Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

RITUAL "Hahomion Martua Omaoma Pagabe Taon" Kembali Digelar Di Silalahi Nabolak

Masyarakat adat Turpuk menggelar ritual Hahomion Martua Omaoma Pagabe Taon di Tugu Makam Raja Silahisabungan, Silalahi Na Bolak  Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/3/2022). 

JAMBI, MH - Masyarakat Adat Turpuk menggelar ritual "Hahomion Martua Omaoma Pagabe Taon" di Tugu Makam Raja Silahisabungan, Desa Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, Selasa 22/3/2022.


Menurut Bius 1, Leber Pintu Batu mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan pelimpahan rezeki dan kesehatan.


"Itu kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Raja Silahisabungan, agar perekenomian kita yang mungkin gagal panen dan hasil tangkapan laut yang sedikit, agar dijauhkan dari Kabupaten Dairi ini," ujarnya kepada wartawan.


Ritual tersebut dilaksanakan dengan cara mengarak kerbau jantan yang nantinya akan menjadi seserahan kepada Raja Silahisabungan. 


Setibanya di Tugu Makam Raja Silahisabungan, masyarakat setempat dari berbagai etnis agama, melakukan ritual berdoa agar apa yang mereka harapkan menjadi terkabul.


Selanjutnya, Kerbau yang sebelumnya dibawa mengelilingi kampung kemudian disembelih dan dagingnya dibagikan kepada seluruh masyarakat setempat.


Menurut Leber Pintu Batu, kegiatan ini sudah sempat vakum selama 20 tahun. Dirinya bersama para Raja Turpuk di Desa Silahisabungan, memohon kepada Pemerintah Kabupaten Dairi agar hal tersebut di atas dapat dilaksanakan.


"Sudah hampir 20 tahun kegiatan ini sudah tidak dilaksanakan. Maka dari itu, kami beserta para Raja Turpuk meminta kepada Pemerintah Kabupaten Dairi agar segera dilaksanakan. 


Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pak Bupati Kabupaten Dairi, yang sudah membantu kami menyelenggarakan kegiatan tersebut," tutupnya. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar