Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Sukacita Bersama Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna

Kiri : Op Gavra Sinabutar / Br Simbolon, Op Sando Sinabutar / Br Simarmata, Ir D Sinabutar / Br Simarmata dan Apa Diny Sinabutar / Br Simarmata, Gedung Asi Ni Roha II Kota Baru Jambi Minggu, 22 Mei 2022.

JAMBI, MH -  Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna mengadakan doa syukuran bersama di gedung Asi Ni Roha II Jl. Tembak Kota Jambi pada hari Minggu, 22 Mei 2022

Hal ini dilaksanakan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala pertolongan dan penyertaanNya anggota punguan ada dalam suasana sehat - sehat terlebih di dalam Pandemi Covid- 19.

Sukacita menyelimuti keberadaan mereka ketika bertemu satu dengan yang lainnya saling sapa, berjabat tangan, ngobrol bersama terkadang di antara mereka peluk cium pertanda kerinduan menyatu dalam pertemuan mereka. 

Betapa tidak selama dua tahun mereka tidak mengadakan Pesta Bona Taon ataupun arisan hal ini disebabkan Pandemi Covid- 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia dan Provinsi Jambi terkhusus Kota Jambi.

Untuk itu mereka mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada tahun ini penyebaran Pandemi Covid- 19 telah melandai dan pesta - pesta maupun ibadah di gereja - gereja telah terlaksana seperti biasanya, namun masih tetap mengacu kepada anjuran pemerintah "Protokol Kesehatan".

Pantauan Majalah Holong Online pengurus punguan maupun panitia pelaksana terlihat sibuk untuk mempersiapkan pelaksanaan, sekretaris punguan dan komisaris di depan pintu masuk gedung mendata anggota yang hadir.

Kiri : Ketua Apa Nanda Sinabutar / Br Rajagukguk, Wakil Ketua Apa Sando Sinabutar / Br Simarmata, Sekretaris Apa Via Sianturi / Br Sinabutar dan Bendahara Apa Yuli Simbolon / Br Pasaribu, Pengurus Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna periode tahun 2022 - 2025.

Doa syukuran Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna diawali dengan ibadah. Ibadah dipimpin langsung oleh Pnt Ny J Simbolon br Pasaribu (posisi dalam punguan sebagai bere) yang sehari - hari melayani di Gereja GPIB Marturia Jambi, mengambil Naats dari Mazmur 34: 5 - 7.

Sementara doa syafaat disampaikan oleh Ap Nanda Sinabutar / br Rajagukguk, Organis diperankan oleh Diny Cecilia br Sinabutar dan song leader Ny F Sinabutar br Simarmata dan Ny B Sinabutar br Simarmata. Berkumandang lagu - lagu pujian di ibadah ini.

Setelah selesai ibadah dilanjutkan dengan penarikan hadiah hiburan, semakin menarik dan meriah mereka tertuju kepada nomor - nomor yang dibeli, apakah mendapat keberuntungan dan tidak. 

Doa syukuran  ini mengambil Tema : "Dalam Kesesakan, Carilah Tuhan dan Berserulah KepadaNya. (Mazmur 34: 5 - 7) dan Sub Tema : "Dengan Mencari Dan Berseru Pada Tuhan, Maka Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna Akan Kuat Menghadapi Berbagai Hal".

Pnt Ny J Simbolon br Pasaribu saat menyampaikan kotbah.

Selanjutnya mereka makan bersama, selama makan Sabas Musik pimpinan Sihaloho menyanyikan lagu - lagu lawas Batak, sembari makan mereka  dapat menikmati makanan dan lagu -lagu lawas Batak terkhusus ketika dinyanyikan lagu 'Tangian Ni Dainang".

Acarapun dilanjutkan, sebelum panortoran dimulai terlebih dahulu diadakan barisan prosesi, pengurus harian dan penasehat beriringan jalan ke depan gedung dengan membawa banner bertuliskan Pomparan Raja Silahisabungan "Butar Raja"  pihak boru, bere dan ibebere manomu - nomu, diiringi lagu Raja Silahisabungan ciptaan H. Tambunan, S.Pd dan Alm. D. Tambunan.

Suasana haru dan penuh sukacita menyatu di antara mereka, selanjutnya seremoni "Manjalo Tua Ni Gondang", hal ini dipimpin langsung oleh F. Sinabutar / br Simarmata. Setelah selesai manjalo tua ni gondang acarapun dilanjutkan dengan manortor pengurus ni punguan sekaligus pertanggungjawaban keuangan.

Ketika acara manortor paling meriah dan semarak, mereka berjoget bersama sambil merogoh kantongnya untuk memberikan saweran. Lagu - lagu hits Batak berkumandang dalam hal ini, berjam - jam mereka manortor tidak merasa lelah, akan tetapi semakin lama semakin bergembira sembari mangembas, seketika itu uang saweran terkumpul jutaan rupiah.

Apa Nanda Sinabutar / Br Rajagukguk saat memanjatkan doa syafaat.

Urutan acara panortoran mulai dari Pengurus Harian Punguan, Penasehat, Namarhahaanggi dan Paniaran, Hela dan Boru, Bere dan Ibebere, diselang selingi dengan penarikan hadiah hiburan dan hadiah doorprize, sementara jumlah anggota punguan 39 KK.

Doa syukuran Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere dan Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna Minggu, 22 Mei 2022 kedatangan tamu istimewa dari Papua Kel Ir D. Sinabutar / br Simarmata. 

Doa syukuran ini dirangkai dengan pergantian pengurus periode tahun 2018 - 2022 Ketua Apa Gabriel Sinabutar / br Simarmata, Wakil Ketua Apa Nanda Sinabutar / br Rajagukguk, Sekretaris D Turnip / br Sinabutar dan Bendahara Apa Nova Sinaga / br Sinabutar.

Sementara periode tahun 2022 - 2025 terpilih pengurus punguan Ketua Apa Nanda Sinabutar / br Rajagukguk, Wakil Ketua Apa Sando Sinabutar / br Simarmata, Sekretaris Apa Via Sianturi / br Sinabutar dan Bendahara Apa Yuli Simbolon / br Pasaribu dan komisaris tetap, selanjutnya perkenalan anggota baru.

Acarapun berakhir dengan penuh sukacita, didukung dengan cuara cerah dan doa dipimpin oleh Pnt Ny J Simbolon br Pasaribu, penarikan undian doorprize hadiah utama dilaksanakan, dengan melihat nomor daftar hadir anggota punguan. (MH - Fendi Sinabutar). 






























Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar