Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Sejarah Singkat Awal Terbentuknya Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere dohot Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna.

Makam/Tugu Ompu Simataraja Raja Simarmata di Lumban Toguan Desa Simarmata Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara.

JAMBI, MH - Puji dan Syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Kasih dan AnugerahNya, “Sejarah singkat awal terbentuknya Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna dapat penulis buat, yang walaupun masih banyak kekurangan - kekurangan maupun belum dapat sempurna seperti yang diharapkan. Namun minimal dapat mengetahui secara singkat sejarah terbentuknya punguan tersebut.

Masyarakat asal Tano Batak yang tinggal di “Tano Parserahan” atau di Perantauan telah identik dengan kehidupan membuat suatu komunitas atau Punguan/Perkumpulan baik dari sisi Parsahutaon di lingkungan di mana mereka tinggal, Parmargaon, di dalam komunitas pekerjaan bahkan ada juga yang membuat berdasarkan kampung halaman kelahiran atau Bona Pasogit.

Hal ini di buat dengan tujuan agar mereka saling kenal, saling berbagi rasa, saling memiliki dan saling tolong menolong atau “Si sada ulaon baik ulaon las ni roha terlebih ulaon arsak ni roha” yang tak lain adalah untuk mewujudkan rasa kebersamaan tercipta di antara mereka.

Untuk mengakomodasi kebersamaan tersebut mereka mengadakan “Pesta Partangiangan Bona Taon” sekaligus mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas penyertaan Tuhan terhadap semua anggota punguan, selama setahun ada dalam keadaan sehat - sehat.

Disamping melaksanakan Pesta Partangiangan Bona Taon mereka juga mengadakan “Arisan” setiap bulan, hal ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan kekeluargaan di antara mereka.

Istilah Punguan atau Perkumpulan sangat melekat di dalam kehidupan masyarakat Batak atau Halak Hita. Namun adakah Persatuan dan Kesatuan selalu membayangi kehidupan mereka di dalam kegiatan sehari - hari?.

Untuk itu mari kita padukan antara Persatuan dan Kesatuan dengan “Marsiamin - aminan di Parrohaon menjadi satu keterikatan di dalam memupuk rasa kekeluargaan dan persaudaraan sehingga tercipta rasa kebersamaan.

Untuk mendapat informasi penulis didampingi Apa Amelia Simarmata/br Simatupang Ketua Panitia Pesta Bona Taon 2023 Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna, menghubungi beberapa Nara Sumber.

Terima kasih penulis ucapkan kepada yang terhormat Op Hotlan Simarmata/br. Sinurat (+), Op Christine Simarmata/br Sihaloho, Op Farel Simarmata/br. Situngkir, Op Yobel Simarmata/br. Situngkir.

Selanjutnya kepada Op Kayla Sibarani/br Simarmata, Op Sando Sinabutar/br. Simarmata dan Op Gavra Sinabutar/br. Simbolon yang memberikan masukan - masukan atau sebagai Nara Sumber, sehingga dapat terwujudnya  Sejarah Singkat Awal Terbentuknya Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi dohot Nahumaliangna”.

Penulis juga menghubungi OH Simarmata, SH/br Pasaribu (+) selaku penggagas pertama terbentuknya punguan ini lewat ponselnya, namun disarankan coba ditanya kepada Simarmata, Situmorang dan Sinabutar yang pada saat itu ikut membentuk punguan ini.

Dituturkannya bahwa OH Simarmata/br Pasaribu (+) atau yang lebih dikenal dengan Op Reiner sudah lupa karena faktor usia, tidak ingat lagi.

Dituturkan Nara Sumber bahwa penggagas pertama terbentuknya Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliang adalah OH Simarmata, SH/br Pasaribu (+) yang pada waktu itu bekerja sebagai Hakim di Pengadilan Tinggi Jambi didampingi antara lain:

Op Hasiholan Simarmata (+)/br Panggabean (+), Op Wenry Simarmata (+)/br Purba, Apa Kalumbak Simarmata (+)/br Sinaga (+), Op Baringin Simarmata (+)/br Sihaloho (+), Op Jono Simarmata (+)/br Manik dan Op Halomoan Simarmata (+)/br Sinurat.

Selanjutnya Apa Eko Purba/br Simarmata, Purba (+)/br Simarmata (parboras), Surbakti/br Simarmata, Op Ronal Situmorang (+)/br Simarmata (+), Op Kayla Sibarani/br Simarmata, Op Gavra Sinabutar/br Simbolon, Op Sando Sinabutar/br Simarmata dan Ap Henry Sinaga/br Simarmata.

Merekapun sepakat membentuk Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna yang bermukim di Kota Jambi dan sekitarnya.

Tujuan dibentuknya punguan ini adalah untuk menghimpun seluruh Pomparan Ni Ompu Simataraja Raja Simarmata yang ada di Kota Jambi dan sekitarnya di dalam satu wadah yang di sebut Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna.

Hal ini dibentuk  agar mereka saling mengenal, saling berbagi rasa, saling tolong menolong, saling memiliki dengan Motto “ Si sada ulaon las ni roha maupun ulaon arsak ni roha atau si sada lulu anak si sada lulu boru”.

Punguan ini di bentuk pada awal tahun 1982 dan langsung mengadakan Pesta Partangiangan Bona Taon di rumah OH Simarmata, SH/br Pasaribu (+) di kawasan Telanaipura Jambi.

Menurut penuturan Nara Sumber ketika Pesta Partangiangan Bona Taon pertama kalinya diadakan sangat direspon dan diapresiasi semua anggota punguan, yang walaupun dilaksanakan pada waktu itu di dalam rumah, namun tidak mengurangi kebersamaan anggota punguan  dan terjalin hubungan kekeluargaan di antara mereka.

Sebelum diadakan Perayaan Pesta Bona Taon dan ramah tamah terlebih dahulu mereka melaksanakan seremoni Ibadah, lagu - lagu pujian mereka nyanyikan bersama dengan penuh suka cita yang membuat suasana semakin hikmat.

Setelah selesai ibadah kebaktian merekapun makan bersama, pihak boru dengan somba marhula - hula menyampaikan “Tudu - tudu sipanganon” kepada pihak hula - hula dan sebaliknya pihak hula - hula dapat mengayomi pihak boru menyampaikan “Dekke simudur- udur”.

Dalam acara makan bersama ini pelaksanaan harmoni adat Batak Dalihan Na Tolu terlihat dengan jelas, pihak hula - hula mendapat jambar “Tudu - tudu sipanganon” dan sebaliknya pihak borupun mendapat jambar “Dekke simudur - udur”, mewakili dari Boru, Bere dan Ibebere.

Suasana Pesta Partangiangan Bona Taon yang dilaksanakan pertama kalinya terjalin rasa kekeluargaan dan persaudaraan. Terlihat makna kerinduan di antara sesama anggota punguan dapat bertemu.

Agar roda organisasi atau punguan yang mereka bentuk dapat berjalan dengan baik, maka disusunlah pengurus harian mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Komisaris.

Dikisahkan Op Christine Simarmata/br Sihaloho sebagai komisaris pertama agar dapat menghimpun anggota punguan, Op Christin Simarmata naik sepeda mengitari lingkup Kota Jambi dan sekitarnya.

Pada saat Pesta Partangiangan Bona Taon, dilantik Susunan Kepengurusan Harian bahkan sekaligus disepakati Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga Punguan, sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan sehari - hari yang ada di setiap anggota punguan.

Di dalam AD/ART yang telah disepakati tertulis TONA - HANGOLUAN  dan PODA TU HAMU ANAKKU dari Ompu Simataraja Raja Simarmata, Tona Hangoluan : “Sada ma hamu tu dolok tu toruan di desa na ualu, denggan ma hamu marsiurupan, marsiiringan, marsiolo - oloan, Balintang ma pagabe natinabo - taboan, arimu ma gabe ala olo hamu marsiolo - oloan, marsitungkol - tungkolan.”

Poda Tu Hamu Anakku : “Hamu anakku na tolu marsianju - anjuan ma hamu, jala rap ma hamu sapanganan sian TATUAN na hu tinggalhon i, dibagasan sada ni roha.”

Adapun susunan kepengurusan harian Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata se Kota Jambi dohot Nahumaliangna mulai Tahun 1982 s/d 2024 adalah sebaga berikut :

1.      Periode Tahun 1982 - 1989

Ketua                   : Op Hasiholon Simarmata (+)/Br Panggabean (+)

Sekretaris             : Op Kayla Sibarani/Br Simarmata

Bendahara            : Op Gavra Sinabutar/Br Simbolon

2.      Periode Tahun 1989 - 1991

Ketua                   : Op Mery Simarmata (+)/Br Situngkir (+)

Sekretaris             : Op Kayla Sibarani/Br Simarmata

Bendahara            : Op Gavra Sinabutar/Br Simbolon

3.      Periode Tahun 1991 - 1996

Ketua                   : Op Wenry Simarmata (+)/Br Purba

Sekretaris             : Op Kayla Sibarani/Br Simarmata

Bendahara            : Op Gavra Sinabutar/Br Simbolon

4.      Periode Tahun 1996 -1999

Ketua                   : Op Mikhael Simarmata/Br Sihombing

Sekretaris             : Op Kayla Sibarani/Br Simarmata

Bendahara            : Op Sando Sinabutar/Br Simarmata

5.      Periode Tahun 1999 - 2001

Ketua                   : Op Farel Simarmata/Br Situngkir

Sekretaris             : Apa Nova Situmorang/Br Simarmata (+)

Bendahara            : Op Mikha Lumbangaol/Br Simarmata

6.      Periode Tahun 2001 - 2005

Ketua                   : Op Yobel Simarmata/Br Situngkir

Sekretaris             : Apa Helen Simarmata/Br Sinaga

Bendahara            : Apa Ruli Purba (+)/Br Sidauruk

7.      Periode Tahun 2005 - 2008

Ketua                   : Op Christine Simarmata/Br Sihaloho

Sekretaris             : Op Kayla Sibarani/Br Simarmata

Bendahara            : Apa Sudung Sitohang (+)/Br Simarmata

8.      Periode Tahun  2008 - 2012

Ketua                   : Op Hotland Simarmata/Br Sinurat (+)

Sekretaris             : Apa Jordan Simarmata/Br Situngkir

Bendahara            : Op Joel Siboro/Br Simarmata

9.      Periode Tahun 2012 - 2018

Ketua                   : Apa Gani Simarmata/Br Marbun

Sekretaris             : Apa Diny Sinabutar/Br Simarmata

Bendahara            : Op Zheslin Sinabariba/Br Simarmata

10.  Periode Tahun 2018 - 2024

Ketua                   : Op Deon Simarmata/Br Pasaribu

Sekretaris             : Apa Manogu Limbong/Br Simarmata

Bendahara            : Apa Diny Sinabutar/Br Simarmata. 


Jumlah anggota Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna pada tanggal 17 Januari 2023 sebanyak 575 KK (info dari Sekretaris Punguan). 


Munculnya virus Pandemi Covid- 19 membuat dunia menjadi resah termasuk Indonesia. Dampak penularan Virus tersebut bukan hanya menyisahkan persoalan kesehatan, namun juga berdampak terhadap ekonomi masyarakat. 


Dalam peristiwa ini Punguan hadir dan peduli untuk meringankan anggota yang terdampak Pandemi Covid- 19. Penasehat Punguan bersama Badan Pengurus Harian (BPH) melakukan penyaluran bantuan sosial  sebanyak 120 paket sembako, berupa beras 10 kg dan minyak goreng 2 kg untuk satu Kepala Keluarga, pada tanggal 28 April 2020 kepada 120 KK.


Menjelang Pesta Bona Taon 2023 Punguan ini yang dimotori Apa Amelia Simarmata/br Simatupang selaku Ketua Panitia, mengadakan kunjungan kasih terhadap anggota yang mengalami sakit.


Adapun jumlah anggota yang dikunjungi Panitia Pesta Bona Taon 2023 terhadap orang yang sakit sebanyak 18 orang.


Kunjungan kasih ini dilaksanakan menjelang Perayaan Natal 25 Desember 2022 dan sekaligus Panitia menyampaikan salam Natal kepada anggota yang sakit dan keluarga.


Hal ini sangat diapresiasi anggota, karena disaat mereka mengalami sakit punguan hadir di tengah - tengah penderitaan yang mereka alami, untuk memberikan semangat dan berdoa.


Pesta Bona Taon 2023 Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna dilaksanakan Minggu, 22 Januari 2023 di Gedung Asi Ni Roha Kota Baru Jambi.


Diharapkan agar semua anggota punguan saling peduli dan mengabaikan kepentingan pribadi, sehingga punguan ini tetap solid, seperti "Tona Hangoluan dan Poda Tu Hamu Anakku" yang disampaikan Ompu Simataraja Raja Simarmata, mari melaksanakan dengan sepenuh hati.


Teriring doa dan salam penulis F Sinabutar/Br Simarmata (Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online, Redaktur Jambi24jam.com dan Redaktur Sumatera24jam.com). 


Didampingi Apa Amelia Simarmata/Br Simatupang Ketua Panitia Pesta Partangiangan Bona Taon 2023 Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata, Boru, Bere, Ibebere se kota Jambi dohot Nahumaliangna.



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar