Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara Diguncang Gempa Beruntun, Paling Tinggi Bermagnitudo 6,0

Tangkapan layar BMKG, Gempa Bumi Di Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara.

JAMBI, MH - Gempa Bumi berkekuatan 6,0 magnitudo guncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsin Sumatera Utara (Sumut), 1 Oktober 2022 diperkirakan terjadi pada pukul 02;28;41, informasi yang dapat dihimpun akibat gempa bumi tersebut untuk sementara 1 orang meninggal dunia dan 6 orang terluka. 

Berdasarkan informasi  BMKG, pusat gempa berada di darat 15 km barat Laut Tapanuli Utara. Gempa terkini 1 Oktober 2022 di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dirasakan (MMI) VI Tarutung, IV Singkil, V Sipahutar, III Tapaktuan, III Gunung Sitoli.

"#Gempa Mag:6.0, 01-Okt-22 02:28:41 WIB, Lok:2.13 LU, 98.89 BT (Pusat gempa berada di darat 15 km barat Laut TapanuliUtara), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) VI Tarutung, IV Singkil, V Sipahutar, III Tapaktuan, III Gunung Sitoli #BMKG," kata Twitter @infoBMKG.


Berdasarkan keterangan Kapolres Taput, AKBP Johanson Sianturi dalam siaran Breaking News Kompas TV , gempa ini mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 6 orang terluka.


Bersama sejumlah instansi terkait, kata AKBP Johanson Sianturi, pihaknya masih terus membantu upaya evakuasi sejumlah warga yang terkena dampak gempa. 


Gempa susulan terus terjadi di Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara , Sabtu (1/10/2022). Berdasarkan video yang diterima TV One gempa tersebut menyebabkan mati lampu mendadak hingga suasana gelap gulita.


Sejumlah warga juga tampak panik. Selain itu gempa tersebut juga menyebabkan sejumlah warga terluka diduga akibat terkena reruntuhan bangunan yang roboh akibat gempa.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mencatat dua kali gempa susulan. Gempa susulan pertama terjadi magnitudo 5.1 di 4 km timur laut Tapanuli Utara Sumatera Utara pukul 02.50 WIB atau 22 menit setelah gempa pertama magnitudo 6.0.


Kemudian gempa susulan kedua terjadi 40 menit selanjutnya tepatnya pada pukul 03.37 WIB dengan kekuatan gempa magnitude 5,0.


BMKG menghimbau masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara dan sekitarnya untuk waspada terhadap kemungkinan gempa susulan. 


Gempa bumi adalah peristiwa berguncangnya permukaan bumi akibat pergerakan lempeng bumi, aktivitas gunung berapi, hingga aktivitas patahan bumi.


Indonesia adalah salah satu negara yang sering diguncang gempa bumi. Bahkan, bisa terjadi hingga sekitar 500 gempa bumi dalam sehari di Indonesia.


Hanya saja, sebagian besar gempa bumi itu terjadi di kedalaman lautan yang tidak terlalu terasa di daratan. (Berbagai Sumber, MH - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar