Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Pesta Bona Taon Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere Se Kota Jambi Nahumaliangna Sukses

Kiri : Op Gavra Sinabutar/Br Simbolon Ketua Tahun 2004 - 2008, Op Sando Sinabutar/Br Simarmata Penasehat, Apa Jhon Sinabutar/Br Malau Ketua Tahun 2008 - 2012, Apa Diny Sinabutar/Br Simarmata Ketua Tahun 2012 - 2018 dan Apa Gabriel Sinabutar/Br Simarmata Ketua Tahun 2018 - 2022.

MH, Jambi - "Hanya karena Kasih Karunia dan Pertolongan Yesus Kristus, yang melekat di dalam hidup dan kehidupan kita, akhirnya kita dapat melangkah dari tahun 2022 ke awal tahun 2023 ini, dalam keadaan sehat yang walaupun banyak pergumulan hidup yang dilalui.

Hal inilah yang tersirat dalam makna Pesta Partangiangan Bona Taon 2023 Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna dan sekaligus  mereka mengucap syukur atas segala penyertaanNya.  

Acara Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna dilaksanakan di Gedung Asini Roha II Jl Lapangan Tembak Kota Baru Jambi Minggu, 9 April 2023.  

Perayaan Pesta Partangiangan ini dihadiri sekitar 100 orang  (termasuk anak - anak) sekaligus merupakan ajang silaturahmi di antara sesama Anggota Punguan, mereka datang  dari penjuru Kota Jambi dengan penuh suka cita.

Perayaan Partangiangan Bona Taon 2023 ini mengambil Tema: "Serahkanlah perbuatanmu kepada Tuhan, maka terlaksanalah segala rencanamu" (Amsal 16 ; 3) dan Sub Tema : "Kiranya Tuhan Yesus Kristus mengiringi setiap langkah keluarga besar Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi  sekitarnya".

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Provinsi Antar (AKAP).

Pesta Partangiangan Bona Taon ini dirangkaikan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa  atas segala pertolongan dan penyertaan-Nya, Anggota Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna dari Tahun 2022 dapat melangkah ke awal Tahun 2023 ini, dalam suasana sehat - sehat. 

Hal inipun mereka amini dengan kehadiran mereka ke acara ini dengan penuh suka cita. Ketika bertemu  antara satu dengan yang lain  saling menyapa, berjabat tangan, ngobrol bersama bahkan sebahagian di antara mereka berpelukan sembari  cium pipi kanan dan cium pipi kiri untuk melepas  rasa kerinduan. 

Pertemuan diantara mereka hangat, penuh dengan suasana kekeluargaan, keakraban yang mewujudkan rasa kebersamaan terpatri di antara mereka. Kiranya kebersamaan yang mereka pertontonkan tetap berjalan dengan baik, akan tetapi janganlah cepat berlalu.

Acarapun dilanjutkan dengan seremoni Ibadah yang dipimpin Pdt Pasaribu dengan  mengambil Naats dari Alkitab Amsal 16 : 3 sesuai dengan Tema Perayaan Pesta Bona Taon, Liturgis diperankan oleh Pnt L Pasaribu, Organis Diny Cecilia br Sinabutar.

Sementara Song Leader Ny F Sinabutar boru Simarmata, Ny Simangunsong boru Sinabutar, doa syafaat disampaikan Apa Nanda Sinabutar/br Rajagukguk, protokol atau pemandu acara oleh Apa Jhon Sinabutar/br Malau dan Apa Gabriel Sinabutar/br Simarmata.

Pendeta dalam kotbahnya singkat dan padat, mengharapkan agar semua anggota punguan selalu mengandalkan doa di dalam setiap pergumulan hidup, tanpa kekuasaan Tuhan Yesus Kristus apapun hidup kita tidak berguna.

Kiranya sepanjang tahun 2023 ini semua Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere yang ada di Kota Jambi ini dan sekitarnya di setiap aktivitas Tuhan memberkati,,,,,, Amin, ungkapnya.
  
Selama kebaktian berlangsung lagu - lagu pujian berkumandang, ketika lagu "Debata Baen Donganmi" mereka nyanyikan dengan penuh hikmat karena syair demi syair lagu ini, mengajak kita untuk mengerjakan sesuatu harus tetap mengandalkan kekuasaan Tuhan.

Setelah selesai acara Ibadah dilanjutkan dengan makan bersama doa dipimpin oleh Apa Jhon Sinabutar/br Malau, acara makan bersama ini terlihat pihak boru, bere dan ibebere dengan telatennya melayani pihak hula - hula, semua hadirin dapat menikmati makanan dan minuman yang telah disediakan.

Setelah selesai makan ditutup dengan doa oleh Apa Gabriel Sinabutar/br Simarmata. Dilanjutkan dengan penarikan undian berhadiah hiburan, Apa Jhon Sinabutar/Br Malau dan Apa Gabriel Sinabutar/br Simarmata bertindak sebagai pemandu penarikan nomor undian.


Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari penasehat dan sekaligus manortor. Ketika diawali dengan tortor suasana semakin meriah dan semarak, mereka menyatu dalam kebahagiaan dan kegembiraan.

Alunan Sabas Musik pimpinan Sihaloho bersama penyanyi boru Manik menyanyikan lagu - lagu hits Batak dengan manis yang diselingi dengan lagu - lagu pujian membuat suasana semakin akrab.

Sambil manortor dan berjoget ria mereka sama - sama berbaur mengikuti alunan Sabas Musik yang apik dapat memukau para hadirin, berjam - jam lamanya mereka manortor bersama  tidak merasa lelah, tak lupa mereka merogoh kantungnya untuk memberikan saweran, hal ini dilakukan untuk menambah kas punguan.

Setelah selesai penasehat dan paniaran manortor dilanjutkan penarikan undian  hadiah hiburan yang dipandu Apa Jhon Sinabutar/Br Malau dan Apa Gabriel Sinabutar/Br Simarmata. 

Suasana penarikan undian ini semakin seru tatkala pemandu acara dapat merangkai kata demi kata dengan indah dan lucu membuat mereka ketawa terpingkal-pingkal. Sementara penanggung jawab hadiah hiburan dan doorprize Apa Sinta Turnip/Br Sinabutar, semuanya hadiah dikemas dalam bentuk sembako.

Kel Apa Diny Sinabutar/Br Simarmata meminta waktu sebentar kepada pemandu acara, karena Kel H H Sinabutar/Br Simanjuntak dari luar kota Tembesi Kabupaten Batanghari tidak dapat hadir pada Pesta Bona Taon ini karena sesuatu hal, keluarga tersebut menyumbang dana pengganti tortor, hadirinpun mengucapkan banyak terima kasih, kiranya keluarga tersebut semakin diberkati Tuhan.

Pengurus  Harian  periode tahun 2022 s/d tahun 2026  yang diketuai Apa Nanda Sinabutar/Br Rajagukguk, Wakil Ketua Apa Sando Sinabutar/Br Simarmata, Sekretaris  Apa Via Sianturi/Br Sinabutar dan Bendahara Apa Yuli Simbolon/Br Pasaribu. 

Ketua Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi dohot Nahumaliangna  Apa Nanda Sinabutar/Br Rajagukguk dalam kata sambutannya menyapa hadirin  dengan ucapan Syalom dan Horas. 

Suami boru Rajagukguk ini mengucapkan  rasa terima kasihnya atas kehadiran Anggota Punguan dalam acara Perayaan ini. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala penyertaanNya kita dapat berkumpul bersama untuk melaksanakan Ibadah dan Perayaan maupun hiburan  di gedung ini, ungkapnya dengan nada senang bercampur bahagia.

Pria kelahiran Sidikalang ini berharap semoga ajang silaturahmi, kekeluargaan, keakrapan dan kebersamaan ini akan tetap terjalin di antara kita. 

Lebih lanjut dikatakan ucapan terima kasihnya kepada pihak Boru, Bere, Ibebere yang dengan telaten dapat "Makkobasi" semua kebutuhan Pesta ini, terlebih kepada keluarga Namboru Ny Turnip boru Sinabutar yang telah memberikan tempat untuk marhobas, kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan  berkat yang berkelimpahan bagi kita semua di sepanjang tahun 2023 ini, pungkasnya.

Punguan yang beranggotakan 43 KK ini, diharapkan agar semakin mempererat hubungan tali silaturahmi. Walaupun Punguan kita ini hanya beranggotakan 43 KK, namun kalau kita saling peduli (Holong Marsihaholongan), maka Punguan kita ini akan semakin baik  dan biarlah Punguan kita ini  menjadi contoh terhadap Punguan yang lain, ujarnya penuh optimis. 

Marilah kita sama - sama membesarkan Punguan kita ini  dengan bermottokan, "Marsitungkol - tungkolan ma hita di ulaon, marsiamin - aminan ma nang diparrohaon", ungkapnya dengan nada penuh semangat. 

Ayah dua anak ini menyatakan bahwa dikepengurusan kami akan memberikan kenangan kepada Damang/Dainang yang selama ini bersusahpayah mengurus punguan ini mulai dari periode pertama terbentuknya punguan ini 22 Februari 2004 hingga pada tahun 2022. 

Selanjutnya dikatakan adapun kenangan tersebut berbentuk gambar Tugu Raja Silahisabungan yang ada di Silalahi Nabolak Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara dan di dalam Tugu tersebut tertulis nama dan periode kepengurusan. 

"Kiranya kebersamaan yang terjalin, senantiasa menjadi acuan terhadap keberlangsungan dan keharmonisan punguan kita ini", serunya.

Diakhir kata sambutannya 
suami boru Rajagukguk ini mengutip umpasa, "Dang tutu lambak ni pinang, molo dang marsiangin - anginan, dang tutu anak ni Raja Silahisabungan molo dang marsiamin - aminan”, ujarnya di sambut para hadirin dengan serentak Emma tutu. 

Selanjutnya manortor mewakili Hula-hula bersama paniaran, hela dan boru, bere/ibebere . Paling seru dalam acara tortor ini ketika Bere dan Ibebere manortor semua para hadirin berjoget ria, mangembas bersama dan perkenalan anggota baru.

Acara terakhir ramah tamah,  dan  ditutup dengan doa oleh Ny R Sinabutar/Br Rajagukguk, penarikan undian hadiah Utama. Merekapun salam - salaman dan menyanyikan lagu Oh,,, Tano Batak, dan pulang ke rumah masing - masing dengan penuh sukacita.Tuhan memberkati,…..Amin!!!. (MH- Fendi Sinabutar).


























































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar