Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Tari Sekapur Sirih Sambut Kedatangan Ketua PWI Pusat Atal S Depari Bersama Rombongan

H Ridwan Agus Depati Ketua PWI Provinsi Jambi dan Atal Sembiring Depari Ketua PWI Pusat saat disuguhkan Sekapur dan Sirih oleh Tim Penari SMP Negeri 7 Kota Jambi, 7/9/2022. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

JAMBI, MH - Tari Sekapur Sirih adalah merupakan salah satu tarian tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia. Tarian ini merupakan penghormatan penyambutan tamu yang datang ke daerah.

Tari Sekapur Sirih  adalah tari tradisional yang berasal dari Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah Provinsi Jambi, tarian ini bahkan menyebar ke barbagai daerah di Indonesia hingga ke Negara Malaysia.

Tari Sekapur Sirih menggambarkan mengenai ketulusan masyarakat setempat dalam menyambut tamu dan mengungkapkan rasa syukur, sopan santun serta keramahtamaan. 

Hal inilah yang dilakukan oleh Tim Tari SMP Negeri 7 Kota Jambi menyambut tamu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari beserta rombongan 7/9/2022.

Penampilan Tim Penari SMP Negeri 7 Kota Jambi.

Tim penari tersebut lengkap dengan pakaian adat Jambi, para penari menari dengan gerakan yang lemah lembut mengikuti alunan musik dan membawa cerano (wadah) yang di dalamnya telah tersedia sekapur dan sirih sebagai tanda persembahan kepada tamu. 

Ketika para penari sampai di depan tamu Atal S Depari salah seorang penari menyuguhkan sekapur dan sirih. Seketika itu Atal S Depari mengambil dan mengunyah sekapur sirih sebagai tanda telah diterima di daerah Jambi.  

Tim Penari SMP Negeri 7 Kota Jambi.

Penampilan Tim Penari SMP Negeri 7 Kota Jambi dapat mempertontonkan gerakan yang memukau diiringi dengan alunan musik yang syahdu, dapat menarik perhatian para hadirin, membuat mereka merasa senang bercampur bahagia. Tepuk tangan yang membahana menyambut penampilan penari tersebut.

Tari Sekapur Sirih ini dipersembahkan dalam rangka prosesi Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi dan Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Jambi masa bakti tahun 2022 - 2027 yang dilaksanakan di  Balroom Hotel Golden Harvest Jl Pattimura No: 65 Kota Jambi. (MH - Fendi Sinabutar).


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar