Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Panitia Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Simarmata Mengapresiasi Pengurus Lama

Kiri : Mewakili Op Wenry Simarmata (+)/br Purba, Op Mikhael Simarmata/br Sihombing, Op Yobel Simarmata/br Situngkir, Op Christine Simarmata/br Sihaloho dan Op Hotlan Simarmata/br Sinurat (+). Poto dan Bingkai, MH - Fendi Sinabutar.

JAMBI, MH - Bersukacita, bersekutu, berdoa bersama dan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala penyertaan dan kasih karuniaNya kepada semua anggota punguan  dari tahun 2022 dapat melangkah ke awal tahun 2023 ini dalam suasana sehat - sehat, yang walaupun mengalami berbagai kisah kehidupan pada tahun 2022 yang lalu. 

Hal inipun mereka amini dengan kehadiran mereka ke acara ini dengan penuh suka cita, ketika bertemu antara satu dengan yang lain saling menyapa, berjabat tangan, ngobrol bersama bahkan sebahagian di antara mereka berpelukan untuk melepaskan kerinduan.

Pertemuan di antara mereka hangat, penuh dengan suasana kekeluargaan, persahabatan dan keakraban yang mewujudkan rasa kebersamaan bersemayam di dalam diri mereka, karena selama tiga tahun berturut - turut mereka tidak bertemu (tahun 2020, 2021 dan 2022) akibat peristiwa mewabahnya Pandemi Covid- 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

Perhelatan Pesta Partangiangan Bona Taon 2023 Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dan Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna diadakan di Gedung Asini Roha Jalan Lapangan Tembak  Kotabaru Jambi, Minggu 22 Januari 2023. 

Perayaan Bona Taon mengambil Tema "Perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan" (Kolose 3;23) dan Sub Tema "Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dan Ibebere Berbuat kepada sesama untuk kemuliaan Tuhan".  Acara ini dihadiri ribuan orang, mereka memenuhi seisi ruangan gedung dengan penuh semangat mereka datang dari penjuru Kota Jambi bahkan dari luar Kota Jambi. 

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Partangiangan  Bona Taon sekaligus ajang silaturahmi ini, merupakan tradisi budaya Batak yang rutin tiap awal tahun dilakukan. Hal ini dilaksanakan untuk mempererat tali kekeluargaan dalam komunitas halak hita.

Di depan gedung, para komisaris sibuk dengan catatannya untuk mendata anggota masing - masing sekaligus diadakan daftar ulang. Nomor daftar hadir ini diundi untuk mendapatkan hadiah hiburan yang telah disediakan panitia.  Sementara sekretaris punguan Apa Manogu Limbong/br Simarmata menerima pendaftaran anggota baru punguan.

Perayaan diawali dengan seremoni ibadah yang dipimpin oleh  Pdt Anju Simarmata, S.Th yang sehari - hari melayani di Gereja HKBP Jambi 1 Resort Jambi 1 Distrik XXV Jambi sebagai Pimpinan Jemaat.

Sebagai liturgis diperankan St KS boru Sinaga yang sehari - hari melayani di Gereja GKPS Kotabaru Jambi, song leader Ny Simarmata boru Simatupang, Ny Sihaloho boru Simarmata, Ny Purba boru Simarmata dan Ny Purba boru Simarmata, organis Diny Cecilia br Sinabutar,  Doa Syafaat disampaikan oleh Apa Gani Simarmata/br Marbun (penasehat punguan) dan protokol diperankan oleh Apa Jhon Sinabutar/br Malau dan Apa Elida Sagala/br Simarmata. 

Pdt Anju Simarmata, S.Th mengambil Naats dari Kolose 3;23  "Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia". 

Dalam pengantar kotbahnya Pdt membacakan Naats ini dari bahasa Indonesia, bahasa Batak Toba, bahasa Simalungun dan bahasa Karo, hal ini dapat kita pahami, karena di punguan ini berbagai anggota berasal dari Batak Toba, Batak Simalungun dan Batak Karo.

Pdt mengatakan bahwa tujuan diadakannya Pesta Bona Taon adalah 1. Mensyukuri pertolongan dan penyertaan Tuhan kepada semua anggota dari tahun 2022 dapat melangkah ke awal tahun 2023, yang walapun berbagai gejolak hidup yang kita hadapi di tahun 2022 yang lalu, namun kita ada dalam suasana sehat - sehat hingga saat ini, 2. Berpengharapan (marpakkirimon) di tahun 2023 dengan kehidupan yang baru dan suasana baru dan apapun yang kita kerjakan tetap dekat dengan Tuhan melalui doa dan 3. Mempererat persaudaraan, ungkap suami boru Siregar ini.

Lebih lanjut Pdt menyatakan jangan lelah berbuat yang terbaik untuk punguan, karena berbuat yang baik akan mendapat berkat dari Tuhan.

Untuk itu Pimpinan Jemaat HKBP Jambi 1 itu menyatakan berbuat baik kepada punguan lakukanlah dengan 1. Kasih, 2. Kerelaan, 3. Lakukan untuk kemuliaan Tuhan dan 4. Setia.

Kotbah yang disampaikan Pdt singkat dan padat dapat menggugah hati mereka dan memberikan semangat baru dan harapan baru, untuk menjalani tahun 2023 ini dan tetap diajaknya agar Punguan Pomparan Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dan Ibebere si sada ulaon dan saling mengasihi, tolong - menolong, saling merasakan dan saling memiliki.

Dan selalu menjaga persatuan dan kesatuan, berlandaskan kasih yang diajarkan Tuhan Yesus Kristus, disamping anggota punguan harus tetap kompak, karena kekompakan mendatangkan berkat dari Tuhan, ujar Pdt yang memakai kaca mata ini.

Selama ibadah berlangsung lagu - lagu pujian mereka nyanyikan bersama denga penuh hikmat dan juga lagu pujian dipersembahkan oleh panitia melalui VG dengan lagu "Kerinduan".

Sementara pengumpulan persembahan dilakukan dari berbagai denominasi gereja, antara lain gereja Katolik lengkap dengan pakaiannya, gereja GKPS lengkap dengan pakaiannya dan gereja HKBP lengkap dengan pakaiannya.

Setelah selesai ibadah dilanjutkan dengan makan bersama doa disampaikan oleh Pdt Anju Simarmata, S.Th. Dengan sigap dan telaten pihak panitia dapat melayani semua anggota yang datang untuk makan dan minum, pantauan Majalah Holong Online semua anggota punguan yang hadir dapat terlayani dengan baik, dalam hal ini panitia diapresiasi.

Selama makan berlangsung panitia mengadakan penarikan undian hiburan berhadiah sebanyak 150 buah berbentuk minyak goreng, sesuai dengan nomor yang tertera di undangan setiap anggota punguan. 

Selanjutnya protokol Apa Jhon Sinabutar/br Malau membacakan tertib acara selama perayaan dan hiburan, kata sambutan dari Ketua Umum Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dan Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna Op Deon Simarmata/br Pasaribu.

Kata sambutan dari Ketua Panitia Pesta Bona Taon 2023 Apa Amelia Simarmata/br Simatupang, sekaligus menyerahkan plakat Tugu sebagai tanda apresiasi kepada pengurus lama, yang telah berjerih paya untuk menata dan membangun punguan ini sampai sekarang.

Di dalam Tugu yang dibingkai dengan rapi ukuran 50 cm x 60 cm tersebut tertulis nama dan periode kepemimpinan mereka dari mulai terbentuk punguan ini sampai saat berakhirnya kepengurusan mereka.


Sebelumnya Majalah Holong Online telah menerbitkan Sejarah singkat awal terbentuknya Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dan Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna.

Setelah selesai kata - kata sambutan dilanjutkannya acara tortor mulai dari Badan Pengurus Harian bersama panitia pesta, Penasehat Punguan, Hula - Hula, Boru dan Hela, Komisaris dan tortor bere/ibebere dan perkenalan anggota baru.

Ketika acara totor berlangsung mereka menari dan berjoget bersama suasana meriah terlihat, mereka mengikuti alunan musik yang apik dengan penyanyi Trionya menyanyikan tembang - tembang lawas Batak, dapat menghipnotis mereka dalam kegembiraan.

Merekapun larut dalam kebahagiaan dan  kegembiraan sambil marjoget, berjam - jam lamanya mereka manortor tidak merasa lelah, sambil merogoh kantongnya untuk memberikan saweran, hal ini dilakukan untuk menambah kas punguan, seketika itu dana dapat terkumpul puluhan juta rupiah.

Di acara manortor diselang - selingi dengan penarikan doorprize dengan menggunakan aplikasi, panitia menyediakan berbagai macam hadiah mulai dari 10 unit kipas angin, 10 unit magicom, 2 unit sepeda gunung, 2 unit HP OPPO, 2 unit TV LED 32", 2 unit mesin cuci, 2 unit kulkas LG 2 pintu dan hadiah utama 1 unit sepeda motor. 

Pemutaran nomor hadiah menggunakan dua infocus dengan aplikasi operator I diperankan oleh Diny Cecilia br Sinabutar sementara operator II oleh Jimmy Purba, ketika pemutaran nomor dimulai semua anggota punguan perhatiannya tertuju kepada layar monitor, dengan harapan nomor kupon yang dibelinya keluar.

Pemutaran nomor undian lewat infocus ini sangat meriah dan heboh tatkala utusan dari anggota punguan menyataka kepada operator lacak,,,,,,,, dan stop keluar nomor, mereka dengan serentak dan teliti melihat apakah nomor undian kupon yang mereka beli keluar, bagi anggota punguan yang nomornya keluar dengan gembira berlari ke depan menunjukkan nomornya kepada panitia.

Sementara hadiah utama 1 unit sepeda motor, diputar setelah doa penutup yang dipanjatkan Pdt Anju Simarmata, S.Th/br Siregar dengan permintaan Pdt selama berdoa berlangsung nomor undian tetap diputar dan baru selesai berdoa. 

Selanjutnya Pdt memimpin dengan hitungan mundur dari angka 10,9,8 dengan seterusnya, angka terakhir 1 serentak menyatakan stop, merekapun melihat dengan teliti nomor undian kupon ternyata salah seorang di antara mereka beruntung dan nomornya yang keluar mendapat 1 unit sepeda motor.

Keberuntungan tersebut berada di tangan Keluarga Apa Jos Nainggolan/br Simarmata yang berada di Wilayah VI, yang sebelumnya berada di Wilayah VII sebagai komisaris punguan.

Informasi dari sekretaris Apa Manogu Limbong/br Simarmata bahwa anggota Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dan Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna sebanyak 571 KK, sementara anggota baru pada tahun 2023 ini 58 KK, berarti jumlah anggota punguan pada tahun 2023 ini sebanyak 629 KK.

Setelah selesai acara merekapun saling salam - salaman dan pulang ke tempat masing - masing dengan penuh suka cita. (MH - Fendi Sinabutar).


















































































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar