Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Institut Teknologi Del Dan BGI, China Melakukan Penandatanganan MoU Di Bali

Saat menandatangani Nota Kesepahaman, disaksikan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (nomor tiga dari kiri).

JAMBI, MH - Institut Teknologi Del (IT Del) Laguboti Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara - Beijing Genomics Institute (BGI) Hongkong Tech. Co. Ltd, lakukan penandatanganan Nota Kesepahaman untuk pengembangan laboratorium genomik Minggu, 13/11/2022 di Puilau Dewata Bali.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan kerja sama BGI dengan Kementerian Kesehatan dan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Del (motto IT Del MarTuhan, Marroha, Marbisuk). 

Penandatanganan ini dilakukan oleh Rektor Institut Teknologi Del Dr Arnaldo Marulitua Sinaga, ST, M.InfoTech dengan Chief Representative of BGI Group Indonesia Chang Shiying, disaksikan oleh Co-Founder and Chairman of BGI Group Wang Jian, Cao Sujie Vice President Divisi Internasional BGI Genomic dan Wakil Rektor III Bidang Kemitraan, Inovasi, dan Kewirausahaan  IT Del Humasak Tommy Argo Simanjuntak, ST, M.ISD.

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kerja sama ini memiliki ruang lingkup sebagai berikut: Pembangunan platform penyimpanan dan pengurutan genomik untuk mendukung penelitian ilmiah nasional dalam melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya genetik, menyediakan layanan untuk penelitian ilmu hayati serta pengembangan inovatif bioindustri. 

Selanjutnya penelitian di bidang pertanian, herbal dan peternakan, khususnya dalam upaya digitalisasi plasma nutfah unik, sumber daya pertanian, herbal dan peternakan Indonesia. 

Pengembangan talenta bersama melalui program pengajaran jarak jauh untuk program Strata-1, program penelitian bersama (di Indonesia dan/atau di Cina), progam studi lanjut Strata-2 dan Strata-3 bagi mahasiswa dan peneliti IT Del di universitas - universitas yang bekerja sama dengan BGI dan Kerja sama terkait pengembangan laboratorium pelatihan genomik.


Kerja sama di bidang genomik ini juga mendukung salah satu fokus utama pusat riset yang dikelola oleh IT Del, yaitu Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) yang berada di Kecamatan Pollung  Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara. 

Pusat riset ini dipersiapkan menjadi pusat riset genomik tanaman, khususnya tanaman herbal dan hortikultura. Pengembangan pusat riset genomik ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan benih unggul untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional, salah satunya program Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan. (Berbagai Sumber, MH  - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar