Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Brigjen TNI Agus Firman Yusmono Pimpin Pemakaman Serka Anumerta Roybertus Simbolon Di Samosir

Brigjen TNI Agus Firman Yusmono memimpin secara militer pemakaman Serka Anumerta Roybertus Simbolon.

JAMBI, MH  - Brigjen TNI Agus Firman Yusmono memimpin langsung Pemakaman Serka Anumerta Roybertus Simbolon secara militer di Dusun III Sitao - tao, Desa Tanjung Bunga, Pangururan, Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara Kamis, 13/4/2023.

Acara pemakaman dihadiri oleh Brigjen TNI Agung Pambudi, Kolonel Inf Dody Triwinarto, SIP, M. Han, Danrem 023/KS, Kol Inf. Febi Triandoko, M. Si. Han Dan Brigif PR 17, Letkol Inf. Hari Sandra, Dandim 0210/TU, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, Pj. Sekda Kab. Samosir Waston Simbolon.

Inspektur Divisi Infanteri 1/ Kostrad Brigjen TNI Agus Firman Yusmono menegaskan kepada masyarakat Indonesia agar tetap menjaga keutuhan. Ia berpesan agar seluruh masyarakat Indonesia jangan menyerah terhadap kehadiran KKB di Papua. Apapun yang kita hadapi jangan menyerah kita lawan terus, ujar Brigjen TNI Agus Firman Yusmono. 

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Anatr Kota Antar provinsi (AKAP).

Peristiwa baku tembak yang terjadi di Papua hingga menewaskan Serka Anumerta Roybertus Simbolon dan dalam kontak itu ada diperkirakan sekitar 10 hingga 20 orang.

Brigjen TNI Agus Firman Yusmono mengatakan bahwa sebelumnya, jenazah almarhum Serka Anumerta Roybertus telah terlebih dahulu disemayamkan di kesatuan.

Bahwa istri almarhum tidak dapat ikut mengantar jenazah ke pemakaman dikarenakan saat ini sedang hamil. “Lalu dikirim ke sini dan diberikan kesempatan satu hari juga. Keluarga melakukan kegiatan agama dan hari ini kita lakukan proses pemakaman.

”Menurutnya, perjalanan hidup Serka Anumerta Roybertus Simbolon merupakan inspirasi bagi masyarakat Indonesia. Kami berpesan kepada masyarakat bahwa ini adalah satu contoh atau panutan, kita tetap menjaga keutuhan negara,” pungkasnya.

Frayben Nadeak mantan guru almarhum mengatakan bahwa dalam tradisi yang sudah berlangsung secara turun - temurun di kawasan Sitaotao, anak pertama dimakamkan di kampung halaman dekat rumah orang tua.

Meskipun almarhum posisi anak kedua dari tiga bersaudara, namun dalam tradisi dikampung halamannya, almarhum adalah anak yang berhak atas kepemilikan rumah orang tuanya dan calon anak almarhum merupakan cucu yang membawa nama kakek dan neneknya, sebut Frayben.

Atas dasar itulah keluarga meminta kepada satuan agar almarhum Serka Anumerta Roybertus Simbolon tidak dimakamkan di makam pahlawan, pungkas Nadeak. (Berbagai Sumber, MH – Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar