Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila Di Kota Bersejarah Ende

Saat Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Ende Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), 1 Juni 2022.

JAMBI, MH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Inspektur dan memimpin jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yang digelar pada hari ini Rabu, 1 Juni 2022. Upacara di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende Kabupaten Ende Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT). Di kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno Proklamator Kemerdekaan, Bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar Negara dan mewariskan Pancasila bagi Bangsa dan Negara," ungkap Presiden Jokowi dalam amanatnya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam amanatnya tersebut, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk sama - sama membumikan dan mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

"Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak - anak bangsa di manapun berada untuk bersama - sama membumikan Pancasila. Dan mengaktualisasikan nilai - nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," kata Jokowi.

Kepala Negara juga mengatakan bahwa selain menjadi pemersatu bangsa, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun di kala Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. 

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian - ujian. Dan ini sudah dibuktikan berkali - kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa negara dan bangsa kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," tutur Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar Pancasila dapat diimplementasikan dalam sistem tata kelola pemerintahan dan interaksi sesama anak bangsa.

"Tapi saya selalu ingatkan kita harus betul - betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita, kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa," ungkap mantan Wali Kota Solo ini.

Pada akhir amanatnya, Presiden mengajak seluruh pemimpin pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para pemimpin lain untuk menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai Pancasila.

"Memperkokoh nilai Pancasila, mewujudkan Indonesia maju dan cita-cita proklamasi kemerdekaan," kata mantan Gubernur DKI ini  menutup amanatnya. 

Upacara Hari Lahir Pancasila diikuti oleh TNI, Polri, Komite Nasional Pemuda Indonesia, Tenaga Kesehatan, Purnapaskibraka Indonesia, Pramuka dan pelajar dengan Komandan Upacara yakni Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi.

Dalam upacara kali ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo akan membacakan teks Pancasila, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus akan membacakan teks Pembukaan UUD 1945, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar