Berita Terkini

10/recent/ticker-posts

Lagu Persaudaraan Yang Rukun Meriahkan Pesta Syukuran Pomparan Raja Silahisabungan Se Kota Jambi

Poto Bersama Badan Pengurus Harian (BPH) Kiri: Kel H Tambunan/Br Simorangkir Ketua Umum, Kel F Sinabutar/Br Simarmata Ketua I, Kel N Tambunan/Br Simanjuntak Ketua II, Kel St B Sidebang/Br Girsang Ketua III, Kel T Pintubatu/Br Nainggolan Sekretaris,  Kel A Tambun/Br Manurung Wakil Sekretaris dan Kel ER Simanungkalit/Br Tambunan Bendahara di Gedung Asini Roha I Kota Baru Jambi,  Minggu 14/5/2023.

JAMBI, MH -  Pesta Syukuran ini dilaksanakan sebagai wujud ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan berkatNya kepada keturunan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna (Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja).

Pesta syukuran yang dikemas dalam kekeluargaan dilaksanakan di Gedung Asini Roha I Kota Baru Jambi Minggu, 14 Mei 2023 dan juga sebagai simbol persatuan dan kesatuan untuk melestarikan adat istiadat Batak serta momentum untuk menjalin tali silaturahmi dan kepedulian terhadap sesama anggota punguan.

Poto Bersama BPH dan Panitia Pesta Syukuran tahun 2023.

Terlihat di depan gedung Ketua/Pengurus Turpuk Marga/Sub Marga sibuk dengan penanya untuk mendata setiap anggota yang hadir dan sebahagian di antara mereka membayar iuran tahunan, termasuk menerima anggota baru punguan.

Sekretaris Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna T Pintubatu, S.Pd/Br Nainggolan menyediakan tempat khusus secara teratur di depan gedung sebanyak 8 (delapan) meja dan kursi dengan urutan masing - masing setiap Turpuk Marga.

Anggota punguan yang satu dengan anggota punguan yang lain, ketika bertemu mereka saling sapa, jabat tangan, ngobrol bersama terkadang mereka pelukcium pertanda kerinduan di antara mereka terobati, karena acara ini secara rutin dilaksanakan setiap tahun (15 Mei 2022 - 14 Mei 2023), kiranya kemesraan yang mereka pertontonkan janganlah cepat berlalu akan tetapi abadi sepanjang masa.

Pesta Syukuran mengambil Tema : "Dan akhirnya kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara - saudara, penyayang dan rendah hati (1 Petrus 3 ayat 8)". Sub Tema: "Dengan Pesta Syukuran tahun 2023 hendaklah seluruh Pomparan Raja Silahisabungan Anak Dohot Boru se Kota Jambi Nahumaliangna semakin meningkatkan kualitas hidup dan kepedulian sosial terutama kepada sesama anggota punguan".

H Tambunan/Br Simorangkir Ketua Umum menyerahkan hadiah doorprize I  Logam Mulia 5 gram kepada Kel. H Naiborhu/Br Hutapea.

Mengawali acara dilaksanakan seremoni Ibadah yang mengambil perikop khotbah "Roma 12: 9 - 21". Khotbah dipimpin langsung Pdt Pestanatalia br Silaen, S.Th, MA yang sehari - hari melayani di gereja HKBP Jambi Resort Jambi Distrik XXV Jambi, Liturgis disampaikan St B Sidebang, SP/Br Girsang yang melayani sehari - hari gereja HKBP Anugerah Jambi dan doa syafaat St R Rumasingap/Br Sitanggang melayani di gereja HKBP Banjar Toba Jambi.

Dalam ibadah dengan musik yang bertemakan etnik berkolaborasi, Organ dan Saxophone sangat hikmat. Pianis Irene Ernita Tri Arga br Simanungkalit, Organis Diny Cecilia br Sinabutar, Saxophone Nico Pasaribu, Tagading Jeremy Simatupang dan Seruling David Simarsoit, song leader Kartika br Simamora, Hanna br Tambunan, Juandi Silalahi dan Donny Silalahi. 

F Sinabutar/Br Simarmata Ketua I menyerahkan hadiah doorprize 2 Logam Mulia 3 gram kepada Kel G Sidebang/Br Gurning.

Selama ibadah berlangsung lagu - lagu pujian mereka nyanyikan dengan penuh hikmat. Terlebih ketika Paduan Suara Pomparan Raja Silahisabungan "Persaudaraan Yang Rukun" berkumandang membuat suasana semakin meriah, karena lagu ini dapat mereka nyanyikan dengan manis dan apik, Paduan Suara ini dilatih oleh H Tambunan, S. Pd/Br Simorangkir.

Setelah ibadah selesai dilanjutkan dengan pencabutan nomor undian berhadiah hiburan, seterusnya acara makan dan minum bersama, panitia konsumsi dibantu dengan boru mereka membagikan nasi kotak dengan penuh telaten pihak boru dapat makkobasi segala kebutuhan di pesta ini, terlihat ribuan anggota punguan yang hadir memenuhi se isi ruangan gedung semua mendapat makanan dan minuman.

N Tambunan/Br Simanjuntak menyerahkan hadiah doorprize 3 Logam Mulia 2 gram kepada Kel P Situngkir/Br Simarmata.

Dilanjutkan dengan barisan prosesi yang dipimpin langsung oleh St B Sidebang, SP/Br Girsang di bantu dengan H Tambunan/Br Sinaga, Naposobulung Pomparan Raja Silahisabungan manomu - nomu barisan prosesi sembari manortor diringi dengan musik etnik.

Paling seru dan meriah dalam barisan prosesi ini Turpuk Marga mewakili membawa Banner dengan bertuliskan Pomparan Raja Silahisabungan mulai dari Loho Raja, Tungkir Raja, Sondi Raja, Butar Raja, Dabariba Raja, Debang Raja, Batu Raja dan Tambun Raja, berjalan beriringan  sampai menuju depan ruangan gedung, suasana semakin hikmat dan larut dalam kebahagiaan.

Pembawa Banner tersebut berdiri dengan rapi menghadap anggota punguan menurut urutan keturunan Pomparan Raja Silahisabungan dan dilanjutkan dengan "Mambuat Tua Ni Gondang". 

Dalam acara Mambuat Tua Ni Gondang ini, banyak petuah - petuah maupun nasehat - nasehat yang diserukan dalam pantun atau umpasa yang lebih terasa berkesan religius dalam arti lebih menekankan hal - hal yang bersifat anugerah dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa, terhadap anggota punguan.

Mambuat Tua Ni Gondang dari par musik di sampaikan oleh T Sihaloho, S.Pd/Br Sijabat dan di pandu oleh PM Sinurat/Br Naibaho yang juga sebagai Penasehat Punguan dan Raja Parhata/Parsinabung di ulaon Punguan Pomparan Raja Silahisabungan di Kota Jambi.

Selanjutnya meminta gondang mangaliat, merekapun manortor mengelilingi bersama dengan penuh rasa suka cita. Pertanda bahwa semua anggota punguan diberkati Tuhan dapat melangkah dari tahun 2022 ke tahun 2023 dalam suasana sehat - sehat yang walaupun banyak pergumulan hidup yang dihadapi.

Pembawa acara atau protokol St B Sidebang/Br Girsang, S Sinabutar/Br Malau dan H Tambunan/Br Sinaga. Mereka secara bergantian membacakan tertip dan mengatur jalannya acara selama perayaan dan hiburan berlangsung.

Tortor Badan Pengurus Harian (BPH) Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak Dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna dan Ketua Panitia Abraham Tambun/Br Manurung, Sekretaris W Sidabariba/Br Linggadan Bendahara C Siahaan, SH/Br Sidebang. 

Kata sambutan dari Ketua Panitia Abraham Tambun, SE, MM/Br Manurung, menyapa hadirin dengan syalom,,,,, dan horas. Selamat datang dan selamat bertemu kembali pada acara Pesta syukuran ini. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan atas  kasih karuniaNya dapat kita berkumpul bersama di tahun 2023 ini dengan penuh suka cita, sekalipun selama tahun 2022 banyak kisah hidup yang dilalui.

Bram pangggilan akrabnya menyatakan harapan kita di sepanjang tahun 2023 ini agar Tuhan Yang Maha Esa senangtiasa menyertai di segala kehidupan kita. Dan tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Penasehat, BPH dan semua anggota punguan yang turut berpartisipasi mensukseskan acara ini, ungkap Abraham yang berkarier sebagai Apatur Sipil Negara (ASN) di kantor Gubernur Provinsi Jambi itu.

Dituturkan ketua bahwa atas kerjasama yang baik semua kupon yang dicetak sebanyak 15.000 lembar dengan harga Rp 5.000,- per lembar terjual semua dan hasil penjualan kupon tersebut diperuntukan untuk membeli doorprize maupun hadiah hiburan dan sisanya diserahkan kepada BPH untuk menambah kas punguan.

Kami juga meminta maaf jika ada kekurangan dalam pelaksanaan Pesta Syukuran ini, yang pasti segenap pihak panitia telah melaksanakan secara maksimal dengan sepenuh hati untuk meriahnya acara ini, ujar suami boru Manurung ini.

Acarapun dilanjutnya dengan tortor, terlihat kebersamaan di antara mereka, semua berjoget bersama mengikuti alunan "Musik Sabas" dengan penyanyi Trionya menyanyikan tembang - tembang hits Batak, lagu - lagu lawas Karo dan Simalungun.

Merekapun larut dalam kebahagiaan dan kegembiraan sembari marjoget, berjam - jam lamanya mereka manortor tidak merasa lelah sambil merogoh kantongnya untuk memberikan saweran, hal ini dilakukan untuk menambah kas punguan, seketika itu terkumpul uang jutaan ribu rupiah.

Acarapun semakin meriah dan semarak ketika di mulai pemutaran doorprize lewat infocus, semua hadirin terpusat melihat ke layar monitor, apakah nomor kupon yang dibelinya keluar sebagai keberuntungan, sementara operator infocus Gerald Tambunan, Tupa Tambunan dan Einar Sinabutar. 

Adapun hadiah doorprize yang disediakan panitia adalah Setrika, Karpet Size 3x4, Blender Choper, Kipas Bersalju 1 pintu, Kasur Bigland, Mesin Cuci, kulkas 1 pintu, Logam Mulia 2 gram, Logam Mulia 3 gram dan Logam Mulia 5 gram. Pemutaran doorprize ini diselang - selingi dengan tortor.

Ditengah - tengah acara berlangsung 3 orang Calon Legislatip (caleg) yang bertarung untuk  memperebutkan kursi Anggota DPRD Kota Jambi 2 orang pada Pemilu tahun 2024 yaitu Pandapotan Tambunan dari Partai Golkar Dapil Jambi Timur, Pasar dan Jelutung dan Boru Simarmata (istri Tony Sihaloho) dari Partai Golkar Dapil Kota Jambi.

Sementara Jhon Very Sihaloho dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga Ketua DPD PSI Kota Jambi untuk DPRD Provinsi Jambi, mereka sosialisasi dan memperkenalkan diri, sekaligus minta doa dan dukungan dari Pomparan Raja Silahisabungan, yang bermukim di daerah Kota Jambi.

Selanjutnya tortor Penasehat Punguan, Ketua/Pengurus Turpuk Marga/Sub Marga, tortor mewakili hula - hula, tortor mewakili Inanta Soripada, tortor mewakili hela, tortor mewakili boru dan tortor Naposobulung. 

Jumlah anggota Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna sebanyak 702 KK ditambah dengan anggota baru yang mendaftar tahun 2023 sebanyak 61 KK = 763 KK.

Segenap Panitia Pesta Syukuran tahun 2023 sangat diapresiasi terhadap kinerja yang penuh dedikasi dan integritas mempersiapkan Pesta Syukuran ini yang tidak mengenal lelah, dibawah kepemimpinan Abraham Tambun, SE, MM/Br Manurung.

PT Eldivo Tunas Arta (ETA) Rute Jambi - Pematang Siantar dan Pematang Siantar - Jambi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kiranya Pesta Syukuran tahun 2023 ini dapat menumbuhkan kebersamaan kita baik ulaon las ni roha maupun ulaon dok ni roha. Pesta Syukuran tahun 2023 ini sukses besar, semua anggota yang hadir tampak antusias dan bersukacita hingga acara terakhir.

Untuk pemutaran doorprize Logam Mulia 2 gram di pandu N Tambunan/Br Simanjuntak Ketua II, Logam Mulia 3 gram di pandu F Sinabutar/Br Simarmata Ketrua I dan Logam Mulia 5 gram H Tambunan/Br Simorangkir Ketua Umum diputar setelah doa penutup, hal ini dilakukan supaya mereka semua tetap berada di tempat dan tidak ada yang pulang.

Lagu O,,,, Tano Batak berkumandang mereka nyanyikan bersama, pertanda acara selesai mereka saling salam - salaman dan pulang ke rumah masing - masing dengan penuh suka cita. 

Pemimpin  Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Holong Online, "Mengucapkan Selamat & Sukses Pesta Syukuran Doa Bersama Punguan Pomparan Raja Silahisabungan Anak dohot Boruna se Kota Jambi Nahumaliangna.  Tuhan Yesus Kristus memberikan berkati yang berkelimpahan bagi kita semua,,,, Amin. (MH - Fendi Sinabutar).






















































Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar