Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Kapolri Beberkan Kronologi Penangkapan Irjen Pol Teddy Minahasa Terkait Narkoba

Kapolri Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

JAMBI, MH - Irjen Pol Teddy Minahasa yang akan menjabat Kapolda Jawa Timur ditangkap Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri terkait kasus narkoba.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan kronologi kasus yang membelit Kapolda Sumatera Barat tersebut.

Listyo Sigit mengatakan Irjen Pol Teddy Minahasa (TM) terlibat dalam kasus peredaran gelap narkoba. Kasus yang membelit Irjen Pol Teddy Minahasa merupakan pengembangan dari kasus yang diselidiki Polda Metro Jaya. "Kemarin minta Kadiv Propam Polri dan lakukan pemeriksaan terhadap Irjen TM," katanya, Jumat, 14 Oktober 2022 petang.

Dijelaskannya, keterlibatan Teddy Minahasa diketahui dari penyidikan jaringan narkoba yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya. Penyidikan itu berdasarkan laporan masyarakat, dilakukan pendalaman, ditangkap tiga warga sipil. 

Dari situ dilakukan pengembangan ternyata terdapat keterlibatan anggota Polisi berpangkat Bripka dan Kompol dengan jabatan Kapolsek. 

"Atas dasar tersebut kami minta kembangkan, saya minta terus dikembangkan kemudian berkembang pada seorang pengedar dan mengarah kepada personel oknum anggota polri yang berpangkat AKBP, mantan Kapolres Bukit Tinggi, Polda Sumatera Barat" ujar Sigit.

Dari pengembangan tersebut diketahui ada keterlibatan Irjen Teddy Minahasa dalam jaringan narkoba tersebut. Usai dijemput oleh Divpropam Polri dan dilakukan gelar perkara pagi tadi untuk menyatakan perbuatan hukumnya. 

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Saat ini Irjen TM dinyatakan terduga pelanggar dan sudah dilakukan penempatan khusus," kata Sigit. 

Sigit memerintahkan Propam untuk mempersiapkan sidang etik kepada Irjen Teddy Minahasa dan memerintahkan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk melanjutkan penanganan perkara.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kabar yang beredar terkait Irjen Pol Teddy Minahasa. Irjen Pol Teddy Minahasa, sosok yang ditunjuk sebagai Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Pol Dr Nico Afinta, SIK, SH, MH yang dicopot karena tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang dan ditempatkan sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri,  dikabarkan ditangkap Divisi Propam Polri terkait narkoba.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pihaknya berkomitmen melakukan bersih - bersih di institusi Polri.

Listyo Sigit pun kemudian mengungkapkan kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang melibatkan Irjen Pol. Teddy Minahasa (TM) yang sebelumnya Kapolda Sumatera Barat. 

Pengungkapan ini merupakan bagian dari komitmen Polri menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi. "Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menindak tegas hal - hal yang tadi disampaikan Bapak Presiden, seperti judi online, narkoba, dan komitmen melakukan bersih-bersih di institusi Polri," katanya usai menerima arahan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 14 Oktober 2022.

Dia menekankan pihaknya akan menindaklanjuti arahan Presiden, sehingga seluruh anggota mulai dari pangkat terbawah, khususnya pelaksana di lapangan, memahami dan dapat melaksanakan. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar