Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Potret Rumah Masa Kecil Presiden Joko Widodo Di Boyolali Berdinding Kayu Dan Berusia 100 Tahun

Rumah masa kecil Presiden Joko Widodo.

INDRALAYA PALEMBANG, MH - Masa kecil Presiden Jokowi ada di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, RT 5, RW 6, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah.

Di Dusun Gumuk Rejo terdapat sebuah rumah sederhana yang berdinding dari kayu. Konon, rumah kayu itu sudah berusia 100 tahun.

Rumah kayu itu merupakan rumah masa kecil Presiden Jokowi dengan almarhum ibunya Sujiatmi Notomiharjo.

"Dulu rumah ini ditempati kakek dan neneknya Pak Jokowi. Fotonya masih terpajang di dalam rumah," ujar warga sekitar, Mulyono, Kamis (11/8/2022)

Nama kakek neneknya Presiden Jokowi adalah Wirorejo dan Sani yang merupakan pedagang. Keduanya adalah orang tua dari ibu Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo.

"Rumah ini usianya sudah 100 tahun. Bangunannya masih asli seperti dulu," katanya.

Dulu rumah kayu ini tidak hanya ditempati kakek dan neneknya Presiden Jokowi. Dulu pernah dijadikan tempat tinggal atau singgah anak-anak dari kakek neneknya tersebut.

"Dulu dihuni sama mbah-mbahnya. Setelah mbahnya sudah ga ada, maka anak-anaknya beliau disini juga. Pak Jokowi mengawali usaha-usaha disini dan berkembang, terus pindah ke Solo" jelas dia.

Semasa kecilnya, Jokowi dan ibunya juga tinggal di rumah kayu ini. Bahkan saat sudah pindah pun sering datang kesini.

Saat tinggal disini, Jokowi sering bermain sama anak-anak sebayanya.

"Pak Jokowi dulu tinggal disini. Saat masa anak-anak sering main sama temen-temen, ketika ada waktu luang di kampung main sama temen-temennya disini," kenangnya.

Kondisi rumahnya hingga saat ini masih tampak asli seperti dulu. Bahkan rumah kayu ini tidak boleh direnovasi biar tetap seperti ini.

"Jadi memang tidak boleh direnovasi rumahnya. Masih tampak asli dan terawat," ucap dia.

Di sebelah rumah kayu tersebut dibangun sebuah joglo lima tahun lalu. Joglo ini dibangun untuk memfasilitasi warga sekitar sini.

"Dari keluarga menyadari bahwa asalnya dari sini. Daripada kosong, lebih baik dimanfaatkan untuk fasilitas warga. Hanya penggunaan, kalau masalah hak milik tetap punya beliau," terangnya.

Sejak terpilih sebagai Presiden, warga Giriroto setiap tahunnya selalu mendapatkan bantuan sembako.

"Setiap tahunnya warga selalu dapat sembako, nggak ada warga yang nggak dapat," imbuh dia.

Bahkan sehari sebelum kunjungan kerja ke Desa Giriroto, Kamis, (11/08/202), warga mendapatkan bantuan kambing dan juga ayam.

Ada 25 ekor kambing dan plus pengadaan kandang. Sedangkan untuk ayam ada 1.000 ekor.

"Untuk kandang kambing kita swadaya dikasihkan ke kelompok tani 5 giriroto. Lalu untuk Kelompok Wanita Tani (KWT) melati 1 terima ayam 1000 ekor, sudah di kandang juga kemarin datangnya," jelasnya. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar