Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

KomunitasTondi Harmony Gelar Pesta Budaya Di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara

Sanggar Jolo New di Pantai Indah Situngkir Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Sabtu, 27/8/2022 Pimpinan P br Sagala. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

JAMBI, MH -  Komunitas Tondi Harmony menggelar Pesta Budaya di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara selama 3 (tiga) hari,  25 - 27/8/2022.  Pesta Budaya ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah Desa  yaitu di Desa Sitolu Huta (Pantai Siriaon), Desa Lumban Suhi - Suhi Toruan dan Desa Situngkir. 

Pesta Budaya ini menampilkan Festifal berbagai jenis Kuliner Batak, Pertunjukan Permainan Tradisional Batak,  Talkshow budaya dan Pertunjukan  dari Sanggar Seni Budaya.

Adapun tujuan digelarnya Pesta Budaya ini adalah untuk mengembalikan kembali ingatan - ingatan masyarakat terhadap keberagaman dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Samosir dan Batak pada umunya.

Pesta Budaya ini sebagai bentuk hiburan rakyat yang diperuntukkan untuk mengedukasi masyarakat terhadap kebudayaan yang telah dimiliki sejak dahulu.

Acara puncak Pesta Budaya ini diadakan hari Sabtu, 27/8/2022 di Desa Situngkir Kecamatan Pangururan tepatnya Pantai Indah Situngkir (PIS) kawasan Creative Hub Samosir. 

Pesta Budaya yang di sponsori oleh Komunitas Tondi Harmony Pimpinan Dr Sri Asi br Marbun yang difasilitasi oleh Kemendikbud, menyajikan beragam kegiatan pertunjukan atraksi Seni Budaya untuk menghibur masyarakat dan pengunjung sekaligus adanya pameran UMKM yang menyajikan berbagai jenis makanan.

Pantauan Majalah Holong Online, terlihat pelaksanaan Pesta Budaya sekaligus acara puncak yang diiniasi oleh Tondi Harmony berlangsung meriah dan sukses, terlihat diantara para seni budaya yang tergabung dalam sanggar masing - masing penuh semangat dan dibarengi dengan penuh canda sebelum mereka memperagakan atraksinya.

Perhelatan seni budaya ini diisi dengan penampilan berbagai atraksi beberapa sanggar yang ada di Kabupaten Samosir. Paling menarik dan enak ditonton ketika atraksi yang ditampilkan oleh Sanggar Jolo New Pimpinan P br Sagala yang bertempat di Desa Siopatsosor Kecamatan Pangururan. 

Sanggar Jolo New menampilkan tarian si gale - gale yang dipadu dengan tarian mangkok di kepala dan di tangan mereka dapat mempertontonkan selayaknya tortor si gale - gale. Para penarinya yang di padu dengan pakaian ulos dan ikat kepala dapat memperagakan dengan baik dan teratur sembari mengikuti irama musik, kreasi mereka sangat mengagumkan.

Adapun sanggar yang ikut dalam Pesta Budaya ini adalah Sanggar Jolo New, Sanggar Gentium Sinondang, Sanggar Seni Nauli dan Sanggar Angel Elkanean.

Sanggar ini memperagakan Tortor Sigale - gale, Tagading cilik dan tortor Husip, Tortor Sihutur Sanggul, Tortor Bona Jeges, Tortor Martumba, Tortor Siburuk, Tortoir Siraja Doli, Tortor Sipirni Tondi dan Tortor Hasadaon.

Ditengah - tengah acara berlangsung lagu - lagu lawas Batak berkumandang  yang dinyanyikan Luis Natanael Malau, Lauren br Simarmata, Nia Tobing dan Gok Parasian Malau penyanyi terbaik Kabupaten Samosir di iringi Santabee Band.

Pesta Budaya ini sangat diapresiasi terlebih kepada Komunitas Tondi Harmony yang dapat menggelar, dengan sukses dan meriah. Pesta Budaya ini merupakan langkah baik dalam upaya pelestarian budaya di Kabupaten Samosir, karena akhir - akhir ini budaya kita mulai tergerus dengan budaya luar.

Diharapkan Pesta Budaya ini menjadi tahun kalender bagi Pemerintah Kabupaten Samosir dan tempatnya dapat berpindah dari satu Desa ke Desa lainnya dilingkup Kabupaten Samosir. 

"Semoga Pesta Budaya ini dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung seiring  dengan telah ditetapkannya Kabupaten Samosir yang dijuluki "Negeri Indah Kepingan Surga" sebagai salah satu Kawasan Destinasi Pariwisata Nasional". (MH - Fendi Sinabutar).
























Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar