Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Menparekraf Dorong Desa Situngkir Kabupaten Samosir Optimalkan Ekonomi Kreatif Kriya

Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA, MBA Menparekraf/Kabaparekra diapit pengrajin kriya.

JAMBI, MH -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, akan terus mendorong masyarakat Desa Situngkir Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara untuk mengoptimalkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya kriya dalam upaya membuka peluang usaha dan lapangan kerja di wilayah tersebut.

Pria kelahiran Kecamatan Rumbai Pekan Baru Provinsi Riau ini mengatakan, produk - produk kriya berbahan limbah kayu yang diolah oleh masyarakat desa diharapkan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Desa Situngkir. 

"Dengan pelatihan ini kita bisa memberdayakan masyarakat setempat untuk memproduksi barang yang memiliki nilai ekonomi dari limbah," ungkap alumni Universitas Pelita Harapan ini di Creative Hub Samosir Pantai Situngkir Kabupaten  Samosir, Rabu (20/7/2022).

Selain itu, alumni Wichita State University Amerika ini juga mendorong agar Kabupaten Samosir menjadi lokasi bagi terselenggaranya event - event olahraga seperti triathlon. Sehingga jika memungkinkan, nantinya bisa dimulai dari Pantai Situngkir.

“Kalau memungkinkan, kita bisa start dan finish di sini (Pantai Situngkir), jadi nanti saya akan turunkan tim agar di sini bisa menjadi lokasi ajang triathlon," ujar alumni George Washington University ini.

Sementara itu Bupati Kabupaten Samosir Vandiko Gultom menambahkan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Samosir melalui pelatihan - pelatihan dan pendampingan.

"Kami juga bertanggung jawab untuk melakukan pemasaran dan juga pendampingan bagi pelaku UMKM," tutur Vandiko Gultom. (MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar