Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kapolri Copot Irjen Ferdy Sambo, Mahfud MD Bagus Presisi Polri Berjalan, Masyarakat Optimis

Prof. Dr. H. Mahfud MD, SH, SU, MIP Menko Polhukam RI.

JAMBI, MH - Menko Polhukam Mahfud MD mendukung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait pencopotan Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kadiv Propam Mabes Polri. 

Menko Polhukam  Mahfud MD menilai langkah tegas Kapolri tersebut membuktikan bahwa tagline "Presisi Polri" berlaku. “Bagus. Presisi Polri berjalan. Masyarakat optimis,” tulis Mahfud di akun Twitternya, Senin (18/7/2022).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun menjelaskan makna tagline Presisi Polri. Menurutnya, salah satu makna Presisi ialah mendengar aspirasi masyarakat terkait dengan kejadian yang butuh penanganan hukum.

Dituturkan Mahfud MD bahwa, “Makna Presisi: Prediktif, bisa memprediksi apa akan terjadi dari satu situasi sehingga bisa mengambil tindakan pada waktu dan cara tepat,” ungkapnya. “Responsibilitas, memberi respons secara cepat atas aspirasi publik. Transparansi, terbuka, fair,” lanjut pria kelahiran Kabupaten Sampang Provinsi Jawa Timur.

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mencopot Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Mabes Polri. Pelucutan jabatan sementara itu dilakukan demi objektivitas penyidikan.

Demi pengungkapan kasus tembak - menembak antara Brigadir Joshua dan Bharada E di rumah Irjen Ferdy Sambo. 

Selanjutnya Kapolri menyerahkan sementara tanggung jawab jabatan Kadiv Propam, kepada Wakapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Gatot Eddy Pramono. 

“Kita putuskan untuk Irjen Pol Ferdy Sambo untuk sementara dinonaktifkan sebagai Kadiv Propam Polri,” ujar Jenderal Sigit, dalam jumpa pers resmi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (18/7/2022).

Sigit menerangkan, pencopotan jabatan Irjen Sambo ini, keputusannya sendiri sebagai komandan tertinggi institusi Polri. Bukan, rekomendasi dari Tim Gabungan Khusus yang ia bentuk untuk pengungkapan tuntas insiden di Duren Tiga, Jakarta Selatan (Jaksel) itu.

Kapolri juga menerangkan, pencopotan sementara Irjen Sambo selaku Kadiv Propam, untuk menjawab respons publik terkait kasus tersebut. Sebab Jenderal Sigit mengatakan, dari pemantauannya atas perkembangan kasus tersebut.

Hal itu sudah memunculkan spekulasi - spekulasi yang bakal berdampak pada objektifitas proses pengungkapan, maupun penyidikan kasus di rumah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo ini. (MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar