Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Advokat Taruli Simanjuntak Somasi Pdt Gilbert Lumoindong Yang Bilang Brigadir J Perkosa Putri Candrawathi

Pdt Gilbert Lumoindong. 

JAMBI, MH - Pengacara Taruli Simanjuntak melayangkan somasi kepada Pendeta Gilbert Lumoindong. Somasi dilayangkan terkait perkataan Gilbert yang menyebut Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J memperkosa Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

"Saya mensomir (memeringatkan) saudara agar dalam waktu 3X24 (tiga kali dua puluh empat) jam terhitung mulai satu hari setelah tanggal somasi ini, saudara telah memberikan bukti - bukti tentang kebenaran dari segenap ucapan saudara dimaksud," demikian isi surat somasi Taruli, Rabu 12 Oktober.

Taruli dalam surat somasi tertanggal 11 Oktober 2022 memeringatkan Pendeta Gilbert untuk memberikan bukti, khususnya mengenai tudingan Brigadir J telah memperkosa Putri di Magelang.

Kemudian menunjukkan bukti telah berdiskusi dengan psikiater, lengkap dengan bahan diskusi dengan psikiater tersebut, sehingga dengan jelas, tegas dan bahkan dengan lantang mengatakan bahwa Brigadir J melakukan perkosaan setelah meminum obat - obat tertentu atau menyaksikan tayangan cabul.

Apabila pendeta itu tidak bisa memenuhi, Taruli akan segera melakukan upaya - upaya hukum. Gilbert akan dilaporkan ke polisi dengan tuduhan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA sebagaimana diatur dalam Pasal 28 Ayat (2) UU No. 11 Tahun 2006 Tentang ITE Junto Pasal 45 A UU No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU No. 11 tahun 2008 Tentang ITE.

Sebab Taruli menyebut, perkataan Gilbert yang merupakan pemimpin atau gembala sidang Jemaat pada Gereja Bethel Indonesia, Glow Fellowship Centre di Jakarta itu telah tersebar luas di masyarakat melalui video YouTube. 

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Bahwa ucapan - ucapan saudara sebagaimana dikutip di atas berpotensi menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan karena saudara telah memberikan kesimpulan atas sebuah peristiwa yang saudara tidak melihat, tidak mendengar dan tidak mengalaminya sendiri," demikian isi somasi Taruli Simanjuntak.

Perkataan Gilbert Lumoindong yang dianggap Taruli Simanjuntak memenuhi unsur pidana terdapat dalam dua tayangan video di YouTube.

Pertama video yang diunggah  28 September 2022 berjudul VIRAL..!!! BEGINI UCAPAN PDT.GILBERT LUMOINDONG YANG SEDANG JADI SOROTAN PUBLIK. Video kedua diunggah 2 Oktober 2022 dengan judul Fitnah Alm Brigadir J, Ujung - Ujungnya Minta Maaf!! Pdt Gilbert Lumoindong. Seperti disebutkan Taruli dalam surat somasi, pada pokoknya Gilbert menyatakan:

"... semakin ke sini makin keliatan garingnya makin keliatan kosongnya saudara-saudara dan makin kesini makin terlihat bahwa aaa didalamnya betul seperti yang berkalikali diucapkannya itu soal harga diri keluarga dan makin kesini makin terlihat jelas bahwa sebetulnya ada sebuah peristiwa yang terjadi di Magelang tetapi malu diakui karna memang ini aib yang aaa menakutkan kalau seorang istri jendral bintang dua aaa diperkosa oleh aaa ajudannya saudara-saudara ...”

... dan orang yang berkata bahwa ooo ini gak mungkin mana mungkin aaa seorang brigadir berani ha ha bicara tentang perkosaan jangan pernah berkata gak mungkin bahkan kalau saudara ketik di google anak perkosa ibu kandung saja ada bapak perkosa anak kandung saja ada jadi aaa gak ada istilah gak mungkin saudara saudara saya telah coba diskusi sama aaa psikiater psikiater bilang kita tidak pernah tau dua jam sebelum peristiwa itu apakah dia meminum obat obat tertentu ataukah dia memakai aaa atau dia menyaksikan aaa tayangan tayangan cabul tertentu yang bisa merusak otaknya dan mulai mendatangkan gairah yang luar biasa jadi aaa akhirnya makin terlihat bahwa ceritanya adalah diduga ada unsur aaa kekerasan seksual atau unsur perkosaan ..."

"... jadi posisi apapun memang ada sesuatu yang sangat menyedihkan buat keluarga yaitu kematian Josua tetapi perkosaan juga bukan sesuatu yang terhormat saudara saudara perkosa bukan sesuatu yang terhormat dan istri jendral bintang dua ketika diperkosa wajar kalau seseorang menjadi begitu marah ..." (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar