang secepatnya memperhatikan Perkampungan Siraja Batak tersebut. 

Sehingga para wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi asal muasal orang Batak atau suku Batak tersebut, mengingat bahwa Kabupaten Samosir sebagai salah satu  Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar