Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Jambi Berangkatkan Debang Raja Dalam Doa Menuju Silalahi Nabolak

Kiri : H Tambunan, S.Pd Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna saat memberikan Tumpak kepada St B Sidebang, SP  Ketua Punguan Pomparan Sidebang, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna, Minggu 16/10/2022. (Poto, MH - Fendi Sinabutar).

JAMBI, MH - Menyambut Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan pada tanggal 11 s/d 13 November 2022 (Jum'at, Sabtu dan Minggu), di Tugu/Makam Raja Silahisabungan Desa Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara.

Tahun 2022 ini giliran Turpuk Marga Debang Raja Bolahan Amak (panitia pelaksana). Sejak diresmikan pada tanggal 23 - 27 November 1981 Tugu/Makam Raja Silahisabungan (Tumaras), sebagai Bolahan Amak (panitia pelaksana) Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan adalah dari 8 orang keturunan Raja Silahisabungan yaitu Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja, secara berturut dari tahun ke tahun.

Namun untuk tahun 2020 pelaksanaan Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan ditunda karena wabah Pandemi Covid- 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

Pesta ini digelar sebagai wujud ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan anugerahNya kepada seluruh keturunan Raja Silahisabungan. Sekaligus juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan untuk melestarikan "Nilai - Nilai Unggul" peninggalan Raja Silahisabungan, termasuk nasehat yang diwariskan kepada keturunannya dalam bentuk poda "Sagu - Sagu Marlangan".

Dengan adanya acara pesta ini diharapkan seluruh Pomparan Raja Silahisabungan di manapun berada akan cinta dan peduli Bona Pasogit Silalahi Nabolak. Apalagi saat sekarang Pemerintah telah memprogramkan Otorita Danau Toba yang harus kita dukung bersama.

Dalam sejarah Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan telah mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kegiatan "Mardemban Massal" tepat pada tahun 2017 perayaan yang ke 36 ketika Bolahan Amak (panitia pelaksana) Tungkir Raja.

Sebelum acara pemberangkatan dengan Doa, terlebih dahulu Ketua Turpuk Marga Debang Raja St B Sidebang, SP/br Girsang melaporkan berbagai kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan di Bona Pasogit Silalahi Nabolak dan jumlah dana yang dibutuhkan selama pelaksanaan pesta.

Sementara L Tambunan, SE/br Pasaribu mewakili penasehat menyambut baik acara ini dan penasehat mengharapkan kepada Debang Raja yang mewakili dari Jambi menyampaikan kepada Panitia agar Pomparan Raja Silahisabungan dibuat suatu wadah perkumpulan yang dapat menghimpun Pomparan Raja Silahisabungan yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air Indonesia maupun yang berada di Luar Negeri.

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Dengan adanya satu wadah perkumpulan komunitas Pomparan Raja Silahisabungan dari Dewan Pimpinan Pusat ke Dewan Pimpinan Daerah bahkan ke Dewan Pimpinan Cabang akan tercipta keharmonisan kekeluargaan dan persaudaraan Pomparan Raja Silahisabungan. 

Hal ini perlu kesadaran bersama di antara Pomparan Raja Silahisabungan dengan tidak mengedepankan ego masing - masing. Mari kita doakan bersama supaya hal ini dapat terwujud agar kekeluargaan dan persaudaraan di antara Pomparan Raja Silahisabungan tetap terjalin dengan baik.

Dituturkan penasehat agar situs - situs peninggalan Raja Silahisabungan dapat dirawat dan dipelihara dengan baik, karena situs - situs tersebut merupakan suatu fakta dalam sejarah, yang selanjutnya menjadi acuan bagi generasi penerus Pomparan Raja Silahisabungan untuk selama - lamanya. ungkapnya dengan diplomatis.

Bolahan Amak (panitia pelaksana) pesta tahun 2022 ini giliran Debang Raja, yang pelaksanaannya hari Jum'at, Sabtu dan Minggu (11 - 13 November 2022) yang ke 40. Untuk ini Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliang "Memberangkatkan Debang Raja Dalam Doa Menuju Silalahi Nabolak". 

Acara yang di mulai pada pukul 16.30 WIB Minggu, 16 Oktober 2022 di rumah Keluarga C Siahaan, SH/Br Sidebang Jl Lintas Aur Duri Lorong Perikanan Jambi. Acara ini berlangsung hikmat dan penuh dengan suasana kekeluargaan dan persaudaraan.

Ketua Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna menyampaikan kata sambutan dan sekaligus memberikan Tumpak dari punguan sebesar Rp 3.500.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah). Sementara Doa keberangkatan dipanjatkan oleh CSt BS Nadapdap/Br Simangunsong selaku Ketua Punguan Nadapdap, Boru, Bere dan Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna.

Hadir dalam acara ini mewakili penasehat L Tambunan, SE/Br Pasaribu, L Doloksaribu/Br Panjaitan, Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna H Tambunan, S.Pd/Br Simorangkir, Ketua I F Sinabutar/Br Simarmata, Ketua Sondi Raja BJ Rumasondi/Br Simamora, Ketua Sub Marga Silalahi M Silalahi/Br Simangunsong, Ketua Sub Marga Sinurat S Sinurat/Br Sinaga, Ketua Sub Marga Nadapdap CSt BS Nadapdap/Br Simangunsong dan Ketua Sub Marga Doloksaribu L Doloksaribu/Br Panjaitan. 

Ketua Turpuk Marga Batu Raja S Pintubatu/Br Sijabat, Ketua Sub Marga Tambunan Lumban Gaol J Tambunan/Br Tumanggor, mewakili setiap Turpuk/Sub Marga dan Punguan Pomparan Debang Raja, Boru, Bere dan Ibebere.

Acarapun dilanjutkan dengan makan bersama, terlihat pihak boru, bere, ibebere Debang Raja terlebih tuan rumah Kel C Siahaan, SH/Br Sidebang dengan telaten "Makkobasi" segala kebutuhan makanan dan minuman untuk disantap bersama. Kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat yang berkelimpahan kepada kita semua.

Selamat dan Sukses Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan 11 - 13 November 2022 Bolahan Amak Debang Raja. "TAMPAKNA DO TAJOMNA, RIM NI TAHI DO GOGONA". (MH - Fendi Sinabutar).





















Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar